Pedoman Tepat Merawat Lansia: (Review Buku) Keperawatan Gerontik

merawat-lansia
toko buku kuliah

(Review Buku) Keperawatan Gerontik: Pahami Pedoman Merawat Lansia – Tahukah kamu, apa itu gerontology dan geriatri? Istilah gerontologi atau gerontik diambil dari bahasa Yunani, yang bernama geros (tua) dan logos itu artinya ilmu. Jadi, gerontology diartikan sebagai ilmu yang mempelajari proses penuaan dan permasalahan yang dialami oleh lansia.

Kehidupan orang lansia tentu sudah berbeda dengan orang yang masih sehat. Lansia memiliki faktor resiko terhadap banyak hal. Mulai dari hal mudah terserang penyakit, karena organ dalam sudah mengalami penuaan dan semacamnya.

Pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang tips merawat lansia dan review sebuah buku berjudul keperawatan gerontik. Meskipun buku ini diperuntukan untuk mahasiswa, tetapi buku berjudul keperawatan gerontik ini juga bisa dibaca untuk umum. Terutama bagi kamu yang memiliki orangtua atau nenek yang sudah menua. Karena bagaimanapun juga, mereka membutuhkan perawatan lebih ekstra, dan lagi karena mereka memiliki keterbatasan gerak yang kurang.

Sebagai tambahan informasi bahwa, istilah gerontik atau geriatric termasuk cabang ilmu kedokteran, yang mempelajari permasalahan dan penyakit orang lansia. Sedangkan geriatri fokus pada kondisi abnormal yang terjadi pada lansia dan bagaimana penanganannya. Itu sebabnya, buku ajar karya Sofia Rhosma Dewi, S.Kep. Ners. Ini juga termasuk buku kedokteran.

Nah, bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang keperawatan gerontik, maka berikut akan saya ulas sekilas tentang isi buku ini yang sebenarnya sangat direkomendasikan buat kamu. Untuk memperingkat waktu, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Merawat Lansia dan Tugas Perkembangannya.

Buku keperawatan gerontik mencoba membukakan kepada kita bahwa menjalani hidup sebagai lansia ternyata butuh perhatian. Menjadi lansia ternyata tidak seperti stereotip yang selama ini tersebar. Misal, anggapan bahwa hidup lansia itu lebih damai dan tenang, padahal tidak demikian.

Justru seorang lansia semakin kolot dan mengalami kemunduran secara sikap dan perilaku. Jadi tidak hanya mundur dari segi produktivitas, tetapi juga mengalami ke masa kebiasaan saat masih muda dulu.

Nah, bagi yang sekarang belum menginjak lansia, bisa mengubah stereotip dan cerita-cerita yang terjadi di sekeliling kita. Carannya bagaimana? Menurut Erickson, kesiapan lansia untuk beradaptasi atau menyesuaikan terhadap perkembangan usia lanjut dipengaruhi oleh proses tumbuh kembang pada tahap sebelumnya.

Misalnya, jika sebelumnya menjalani hari dengan teratur dan produktif, maka kehidupan tuanya pun juga demikian. Berlaku sebaliknya. Buat kamu yang sekarang tengah mengurus orangtua, adapun tugas menjaga orangtua kita. Yaitu dengan memperhatikan perkembangan lansia, misalnya memperhatikan kondisi kesehatan, finansial dan masih banyak lagi.

Proses Penuaan Pada Manusia

Buku setebal 119 ini pun menjelaskan proses penuaan pada manusia. Setiap manusia yang hidup panjang umur, pasti akan terus mengalami penuaan. Proses menua bukan sesuatu yang menakutkan, bukan juga sebuah penyakit yang mematikan juga.

Proses penuaan merupakan kombinasi berbagai macam faktor yang saling berkaitan. Dimana terjadinya perubahan yang terkait waktu, profresif, universal dan detrimental. Keadaan tersebut dapat menyebabkan menurunnya kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan untuk dapat bertahan hidup.

Di dalam buku ini dijelaskan beberapa proses penuaan dari berbagai teori. Misalnya dari teori biologi, psikologis dan sosiologis. Di dalam buku ini juga dijelaskan perubahan yang terjadi pada lansia yang mempengaruhi perubahan system organ tubuh akibat proses menua. Hingga potensi penyakit yang seringkali dialami oleh lansia. Apa saja? Simak ulasan lebih lengkapnya di bukunya langsung yaa..

Aspek Legal Etik Dalam Keperawatan Gerontik

Masuk ke materi inti, fokus pada perawatan gerontik. Di sinilah kamu akan belajar aspel dank ode etik yang wajib kamu kuasai. Buku terbitan Deepublish ini juga mengulas tentang konflik dan dilema serta prinsip moral.

Prinsip moral pada aspek legal etik keperawatan gerontik ini bertujuan untuk membentuk kode etik, memberikan panduan bagi perawat dalam mengidentifikasi tanggungjawab etik dan dalam mengambil keputusan sesuai dengan niali, tujuan keperawatan dan kewajiban profesi. Adapun beberapa prinsip moral yang harus dikuasai oleh perawat.

Seperti menguasai tentang prinsip seperti advokasi, otonomi, beneficiencec, confidentiality, fidelity, fiduciary responsibility, justice dan reciprocity dan veracity. Nah, ulasan lebih lanjut, ulasan tersebut dapat dibaca langsung di bukunya.

Di dalam bab ini, kamu yang ingin menjadi calon perawat juga perlu memperhatikan tindakan. Jangan sampai tindakan yang dilakukan menimbulkan malpraktek dan kelalain. Karena jika hal ini terjadi, dapat dijadikan kesalahan fatal yang wajib dipertanggungjawabkan.

Pedoman Merawat Lansia ala Perawat

merawat orang tua

Merawat lansia memang membutuhkan resep khusus, butuh ketelatenan dan kesabaran. Apalagi mereka adalah orang yang lebih tua dan harus kita hormati apapun yang terjadi, kita harus merawat mereka layaknya mereka merawat kita sewatktu kecil. Bukankah begitu? Berikut adalah beberapa tips merawat lansia :

#1. Rawat Dengan Cinta

Dengan cinta hidup ini menjadi lebih berwarna, dengan cinta pula seseorang dapat melakukan dengan penuh tulus dan keikhlasan. Rawatlah orang tua itu dengan cinta, bukan dengan ada maunya apalagi dengan setengah hati.

Rawatlah seperti saat dulu kita kecil pernah dirawatnya dengan cinta pula, orang tua kita merawat kita dengan tulus meskipun harus bertaruh nyawa ketika melahirkan, rela mengantuk demi kita yang terbangun, rela menggendong sampai capek dan masih banyak lagi.

#2. Rawat Dengan Kesabaran

Orang tua (lansia) terkadang memiliki banyak permintaan yang menguji kesabaran kita, bahkan sering juga malah marah-marah. Tapi ya begitulah ketika masa tua, harus benar-benar sabar. Jangan sampai kita terpancing dan mengeluarkan luapan emosi kepada orang tua kita.

#3. Jaga Kesehatan

Salah satu aspek penting dalam merawat lansia adalah menjaga kesehatannya. Daya tahan tubuh lansia biasanya melemah dibandingkan ketika usia muda, untuk itu sangat penting menjaga kesehatan lansia.

Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan makanan yang sehat bergizi, menjaga kebersihan dan mengajaknya untuk berolahraga kecil-kecilan.

#4. Jaga Kebersihan

Kebersihan juga menjadi salah satu faktor penting dalam merawat lansia, ketika kebersihan dijaga sama saja telah mengurangi risiko terkena penyakit. Kita ketahui bahwa beberapa penyakit dapat diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak higienis, bakteri dan kuman bisa saja masuk kedalam tubuh dan menyebarkan penyakit.

#5. Jaga Pola Makan

Lansia mungkin susah untuk makan banyak sekali waktu seperti ketika masih muda, harus bertahap-tahap. Tugas Anda sebagai perawat lansia adalah mengatur jadwal makan dengan porsi dan gizi yang seimbang.

Dari makanan yang sehat diharapkan lansia juga memiliki badan yang sehat dan panjang umurnya.

#6. Ajak Bercerita

Di usia senja, tidak banyak yang diinginkan oleh lansia. Ambisinya mungkin tidak sebesar anak-anak muda. Keiingan mereka simple, yang penting bisa berkumpul dengan keluarga dan mendapatkan perhatian darinya.

Anda dapat mengajak mereka bercerita untuk membangun kedekatan dan membuat lansia merasa nyaman dan diperhatikan. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat stress seseorang.

#7. Ajak Berolahraga

Karena kesehatan sangatlah penting bagi lansia,  maka olahraga juga sangat diperlukan. Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah diabetes dan menjaga agar tubuh tetap fit.

Namun bukan olahraga-olahraga yang berat seperti lari, gym atau angkat beban. Olahraga-olahraga ringan yang minim risiko cidera adalah hal yang wajib untuk lansia, contohnya seperti jalan kaki, peregangan dll.

Kesimpulan :

Itulah ulasan kecil tentang tips merawat lansia dan keperawatan gerontik. Nah, di dalam buku ini juga mengulas tentang beberap sub tema seperti asupan nutria pada lansia, sertai perubahan yang dialami oleh lansia. Di bab tujuh, juga menjelaskan tentang masalah fisik pada lansia yang sering kita temui karena mulai tampak terjadi perubahan mobilitas, risiko jatuh dan perubahan eliminasi hingga rasa nyeri.

Hal yang juga perlu diperhatikan oleh seorang calon keperawatan gerontik, adalah mempelajri tentang aspek psikososial dan spiritual usia lanjut. Karena di sana usia lanjut pasti sering muncul perasaan sedih, depresi hingga gangguan seperti demensia dandelirium.

Nah, bagi kamu yang tertarik ingin mempelajari tentang pedoman merawat lansia seperti perawat-perawat, dapat membaca buku ini, kamu bisa langsung melakukan pemesanan di toko buku online Deepublish.

Tentang Buku

buku-keperawatan-gerontik

Pondok Djawara Deepublish

Judul : Keperawatan Gerontik
Pengarang : Sofia Rhosma Dewi, S.Kep. Ners.
Bidang Ilmu : Kedokteran
ISBN : 978-602-280-223-5

Segera Dapatkan >> Buku Keperawatan Gerontik

Atau buku lain dengan tema yang sama :

Segera Dapatkan >> Buku Pengantar Keperawatan Gerontik Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan

Selain membaca review buku di atas, kamu juga bisa membaca review-review buku tentang kedokteran yang lain di website ini.

  1. Diare Balita Penyebab Kematian Terbesar di Asia Selatan + Review Buku
  2. (Review Buku) Farmasi Klinik : Tanggung Jawab Bekerja di Farmasi Klinik
  3. (Review Buku) Pengantar Keamanan Pangan Untuk Industry Pangan

Jika sudah membaca review buku di atas, jangan lupa share review ini ke teman-teman kalian yaa, biar mereka juga tahu betapa bermanfaatnya buku-buku di atas.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang