fbpx
flash sale toko buku deepublish

10 Peluang Usaha di Kampus Untuk Mahasiswa

peluang usaha di kampus
toko buku kuliah

Peluang usaha di kampus itu apa aja sih? Ada banyak sekali kesempatan mencoba peluang usaha di kampus. Untuk kamu yang masih kuliah, mencoba peluang usaha di kampus bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain uang jajan tambahan, relasi baru, tentu juga pengalaman menjadi pengusaha secara langsung. 

Berbekal kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil resiko, sebenarnya banyak peluang bisnis yang tepat untuk mahasiswa dengan modal yang kecil. Karena itu, masa-masa berkuliah adalah menjadi saat yang tepat bagi mahasiswa untuk memulai bisnis. 

Apalagi sekarang sudah jamannya internet. Dimana kita dapat mempromosikan produk secara virtual. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba peluang usaha di kampus.

10 Peluang Usaha di Kampus Untuk Mahasiswa

Dengan berbisnis sejak kuliah, kamu tak lagi dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus dan tidak akan pusing mencari-cari pekerjaan setelah lulus. Ingin tahu peluang usaha di kampus apa yang bisa dicoba? Berikut ini ulasannya. 

1. Bisnis Pulsa Elektrik

Peluang usaha di kampus dengan menjual pulsa elektrik masih sangat relevan dan dibutuhkan oleh mahasiswa lain. Apalagi kini seolah kita tidak dapat lepas dari paket data internet. Kamu dapat memilih peluang usaha ini karena tidak membutuhkan modal yang besar. 

Selain mudah dilakukan, peluang usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan apabila dikelola dengan baik. Dalam sekali penjualan pulsa, keuntungan yang diperoleh mulai Rp 500-Rp1500. Namun, bisnis pulsa elektrik bukan tanpa resiko. Sebab kamu harus siap dengan konsekuensi adanya utang pembayaran pulsa. Terlebih kalau pelanggan tersebut adalah kenalan atau teman.

2. Bisnis Online Shop

Peluang usaha di kampus kedua yang kerap ditemui adalah bisnis online shop. Sebagai mahasiswa kamu dapat menjual beragam produk melalui forum jual beli online. Kamu dapat menjual baju, celana/rok, pernak pernik, dan berbagai macam alat kuliah lainnya. Soal modal tak perlu khawatir, kini banyak produsen menawarkan jasa dropshipper maupun reseller. 

Kamu pun tidak perlu pusing harus membeli dalam jumlah banyak. Kamu hanya perlu menjual kembali barang dari mereka dengan versimu. Penjualan tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya. Ada beberapa situs jual beli yang dapat dimanfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun milik orang lain.

3. Bisnis Buku

reseller buku jogja

Mahasiswa identik dengan belajar dan membuat tulisan ilmiah, bukan? Kebiasaan tersebut bisa menjadi peluang usaha di kampus. Pada beberapa mata kuliah pasti mahasiswa membutuhkan buku ajar untuk jalannya perkuliahan. Nah kamu dapat menjual buku ajar di wilayah kampusmu. 

Kamu dapat bekerjasama dengan dosenmu ataupun penerbit yang menjual buku ajar. Tentu harga dari produsen akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di toko. Tertarik mencoba?

Tahukah kamu, bahwa Penerbit Deepublish juga sedang membuka peluang reseller bagi mahasiswa untuk bekerja sama menjual buku terbitan dari Deepublish. Tentu peluang usaha ini cocok kamu coba di kampus, bukan? 

Selengkapnya : Daftar Reseller Buku

4. Bisnis Les Privat

Peluang usaha di kampus berikutnya adalah bisnis les privat, yaitu bisnis untuk memberikan pelajaran les privat kepada beberapa anak, mulai SD, SMP, sampai SMA, tergantung keterampilan. Misalnya, mahasiswa jurusan ilmu eksak atau sains dapat memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Bahkan, dapat memberikan pelajaran yang bersifat umum semisal bahasa Inggris.

Bisnis ini memberikan dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya bisnis ini laris ketika akan diadakan ujian nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin semakin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional melalui les privat.

5. Jasa Desain Grafis

Desain grafis tak kalah menarik untuk dijadikan peluang usaha di kampus bagi mahasiswa untuk meraup keuntungan tinggi. Selain hasilnya tidak hanya dibutuhkan untuk media cetak, kini telah banyak media online yang juga membutuhkan jasa desain grafis. Mulai untuk kebutuhan personal branding, hingga jejeran bisnis.

Namun, bagi kamu yang mungkin tidak memiliki latar belakang pendidikan desain, jangan berkecil hati. Saat ini sudah banyak pemain bisnis desain grafis yang belajar secara otodidak. Anda bisa memulainya dengan mengenali aplikasi-aplikasi pendukung desain grafis seperti Adobe Photoshop, Inkscape, Adobe Illustrator, Adobe InDesign dan Corel Draw. Bahkan, saat ini sudah banyak tersedia ragam situs online untuk membuat logo desain gratis.

6. Translator

Hadirnya aneka buku, jurnal, e-book dan berbagai media cetak berbahasa asing, membawa kesempatan untuk para mahasiswa yang ingin menambahkan uang saku dengan menjadi freelancer penerjemah. Untuk mengawalinya pun tidaklah sulit. Yang kamu perlukan hanyalah kemampuan menulis dan menguasai setidaknya satu bahasa asing. 

Pastikan kamu mengenal arti dari setiap kata, istilah-istilah, hingga bagaimana struktur penulisan bahasa asing yang tepat. Walaupun saat ini sudah banyak menjamur bisnis jasa penerjemah, kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk mempromosikan jasamu. Seperti membangun website pribadi untuk menaruh portofolio atau mendaftarkan diri pada situs-situs khusus freelancer yang kini sudah banyak ditemukan. 

7. Fotografer dan Videografer

Ini peluang usaha di kampus untuk mahasiswa dengan potensi penghasilan tinggi yang bisa Anda coba. Kebutuhan akan fotografer dan videografer terus meningkat setiap tahun.

Banyaknya perusahaan-perusahaan kecil yang tidak ingin menghabiskan terlalu banyak uang untuk pembuatan company profile menciptakan peluang usaha untuk mahasiswa. Selain company profile, dokumentasi acara dan pernikahan juga merupakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang cukup menjanjikan. Acara yang biasanya jatuh pada akhir pekan ini sangat bertepatan dengan waktu luang mahasiswa.

Baca juga : 7 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Paling Mudah Dilakukan

8. Penulis

cara menulis resensi

Peluang usaha di kampus bagi mahasiswa yang hobi menulis adalah jadilah content writer. Banyak peluang untuk content writer. Tidak hanya identik dengan menulis buku saja, kini content writer juga berkaitan dengan kebutuhan website, marketing, ataupun company branding. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa content writer. 

Syarat menjadi content writer yang baik adalah setidaknya kamu dapat menulis dan mengembangkan ide secara struktur. Walaupun sudah banyak jasa content writer, tapi tak ada salahnya untuk mencoba. Berikan portofolio tulisanmu kepada calon klien dan jangan malu mempublikasikan tulisanmu ke forum-forum online. 

9. Shoes Cleaning

Masyarakat modern kini mulai menggandrungi sneakers berharga tinggi. Sepatu berharga selangit ini turut pula menciptakan berbagai kesempatan bisnis untuk mahasiswa.

Salah satunya adalah bisnis shoes cleaning.  Bahan-bahan yang diperlukan pun semakin mudah untuk ditemukan karena sudah banyak peracik-peracik lokal yang mampu membuat cairan pembersih sebaik produk impor. Selain menyediakan jasa untuk mencuci sepatu, bahkan Anda juga bisa menjadi reseller dari produk-produk pembersih tersebut.

10. Influencer

Sebagai pengguna aktif media sosial, kamu tentu sudah pasti mengenal istilah influencer. Influencer merupakan seseorang yang memiliki popularitas di media sosial dan identik dengan jumlah followers yang tinggi. Alhasil, mereka pun sering diandalkan sebagai promotor suatu bisnis atau bahkan menjadi brand ambassador dengan bayaran tinggi. 

Nah jika kamu berniat menjadi influencer, maka mulailah untuk mengatur strategi konten yang ingin kamu bagikan melalui media sosial. Berikan foto dan informasi menarik untuk menarik follower singgah ke akunmu.

Seringlah menjalin interaksi dengan memberikan komentar atau story dengan membuat QnA (Question and Answer). Tanpa disadari, langkah ini bisa memikat hati para pengguna media sosial lainnya yang belum memfollow kamu.

Baca juga : 10 Kiat Membangun Mental Bisnis Untuk Mahasiswa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :