Jl Rajawali G. Elang 6

Sleman, Yogyakarta

+62 812-8630-4188

Customer Support

Daftar Isi

6 Ciri Fasilitas Perpustakaan Yang Baik

ciri perpustakaan yang baik

Ciri fasilitas perpustakaan yang baik tentu saja yang memiliki kelengkapan. Kehadiran fasilitas perpustakaan berperan untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pekerja dan pengunjung perpustakaan. Tanpa adannya fasilitas, tentu saja banyak ditemui kendala kecil yang menghambat kinerja agar lebih produktif.

Tersedianya fasilitas perpustakaan yang baik pula mampu menentukan jumlah pengunjung yang datang. Seperti yang diketahui bahwa banyaknya koleksi yang tersimpan di dalam perpustakaan, jika tidak difasilitasi dengan baik, pengunjung tidak bisa menemukan koleksi yang ada dengan cepat bukan.

Itu sebabnya perpustakaan yang baik pun juga harus mengikuti perkembangan zaman dan trend. Misalnya menyediakan komputer yang telah terintegrasi dengan big data di perpustakaan tentang kolek-koleksi buku.

6 Ciri Fasilitas Perpustakaan Yang Baik

Fasilitas perpustakaan yang baik pun tidak hanya berbentuk komputer saja. Tentu saja masih ada banyak lagi. Seperti ulasan berikut ini.

1. Koleksi Bahan Pustaka Secara Fisik

Fasilitas perpustakaan yang baik pastinya memiliki koleksi bahan pustaka secara fisik. Maksud dari koleksi bahan pustaka secara fisik dapat dikelompokan menjadi banyak kategori. Kategorisasi buku bisa di dasarkan pada jenis buku, berdasarkan jenis bahan buku atau bisa juga berdasarkan kategorisasi buku itu sendiri.

Akan berbeda lagi jika mengacu pada pendapat Sutarno. Bahan pustaka secara fisik terdiri dari koleksi pokok, koleksi penunjang dan koleksi pelengkap. Dalam bahasa umumnya, ketiga koleksi tersebut lebih familiar dikategorisasikan berdasarkan kelompok bahan pustaka umum, kelompok bahan pustaka rujukan (referensi), kelompok bahan pustaka berkala yang berupa majalah atau surat kabar dan kelompok bahan pustaka audio visual.

Tidak hanya itu saja loh, ada juga kelompok bahan pustaka khusus yang berbentuk lukisan dan foto dan kelompok bahan pustaka terekam seperti berupa film, kaset. Jadi bentuk koleksi di perpustakaan tidak hanya berbentuk buku saja.

2. Adanya Sumber Daya Manusia

Fasilitas perpustakaan yang baik yang sering tidak dianggap sebagai fasilitas yaitu sumber daya manusia. Kehadiran sumber daya manusia memiliki peranan besar dalam membangun kelancaran perpustakaan. Oleh sebab itu, memilih sumber daya manusia terbaik adalah kunci.

Sebaliknya, jika sumber daya manusia tidak baik, hasilnya pun juga berantakan. Pihak dari perpustakaan sendiri pun juga perlu memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia perpustakaan. Tujuannya jelas, agar membentuk karakter dan etos kerja yang baik. Ketika sikap dan etos kerja baik, maka sumber daya manusia dalam menyediakan sarana-prasarana dan pelayanan perpustakaan pun juga akan baik.

Tentu saja dari pihak pengelola perpustakaan juga memberikan apresiasi kepada mereka yang bekerja berprestasi. Misalnya memberikan posisi, atau memberikan kenaikan gaji atau bisa juga memberikan apresiasi dalam bentuk lagi. Fungsinya menjaga stabilitas semangat dalam bekerja.

3. Memiliki Gedung dan Ruangan Layak

Fasilitas perpustakaan yang baik tentu saja harus memiliki gedung dan ruang yang layak. Coba bayangkan jika tidak memiliki gedung dan ruangan? Jadinya bukan perpustakaan yang baik. Tidak dapat dipungkiri jika keberadaan gedung dan ruang yang layak menjadi acuan bagi para pengunjung perpustakaan.

Tidak percaya? kita bisa menanyai pengunjung alasan mereka datang ke perpustakaan. Pasti jawabannya karena tempat gedung dan ruangan yang nyaman. Apalagi jika di dukung oleh failitas pendukung lainnya di sana. Misalnya ruangan yang easy going, ruangan berAC dan tempatnya representative. Di jamin, akan semakin banyak yang datang.

Salah satu contoh konkrit adalah perpustakaan Ghratama di Yogyakarta. Lokasinya strategis dekat jalan, dari sisi gedung kece abis. Kemudian dari segi ruangannya pun di desain senyaman mungkin. Dilengkapi dengan tempat duduk lesehan dan tempat duduk berdiri yang semakin memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Jadi wajar jika perpustakaan terbesar di Asia ini pun banyak di kunjungi, dibandingkan perpustakaan lainnya di Yogyakarta.

4. Fasilitas Anggaran

Fasilitas perpustakaan yang baik tidak hanya berfokus pada calon pengunjung saja. Tetapi juga berfokus pada karyawan atau tim perpustakaan itu sendiri. Misalnya pihak perpustakaan harus membeli perlengkapan dan peralatan yang mendukung kemajuan perpustakaan.

Jadi, pihak pengelola perpustakaan itu sendiri harus siap dengan anggaran sumber belanja yang sifatnya di luar dugaan ataupun menyiapkan anggaran yang sifatnya wajib. Misalnya membeli pemutar koleksi audio video, layar monitor untuk memutar koleksi beruba audio visual.

Karena banyak fasilitas yang hendak dibeli inilah, jika memang kekurangan anggaran. Maka diperlukan keterampilan memanajemen keuangnan. Sehingga bisa membelanjakan anggaran berdasarkan skala prioritas. Pertanyaannya adalah, bagaimana agar anggaran perpustakaan bisa termanajemen?

Menurut Sutarno, ada beberapa indikator, yaitu indikasi kinerja dan penampilan perpustakaan semakin baik. Adapun indikasi yang baik dalam pembinaan anggaran perpustakaan, yaitu seluruh anggaran terserap sesuai dengan perencanaan, tidak terjadi salah pengelolaan dan jumlah volume anggaran meningkat. Diiringin dengan kegiatan dan layanan perpustakaan pun juga semakin bertambah.

5. Ketersediaan Sarana dan Prasarana

Ketersediaan sarana dan prasarana juga salah satu bentuk dari fasilitas perpustakaan yang baik yang juga harus ada. semakin lengkap sarana dan prasarana yang menarik, nyaman digunakan, baik dan memiliki banyak fasilitas yang diberikan, semakin baik. Baik itu dinikmati secara langsung ataupun tidak langsung.

Disadari atau tidak disadar, ketersediaan sarana dan prasarana itu sendiri sangat efektif dalam meningkatkan citra dan kesan dari pengunjung terhadap perpustakaan itu sendiri. Setidaknya di poin ini pengelola perpustakaan minimal tahu ilmu psikologi dan marketing dalam melihat peluang dan mencoba memenuhi ekpektasi calon pengunjung perpustakaan secara umum, sesuai dengan keinginan mereka. Maka, dijamin perpustakaan yang dikelola menjadi perpustakaan terpopuler bagi kalangan pengunjung.

6. Memiliki Perabotan Lengkap

Memang perpustakaan bukanlah sebuah rumah pribadi yang membutuhkan perabotan. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa perpustakaan itu sendiri pun juga membutuhkan perabotan yang unik. Hanya saja bentuk perabotan yang dibutuhkan tidak seperti perabotan untuk rumah tangga.

Memenuhi kelengkapan perabotan perpustakaan ini pun juga termasuk fasilitas perpustakaan yang baik. Karena perabot-perobot tersebut bisa memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pengunjung apa saja sih perabotan lengkap perpustakaan?

Menurut Sutarno, perabot dan perlengkapan perpustakaan meliputi rak bahan pustaka, lemari katalog, meja kursi untuk pembaca di ruang baca, meja layanan, mesin tik untuk pembuatan kartu katalog dan surat-surat, serta meja kerja pengolahan untuk pegawai.

Perabotan Yang Wajib Ada

Tidak hanya itu saja, masih ada perabotan yang juga wajib dipenuhi yang lainnya. misalnya :

  • lemari penitipan tas/barang
  • papan pamer
  • alat baca khusus untuk koleksi
  • lemari arsip untuk tata usaha
  • papan pengumuman.

Nah, biasanya dibagian depan juga aka nada kotak saran, jam dinding, komputer hingga troli untuk pembawa bahan pustaka pun juga diperhatikan dan dilengkapi loh.

Baca juga : 7 Keuntungan Pengadaan Buku Perpustakaan Di Deepublish

Dari beberapa fasilitas perpustakaan yang baik yang telah disebutkan di atas. ada juga fasilitas yang tidak kalah penting harus ada. yaitu layanan perpustakaan yang juga harus disediakan, upaya mengajak masyarakat untuk datang ke perpustakaan serta membangun mitra kerja dengan lembaga lain yang memiliki tujuan yang sama juga perlu dibangun.

Pondok Djawara Deepublish

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang