Logo Baru April

Pembelajaran Neurosains dalam Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Neurosains
toko buku kuliah
Bagikan

Pembelajaran berbasis neurosains blueprint sebagai pola pikir dan pola tindak yang diterapkan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip kerja otak. Mayoritas masyarakat Indonesia, proses pembelajaran menggunakan prinsip kerja otak  kiri yang bersifat linear, logis dan matematis. 

Sehingga peserta didik mudah lelah, jenuh. Hal ini ternyata disebabkan oleh tidak seimbangnya kerja otak antara otak kanan dan kiri dalam proses pembelajaran. Nah, salah satu untuk menghindari hal-hal ini, dibutuhkan pembelajaran berbasis neurosains. Memang untuk menciptakan hal ini, dibutuhkan inovasi pembelajaran. 

Buku pembelajaran berbasis Neurosains blueprint pelaksanaan model , karya Fitriwati Syamsuddin ini adalah jawabannya. di buku ini kamu tidak sekedar mempelajari tentang rasionalisasi model pembelajaran hypnohappy saja, tetapi juga akan mempelajari tentang konsep, komponen dan masih banyak lagi. 

Di bab awal, tentu saja kamu akan diperkenalkan tentang dasar dan landasan pengembangan model hypno happy. Nah, di sini kamu akan diperkenalkan lima landasan, yaitu landasan filosofis, sosiologis, yuridis, teori belajar, dan religi.

Pengertian Neurosains

Mungkin ada diantara kalian yang masih asing dengan istilah neurosains? Secara etimologi, neurosains dapat diartikan sebagai sistem saraf yang mempelajari neuron atau sel saraf dengan pendekatan multidisipliner. 

Secara terminology, neurosains merupakan bidang ilmu yang mengkhususkan pada studi saintifik terhadap sistem saraf. Dengan dasar ini, neurosains juga disebut sebagai ilmu yang mempelajari tentang otak dan seluruh fungsi-fungsi saraf belakang.

Tujuan Belajar Neurosains 

Pentingnya mempelajari neurosains ternyata memiliki tujuan untuk mempelajari dasar-dasar biologis dari setiap perilaku. Artinya, tugas utama dari neurosains adalah menjelaskan perilaku manusia dari sudut pandangan aktivitas yang terjadi di dalam otak. Penelitian mutakhir di bidang neurosains menemukan sejumlah bukti bahwa terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara otak dan perilaku manusia. 

Buku setebal 98 halaman ini juga akan mengulas tentang ruang lingkup neurosains. Ternyata neurosains manusia beberapa dimensi. Ada dimensi seluler-molekuler, sistem saraf, neurosains perilaku dan neurosains sosial. Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin mempelajari lebih dalam, bisa baca langsung di bukunya. 

Ilmu neurosains merupakan bidang ilmu mengobservasi aktivitas otak manusia, dengan tujuan mempelajari perilaku seseorang. Adapun alat yang sering digunakan untuk melakukan deteksi neurosains, diantaranya ada alat Elektroensefalografi (EEG), Magnetoencephalogram (MEG), Functional magnetic resonance imaging (fMRI), Functional magnetic resonance spectroscopy (fMRS) dan single photon emission computed tomography (SPELT). 

Dimana alat-alat ini ternyata tidak hanya digunakan untuk beberapa kepentingan dan keperluan.  Dan hanya orang-orang yang memiliki lisensi yang boleh menggunakan alat untuk melakukan tes atau pemeriksaan. 

Daftar Open Reseller

Di buku ini pun juga akan diulang terkait hukum otak. Dimana neurosains adalah mempelajari kerja otak secara umum. Menariknya, ada sepuluh dasar otak yang relevan dan memiliki sinergitas dengan dunia pendidikan dan pembelajaran.

Sepuluh hukum otak tersebut ada unik, khusus,  sinergitas, otak tidak membedakan fakta dan ingatan, imajinasi, konsep dan informasi otak, alat indra dan receptor saraf, otak tidak pernah istirahat, otak dan hati berusaha untuk dekat, kekuatan otak turut ditentukan oleh makanan fisik yang diterima.

Nah, untuk menemukan jawaban lengkapnya, kamu bisa temukan di halaman 41 di buku terbitan deepublish ini ya. Tidak berhenti sampai disitu saja. di bab empat, kamu akan diajak penulis buku mempelajari petunjuk pelaksanaan model hypno happy dan dilanjutkan belajar tentang serba serbi model pembelajaran hypno happy.

Buat kamu yang berprofesi sebagai guru, buku ini sangat direkomendasikan. Setidaknya buat kamu yang menginginkan suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Buat kamu yang tertarik dan ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung pesan di website resminya.

Judul BukuPembelajaran berbasis neurosains blueprint pelaksanaan model 
Penerbit BukuDeepublish
PenulisDr. Hj. Fitriwati Syamsuddin, S.Si., S.Pd., M.Si., Apt.
ISBN978-623-02-4333-2
Ukuran15.5×23 cm
Halamanxii, 98 hlm
Tahun2022
Link Pembelian Beli Buku
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022