VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

7 Orang Hebat dan Sukses yang Belajar Otodidak

orang hebat dan sukses
toko buku kuliah

7 Orang Hebat dan Sukses yang Belajar Otodidak – Siapa bilang mengubah dunia itu harus sekolah tinggi, harus jenius, harus punyasegalanya. Tahukah kalian bahwa tokoh-tokoh pengubah kemajuan dunia diantaranya ada yang tidak lulus sekolah. Ada beberapa tokoh kurang lebih 22 tokoh akan tetetapi disini saya hanya mengambil 7 tokoh saja.

Semoga dengan membacaresum ini  tokoh menambah motivasi anda.7 tokoh luar biasa yang mampu membuktikan bahwa untuk sukses dan menguah dunia tidak harus dengan belajar di sekolah (akademi). 7 tokoh ini adalah tokoh yang sukses karena kegigihannya belajar sendiri (otodidak).

1. Maya Angelou, Punya Segudang Gelar Tetapi Tak Lulus Kuliah

Maya Angelou adalah seorang penyair, aktris, pemain drama, produser film dan juga aktivis hak-hak sipil. Beliau juga seorang penulis, beberapa buku karyanya menjadi best seller di antarnya, I Know Why the Caged Bird Sings. Namun, Maya bukanlah lulusan universitas ternama, bahkan Beliau tidak lulus college-nya. Maya mendapatkan sejumlah gelar Doktor Honoris Causa dari berbagai perguruan tinggi karena kemauan belajarnya yang begitu keras.

2. Richard Avedon, Maestronya Fotografi

richard-avedon-orang-hebat
Sumber : www.theartstory.org/

Wow.. ini adalah salah satu fotografer terkenal yang pernah ada di dunia ini. Orang hebat dan sukses yang satu ini sudah begitu terkenal. Namun taukah Anda jika Beliau juga belajar secara otodidak dan merupakan DO dari universitas. Begini ceritanya. Setelah lulus SMA, Richard Avedon melanjutkan kuliah di Columbia University. Namun nggak tamat karena Beliau lebih sibuk dengan hobi fotografinya.

Ia belajar secara otodidak menggunakan kamera peninggalan ayahnya. Tak lama, ia menjadi seorang fotografer profesional yang menghasilkan banyak karya. Tahun 1944, ia suda menjadi fotografer biro iklan. Namanya makin terkenal setelah ia menjadi fotografer fashion di majalah Harper’s Bazaar. Yang menarik dari fotografer ini adalah teknik yang digunakannya yang unik. Di kalangan fotografer “sekolahan”.

3. Ray Bradbury: Belajar dari Membaca

ray-bradbury
Sumber : wikipedia.org

Ia hanya lulusan SMA, namun karyanya sangat fenomenal, dia adalah salah satu orang hebat dan sukses di seluruh dunia. Bradbury juga merupakan sastrawan modern dengan karya fiksi ilmiah yang sangat fenomenal. Karya Beliau yang saya ketahui antara lain: Martian Chronicles, The Illustrated Man, dan Fahrenheit 451 Ray Bradbury: Belajar dari Membaca Ia hanya lulusan SMA, namun karyanya sangat fenomenal.

Bradbury juga merupakan sastrawan modern dengan karya fiksi ilmiah yang sangat fenomenal. Karya Beliau yang saya ketahui antara lain: Martian Chronicles, The Illustrated Man, dan Fahrenheit 451 “Perpustakaanlah yang mengangkat saya”. Dari perpustakaan jugalah, lahir karya-karya awalnya, cerpen, novel yang menjadi langkah awal kariernya sebagai penulis.

Baca juga : 7 Ciri-ciri Entrepreneur Yang Sukses dan Berhasil

4. Bill Gates Pendiri Microsoft tak Lulus Hardvard

bill gates
Sumber : Twitter.com

Siapa sih yang nggak kenal Bill Gates, pemakain komputer mana sih yang nggak pernah mendengar Microsoft. Yup… Micorsoft sudah sangat fenomenal dan menjadi bagian dari keseharian manusia. Sebagian besar sistem operasi komputer saat ini adalah buatan Microsoft.

Namun taukah Anda jika Bill Gates, sang pendiri kerajaan Microsoft tak lulus kuliah? Bill mengenal komputer pada umur 13 tahun (1968) saat ia sekolah di Lakeside School. Dan dengan cepat menguasai program basic. Makin hari ia makin tertarik dengan membuat program hingga akhirnya pada 1976, ia bersama Paul Allen dan teman-teman lainnya mendirikan Microsoft.

5. Walt Disney

Penggemar Disney mana yang tak kenal dengan Walt Disney? Dunia sudah sangat mengenal siapa tokoh yang satu ini. Tetetapi, masih banyak juga yang belum mengetahui pendidikan dari pria pendiri Disney ini. Walt Disney ternyata tak tamat SMA. Sejak kecil, Walt sudah menunjukkan bakat menggambarnya, bahkan ia sudah bisa menjual sketsa gambarnya ke tetangga.

Walt tak tamat SMA karena ia memilih bekerja di Palang Merah dengan mencatut umur pada Perang Dunia I, Walt tahu betul bagaimana meningkatkan skill menggambarnya. Ia kerja di siang hari dan kursus di malam hari. Dari hobi itu, Walt bercita-cita menjadi seorang kartunis.

Tetapi tak mudah. Ia juga sempat dipecat dari tempatnya bekerja. Namun yang menarik adalah kemampuannya dalam belajar dari kesalahan. “Ke manapun saya pergi, saya selalu memikirkan mengapa kesalahan itu terjadi, dan bagaimana memperbaikinya.”

6. James Cameron

james cameron
Sumber : Twitter tips suk

Penggemar film mana yang tak kenal yang satu ini? James Cameron, sutradara kelahiran Kanada ini selalu berhasil membuat filmnya “meledak” di pasar dunia. Film-filmnya sangat luar biasa dan masuk dalam jajaran terbaik yang pernah ada. Sebut saja Titanic (1997) dan Avatar (2009). Mungkin banyak yang mengira kalau James Cameron adalah seorang yang kuliah di jurusan Teknologi Film. Namun ia kuliah justru di jurusan Psikologi.

Ia kuliah di Fullerton College jurusan Psikologi. Namun, ia justru lebih banyak ke perpustakaan di University Of Southern California. Jelas ia membaca lebih banyak tentang ilmu untuk industri film. Namun, James tidak langsung terjun ke dunia film. Ia lebih dulu di drop out dari universitasnya, lalu ia kerja serabutan. Bahkan, ia pernah juga jadi supir truk. Lama  kelamaan minatnya muncul untuk terjun ke dunia film.

7. Michael Dell

Penggemar komputer mana yang tak kenal Michael Dell, orang hebad dan sukses pemiliki Dell. Dalam jajaran pengusaha komputer papan atas namany juga tak bisa dipisahkan. Michael Dell adalah seorang pemilik perusahaan komputer yang bernama Dell. Yup diambil dari namnya Michael Dell. Sama halnya dengan pengusaha TI terkenal lainnya, Dell juga seorang yang drop out dari college setelah hanya kuliah selama satu tahun.

Ia kuliah hanya untuk menjadi seorang penjual komputer. Namun siapa sangka, meskipun ia hanya penjual komputer namun mampu menjadi orang hebat dan sukses dengan mendirikan perusahaan Dell Company yang menjadi salah satu perusahaan komputer tersukses yang pernah ada di Amerika Serikat. Satu hal yang tidak bisa dihlangkan adalah bahwa Dell belajar komputer secara otodidak.

Baca juga : Ciri-ciri Manajer Yang Baik dan Profesional

Sumber: Helianthusinfri, Jefferly. 22 Otodidak Sejati. 2011

(Cinthia Morris S.)

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang