fbpx

Pelajari Cara Membuat Game 2D dan 3D Dengan Unity di Buku Ini

cara membuat game 2d dan 3d

Review Buku #31,  Cara Membuat Game 2D dan 3D – Siapa sih yang tidak tahu dunia games? Pasti hampir semuanya tahu dong permainan satu ini. tidak hanya anak kecil saja yang memainkan games ini. remaja, dewasa hingga orang yang usianya 40 tahun pun masih ada loh yang bermain game.

Menyinggung tentang games, memang permainan satu ini salah satu permainan yang yang membutuhkan kemampuan intelektual si pemainnya loh. Nah, membicarakan cara kerja bermain aja membutuhkan intelektual atau kecerdasan otak. Apalagi proses pembuatannya, bisa lebih rumit lagi dong ya. Oh iya, ngomong-ngomong game tidak selalu berbentuk game yang ada di ponsel loh. Ada pula game kartun yang berbentuk 2D dan 3D.

Buku karya Siti Asmiatun dan Astrid Novita PUtri ini akan membahas seputar game, cara membuat game, manfaat game dan masih banyak lagi. Nah buat kamu yang tertarik ingin mempelajari ilmu satu ini, sebelum membeli, bisa simak ulasan berikut ini.

Pelajari Cara Membuat Game 2D dan 3D Dengan Unity

1. Manfaat Games

Siapa yang tahu dan menyadari bahwa game secara umum juga memiliki beberapa manfaat loh. Salah satunya bermanfaat, selain sebagai hiburan dan media pembelajaran, tentu saja bisa digunakan sebagai edukasi pula. Games juga memiliki sisi seni yang menari pula untuk kamu dalami.

Dari segi dunia kerja, games ternyata ada industri atau lapangan pekerjaan. Itu sebabnya ilmu satu ini pun di perguruan tinggi dipelajari dan memiliki prospek yang menjanjikan untuk kenaikan karir kamu loh. Jadi, buat kamu yang ingin bekerja dibidang gamers, bisa nih menekuni ilmu ini. kamu bisa menjadi menjadi sebagai development membuat games atau sebagai pencipta game.

2. Macam-macam Game

Menurut Henyr dalam bukunya yang berjudul Panduan Praktis Membuat Game 3D mengatakan format sebuah game bisa murni sebuah genre atau bisa merupakan campuran dari bebera genre lain. Ada beberapa macam games, diantarannya adalah maze game, board game, card game, battle card game, quiz game, puzzle game, shoot them up dan masih banyak lagi yang akan kamu pelajari lebih detail dalam buku terbitan Deepublish.

Buku setebal 185 halaman ini dibahas menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Tidak hanya itu, di dalam buku ini kamu pun diarahkan menjadi mahasiswa yang melek teknologi. Khususnya teknologi pembuatan game. Karena fokus buku ini pada pembuatan game 2D dan 3D, kamu pun juga akan diarahkan mempelajari tentang elemen game, pengenalan game maker dan masih banyak lagi.

Baca juga : Review: Belajar Java Fundamental Dengan Buku Ini

3. Elemen game

Menyinggung terkait membuat game 2D dan 3D, di buku ini kamu akan mempelajari tentang beberapa elemen yang digunakan dalam game. Dimana setiap elemen itu harus ada, baik untuk game sekala kecil ataupun game skala besar.

Menurut Teresa Dillon game memimliki beberapa elemen dasar. Yaitu game rule yang merupakan aturan perintah, cara menjalankan, fungsi objek dan karakter di dalam permaian dunia game dunia game bisa berupa pulau.
Elemen terpenting yang lain, terdapat plot-plot yang berisi informasi tentang hal-hal yang akan dilakukan oleh player dalam game dan secara detail, perintah tentang hal yang harus dicapai dalam game. Adapun poin lain yang diperhatikan, yaitu memperhatikan thema, object, teks, grafi, sound game, animasi dan user interface.

4. Game Engine

Buat yang mengambil jurusan ini, pasti sudah tidak asing dengan game engine. Buat kamu yang tidak tahu sama sekali nih, game engine adalah sistem yang dirancang menciptakan dan mengembangkan video game. Peranan game engine ini sebagai kerangka kerja perangkat lunak yang dapat digunakan dalam mengembangkan membuat game konsol video game, perangkat mobile dan komputer.

Di bab ini pulalah, akan dipelajari pula tentang game real time strategi, yang termasuk game yang masih mendominasi sampai saat ini di komputer dan mobile phone. Game ini menuntut pemain mengembangkan strategi secara menyeluruh dalam rangka memenangkan kompetisi game dibidang militer, ekonomi dan lain-lain.

Baca juga : (Review Buku) Tentang Panduan Lengkap Google Drive dan Google Apps

5. Mempelajari Unity pada 3D

Game yang sekrang paling banyak diminati memang game 3D dibandingkan 2D. menyinggung tentang game 3D nih, ada dasar penggunaan unity yang penting kamu tahu, yang ngaku sebagai calon pembuat game. Jadi unity3D merupakan tool untuk pengembangan video game visualisasi arsitektur, dan instalasi media interaktif. Singkatnya, membantu orang mengembangkan game di environment 3D.

Ada satu hal lagi nih bila menggunakan dasar unity satu ini. jadi lingkungan pengembangan unity berjalan pada Microsoft windows dan mac OS X, dan permainan yang dihasilkan dari tool ini . bisa pula digunakan di beberapa tempat seperti windows, Xbox 360, Wii, iPad dan masih banyak lagi tentunya. Lebih detail bisa kamu lihat langsung di bukunya.

Menurut saya, buku yang termasuk kedalam buku sains dan teknologi ini menarik dan menyenangkan. Karena kamu yang ingin terjun di sini pun tidak setengah-setengah. Kamu akan mempelajari banyak sekali pembahasan pembuatan game 2D hingga 3D. Penulis menuliskan tidak hanya secara teoritis saja, tetapi juga memberikan contoh, sehingga lebih memudahkan mahasiswa yang tertarik menguasai ilmu ini.

Jadi, buat kamu yang tertarik belajar membuat game 2D dan 3D menggunakan unity, bisa langsung membeli bukunya. Dijamin harganya pun lebih bersahabat.

Detail Buku :

Buku Belajar Membuat Game

Pengarang Siti Asmiatun dan Astrid Novita Putri
Institusi Universitas Semarang
Kategori Buku Referensi
Bidang Ilmu Sains dan Teknologi
ISBN 978-602-453-449-3
Ukuran 15.5×23 cm
Halaman x, 185 hlm
Tahun Terbit  2017

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang