fbpx

Ebook Penerapan Ilmu Matematika dalam Ekonomi dan Bisnis

ebook penerapan ilmu matematika

Ebook Penerapan Ilmu Matematika dalam Ekonomi dan Bisnis – Pengantar matematika ekonomi dan bisnis adalah ilmu yang mempelajari ilmu matematika terapan. Ilmu matematika terapan adalah ilmu yang fokus pada pemecahan masalah, yang umumnya ditemukan di dalam ekonomi, bisnis. Permasalahan lainnya menyangkut tentang biaya, harga, upah tenaga kerja, penghasilan, produksi, permintaan dan penawaran dan hingga proses produksi.

Dalam banyak hal, konsep dasar ekonomi diekspresikan dalam bentuk matematika sederhana. Bentuk matematika sederhana diantarannya adalah bilangan bulat, pecahan dan operasi sederhana. Yang termasuk operasi sederhana meliputi perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan.

Sayangnya, semakin berkembangnya waktu, permasalahan komplek ekonomi semakin komplek. Maka semakin banyak pula yang solusi dan pemecahan masalah yang kompleks juga. Padahal semakin kompleks pemecahan masalah, maka semakin kompleks pula alat analisis yang diterapkan.

Salah satu alat yang dianggap mampu mengekspresikan kekompleksan permasalahan adalah model matematika. Di dalam model ekonomi ke dalam model matematika dapat ditransformasi. Sehingga memungkinkan terjadinya peralihan tingkat kesulitan pemecahan masalah ekonomi ke dalam pemecahan masalah matematika.

Ebook Penerapan Ilmu Matematika dalam Ekonomi dan Bisnis

Ebook penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis karya mesra B, S.E., M.M. mengupas tuntas semuanya. Nah, buat kamu yang kebetulan mencari cabang ilmu satu ini, kamu bisa kepo dan pelajari lebih lanjut nih. Langsung saja, kita kepo ulasannya berikut ini.

Teori Ekonomi dan Matematika

Penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis yang paling utama akan mempelajari tentang teori ekonomi dan teori matematika ekonomi. Ilmu ekonomi fokus menekankan pada hubungan antara variabel ekonomi secara kualitatif. Ada yang termasuk ekonomi kualitatif, meliputi kenaikan dan penurunan harga. Masalah kuantitas permintaan dan investasi bertambah maka pendapatan nasional meningkat.

Ilmu penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis ini berperan untuk membantu menyederhanakan hubungan. Sebenarnya ada banyak model matematika yang mampu diekspresikan, sesuai dengan fenomena ekonomi dan bisnis di lapangan.

Nah, dalam ebook ini kamu akan mempelajari pula tentang variabel dan konstanta. Barangkali buat kamu yang belum tahu tentang variabel, variabel merupakan unsur yang bersifat berubah-ubah dari satu kondisi lain dalam kondisi lainnya. Setidaknya ada rumusan fungsi dapat dibedakan menjadi variabel bebas dan tidak bebas. Menyinggung variabel bebas yang diterangkan oleh varaibel yang dipengaruhi.

Bentuk Model Matematika

Ebook berjudul penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis akan memperkenalkan model matematika. Model sebenarnya merepresentasikan objek atau situasi yang sebenarnya. Di mana model inilah yang dapat disajikan dalam bermacam bentuk. Dengan kata lain, model matematika sebagai system yang mencerminkan hubungan antara simbol matematika.

Tujuan adannya pemodelan matematika sebenarnya untuk memudahkan dalam proses pengambilan keputusan. Baik yang menyangkut kondisi nyata. Terkait dengan simbol matematika, dapat menyatakan bahwa symbol-sombol yang digunakan adalah bentuk besarangan bilangan dan angka. Fungsinya untuk ukuran dan memudahkan pemahaman.

Fungsi linier

Buat kamu nih yang ingin mengupas dan belajar fungsi linier, di dalam ebook penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis juga akan dijelaskan. Fungsi linear akan mempelajari beberapa hal. Diantarannya tentang fungsi, fungsi linier, kemiringan dan titik potong sumbu dan masih banyak lagi.

Istilah fungsi dalam fungsi linier pada matematika dapat diartikan sebagai hubungan matematis antara suatu variabel dengan variabel lainnya. Adapun unsur-usnur pembentuk fungsi, yang terdiri dari koefisien, variabel dan konstanta.

Variabel adalah usnur yang memiliki sifat berubah-ubah dari kondisi lainnya. Ada dua bentuk variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Sedangkan koefisien adalah bilangan angka yang diletakkan tepatdi depan suatu variabel, terkait dengan variabel yang bersangkutan.

Terakhir adalah konstanta yaitu sifatnya tetap dan tidak terkait dengan suatu variabel.

Sedangkan istilah fungsi linier adalah fungsi yang memiliki variabel berpangkat satu yang grafiknya merupakan garis lurus. adapun arti dari kemiringan dan titik potong sumbu merupakan sama dengan perubahan variabel terikat x dibagi dengan perubahan dalam variabel bebas y. kemiringan juga disebut gradient yang dilambangkan dengan huruf m.

Fungsi Permintaan dan Penawaran Serta Keseimbangan

Saat kamu mempelajari tentang penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis, kamu juga akan mempelajari permintaan dan penawaran. Permintaan tercipta apabila ada keinginan untuk membeli barang atau jasa, tetapi keinginan ini harus disertai dengan kemampuan konsumen untuk membayar barang dan jasa.

Ada tiga permintaan, yaitu kuantitas, keinginan dan kuantitas yang dinyatakan dalam bentuk satuan waktu. Kuantitas yang diminta menunjukan berapa banyak permintaan barang dan jasar berdasarkan harga, permintaan konsumen dan semacamnya.

Ebook penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis juga mengupas tentang hukum permintaan. Adapun pernyataan hukum permintaan, apabila ada permintaan suatu barang/jasa kuantitasnya akan lebih banyak jika harga barang atau jasa tersebut hargannya turun, dan jika harganya meningkat, maka kuantitas permintaan akan menurun. Yang dapat diasumsikan dalam ceteris paribus. Nah, terkait rumus dan cara perhitungannya dapat kamu lihat sebagai berikut.

Berapa harga ebook penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis ini?

penerapan ilmu matematika

Dengan aplikasi google play kamu bisa mendapatkan ebook ini hanya dengan harga Rp 48.900. Harga tersebut lebih murah dibandingkan dengan membeli buku fisiknya yang mencapai Rp 60.000. Jadi yuk segera beli ebooknya.

Nah itulah ulasan ebook penerapan ilmu matematika dalam ekonomi dan bisnis. Nah, kamu juga akan mempelajari tentang pengaruh pajak dan subsidi terhadap keseimbangan pasar, fungsi biaya dan fungsi penerimaan, barisan dan deret.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang