Kisah Inspirasi P.K. Ojong – Satu dari Pendiri Kompas Gramedia

kisah inspirasi pendiri kompas
toko buku kuliah

Kisah Inspirasi P.K. Ojong – Satu dari Pendiri Kompas Gramedia – Bagi Awjong, hemat itu suatu kebijakan yang perlu dipraktikkan dan diajarkan. Bukan berarti dompetnya tertutup untuk segala keadaan. Tanpa diminta, tanpa gembar-gembor, ia akan mengeluarkan uang dengan sukarela untuk hal-hal yang dianggapnya perlu. Namun, jangan coba-coba menyalahgunakan kepercayaannya. Sekali lancung ke ujian, seumur hidup Auwjong tidak percaya.

Kisah Inspirasi P.K. Ojong -Satu dari Pendiri Kompas Gramedia

Buku ini mengkisahkan perjalanan hidup almarhum P.K Ojong, satu dari dua pendiri Kompas Gramedia. Laki-laki bersahaja dan berhati mulia yang kegigihannya dalam memperjuangkan idealismenya layak diketahui generasi muda.

Di dalam buku ini, P.K Ojong dikenal sebagai sosok yang gigih dan konsisten.  Bagi rekan-rekannya, seperti Mohamad Roem. P.K Ojong adalah sosok yang menyenangkan. P.K Ojong pernah berkata, salah satu yang paling sukar diatasi dalam seluk beluk pengusahaan adalah tekanan yang datang dari keluarga. Begitu saudara sukses dalam perusahaan, maka soal pertama yang harus dijauhkan adalah pencampuradukan masalah keluarga dari perusahaan (Arief Budiman).

Telah dijelaskan di dalam buku ini tentang teladan kesederhanaan. Pemimpiin adalah keteladanan. Sebagai pemimpin, orang harus menjadi teladan kesederhanaan, supaya para bawahannya tidak ikut-ikutan konsumtif.

Awjong juga mengingatkan bahwa yang utama dari seorang pemimpin adalah kejujuran, kerja keras, jangan ngomong saja, tetapi lakukan “get things done”. Manajemen tekan tombol tidak jalan. Manajemen harus juga bersedia turun ke lapangan. Awjong sama sekali tidak setuju kalau prestasi dan perbuatan buruk seseorang dikaitkan dengan keturunan orang itu.

Awjong yang memiliki nama lain Andreas memiliki prinsip hidup yang bisa diterapkan oleh siapapun. Khususnya bagi anda yang berjiwa pengusaha. Prinsip itu adalah “Hidup Sederhana, Berpikir Mulia”.

Baca juga : 7 Orang Hebat dan Sukses yang Belajar Otodidak

Benar-benar Awjong terapkan selama ia memimpin beberapa perusahaan seperti weekly, intisari, dan kompas. Awjong adalah pemimpin yang sangat memikirkan karyawannya. Bagi Awjong, karyawan adalah asset utama. Apabila karyawannya sejahtera, maka sejahtera pula perusahaannya.

Salah satu contoh sikap mulia Awjong diketahui setelah Kusnadi, mantan sopir Ojong yang pernah sama-sama kecebur ke jurang sedalam 12 meter pada tahun 1977. Mengatakan, “Pak Ojong nunggu sopir-sopir punya rumah dulu, baru dia bangun rumah sendiri.”

[ Haswin Fatkhurohman ]

Referensi: Ishwara, Helen. P.K. Ojong: Hidup Sederhana, Berpikir Mulia.

Baca juga artikel yang lain :

1. Rekomendasi Buku Motivasi Yang Menginspirasi
2. Fear of Success: Mengatasi Ketakutan Untuk Kesuksesan

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang