Logo Baru April

Penelitian Komparatif: Pengertian, Jenis dan Contoh

penelitian komparatif
toko buku kuliah
Bagikan

Artikel ini membahas lengkap mengenai bahasan pengertian, contoh dan jenis penelitian komparatif. Penelitian komparatif sendiri, banyak dipakai karena kemudahan dan juga hasilnya yang begitu jelas. Apa sih sebenarnya penelitian komparatif itu dan apa aja jenisnya? Yuk, kenali dalam artikel ini ya.

Penelitian dapat dilakukan dengan berbagai teknik, sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan. Salah satu teknik penelitian adalah penelitian komparatif. Secara singkat, jika diperhatikan dari namanya, penelitian komparatif ini sifatnya adalah membandingkan antara dua atau lebih variabel tertentu dalam penelitian yang dilakukan.

Variabel yang dibandingkan dalam penelitian komparatif ini dapat beragam, mulai dari pemerintahan, tokoh, ideologi, perkembangan suatu negara, dan berbagai variabel lainnya. Penelitian komparatif ini bisa dilakukan dengan metode kualitatif maupun kuantitatif.

Baca juga: Ini Definisi Variabel Penelitian dan Contohnya

Sama seperti teknik penelitian lainnya, penelitian komparatif ini juga memiliki tujuan dan jenis yang berbeda-beda. Bagi kamu yang ingin melakukan penelitian dengan teknik komparatif, berikut ini adalah berbagai penjelasan mengenai penelitian komparatif.

Pengertian Penelitian Komparatif

Secara singkat, penelitian komparatif adalah membandingkan satu variabel dengan variabel lainnya untuk mendapatkan fakta-fakta dari objek penelitian yang diteliti. Menurut para ahli, pengertian penelitian komparatif adalah:

1. Aswani

Menurut Aswani, penelitian komparatif akan membantu untuk menemukan persamaan dan perbedaan tentang benda, orang, prosedur kerja, ide, maupun kritik terhadap orang, kelompok, atau ide,

2. Mohammad Nasir

Penelitian komparatif menurut Mohammad Nasir adalah penelitian deskriptif yang tujuannya adalah mencari jawaban mendasar mengenai sebab dan akibat, yang caranya adalah dengan menganalisis berbagai faktor penyebab terjadi atau munculnya fenomena tertentu.

3. Sugiyono

Pengertian penelitian komparatif menurut Sugiyono adalah penelitian yang membandingkan keberadaan dari satu variabel atau lebih pada dua sampel atau lebih pada waktu yang berbeda.

Sampel dan populasi itu dua hal yang berbeda ya, pahami disini pada perbedaan sampel dan populasi.

Dari berbagai pengertian penelitian komparatif menurut ahli, maka penelitian komparatif dapat disimpulkan sebagai penelitian yang dilakukan dengan cara membandingkan dua variabel atau lebih, untuk mendapatkan jawaban atau fakta, apakah ada perbandingan dari objek yang diteliti atau tidak.

Tujuan Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif yang dilakukan dapat dilakukan dengan berbagai tujuan, yaitu:

1. Membandingkan

Sesuai dengan namanya, tujuan pertama dari penelitian komparatif adalah untuk membandingkan. Dalam penelitian komparatif, hal yang dibandingkan adalah persamaan maupun perbedaan dari dua atau lebih fakta dan sifat dari variabel yang diteliti. Komparasi yang dilakukan ini berdasarkan dari kerangka berpikir penelitian yang dilakukan.

2. Membuat Generalisasi

Tujuan kedua dari penelitian komparatif adalah untuk membuat generalisasi mengenai tingkat perbandingan, yang didasarkan dari cara pandang atau kerangka berpikir tertentu yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan.

3. Menentukan Variabel

Penelitian komparatif juga bertujuan untuk menentukan variabel mana yang sebaiknya digunakan dan tidak digunakan dalam penelitian. Sebab dengan melakukan penelitian komparatif, maka bisa diketahui kelebihan dan kekurangan setiap variabel yang digunakan, sehingga peneliti bisa memilih mana yang lebih baik dipilih atau tidak dipilih.

4. Menyelidiki Kemungkinan Hubungan

Tujuan terakhir dari penelitian komparatif adalah menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara yang dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap akibat yang ditimbulkan dan mencari faktor penyebab dari data yang sudah dimiliki.

Jenis Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif yang dilakukan dapat bermacam-macam, tergantung dari variabel dan topik penelitian yang dilakukan. Terdapat empat jenis penelitian komparatif, yaitu:

Daftar Open Reseller

1. Perbandingan Individual

Jenis penelitian komparatif yang pertama adalah perbandingan kontras secara individual atau disingkat sebagai perbandingan individual. Jenis penelitian komparatif ini adalah komparasi yang dilakukan dengan cara membandingkan penggambaran dari karakteristik masing-masing kasus atau variabel yang dipelajari. Jenis komparasi ini membantu untuk memperluas pengetahuan dan memberikan wawasan untuk melihat karakteristik kasus maupun variabel dengan lebih mendalam.

2. Perbandingan Universal

Penelitian komparatif yang berjenis perbandingan universal adalah jenis perbandingan yang digunakan untuk menetapkan bahwa setiap fenomena dari kejadian-kejadian mengikuti aturan yang sama.

Jenis perbandingan universal ini akan menggunakan perbandingan untuk mengembangkan landasan teori, dengan tujuan untuk memberikan teori yang akan membantu menjelaskan kasus yang sedang diteliti dalam penelitian.

3. Perbandingan Penemuan Variasi

Jenis penelitian komparatif berupa perbandingan penemuan variasi ini akan memeriksa berbagai perbedaan sistematis dari berbagai kejadian, dengan tujuan untuk menetapkan prinsip variasi dalam karakter atau fenomena yang berbeda. Caranya adalah dengan membandingkan berbagai perbedaan logis di antara kejadian, kemudian menetapkan standar variasi pada karakter atau fenomena tersebut.

4. Perbandingan Cakupan

Jenis penelitian komparatif yang ketiga ini adalah untuk menetapkan variasi dalam karakter atas suatu fenomena di dalam sistem yang sama. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan karakteristiknya sebagai fungsi dari berbagai hubungannya dengan sistem, secara keseluruhan.

Contoh Judul Penelitian Komparatif

Tujuan dari penelitian komparatif adalah melihat atau membandingkan dua atau lebih variabel yang berbeda. Dalam membuat penelitian komparatif, hal yang perlu diperhatikan peneliti bukan hanya isi dari penelitian saja, namun juga pembuatan judul.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Judul penelitian komparatif harus mencantumkan variabel-variabel yang dibandingkan dalam penelitian komparatif. Berikut ini adalah beberapa contoh judul penelitian komparatif yang dapat dibuat:

  1. Studi Komparatif Perbandingan Penggunaan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Negeri dengan Sekolah Dasar Swasta saat Berada di Sekolah.
  2. Perbandingan Tingkat Kemandirian Siswa TK di Taman Kanak-Kanak Pendidikan Montessori dengan Pendidikan Reguler.
  3. Perbedaan Dampak COVID-19 pada Usaha yang Dirintis Sebelum Tahun 2020 dengan Sesudah 2020.
  4. Studi Komparatif Perbandingan Kinerja Karyawan yang Bekerja Sesuai Jurusan Kuliah dengan yang Tidak Sesuai Jurusan Kuliah pada Perusahaan X.
  5. Perbandingan Penguasaan Penggunaan Komputer pada Siswa Kelas 8 yang Memiliki Komputer di Rumah dengan yang Tidak Memiliki Komputer di Rumah.
  6. Perbandingan Pemahaman Materi Antara Siswa Sebelum dan Sesudah Pandemi COVID-19.

Itulah penjelasan lengkap mengenai penelitian komparatif yang bisa kamu pelajari sampai pada contoh-contohnya. Baca juga artikel pendukungmu untuk penelitian.

Rekomendasi

(Penulis: Tyas Wening)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :