fbpx

7 Rekomendasi Novel Boy Candra Terbaik

rekomendasi buku novel boy candra

7 Rekomendasi Novel Boy Candra Terbaik– Ada yang demen dengan bacaan novel? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan novel Boy Candra. Dia adalah salah satu penulis novel romantis yang pastinya kamu sudah tidak asing. Mungkin pula kamu salah satu pengemar beratnya.

Pastinya setiap penulis memiliki gaya dan karakteristiknya sendiri-sendiri setiap kali menuliskan novelnya. Nah, novel karya Boy Candra ini novelnya isinya melankolis. Jadi pada kesempatan kali ini kita tidak akan mengulas tentang biografi lelaki kelahiran 21 November 1989, tetapi akan mengulas beberapa karyanya yang cukup popular.

Kepopuleran novel-novel karya Boy Candra ini sampai di buat film loh. Barangkali kamu salah satu penikmat yang juga ikut melihat dan menontonnya. Atau mungkin kamu ketinggalan info nih? Nah, langsung saja kita simak beberapa novel Boy Candra.

7 Rekomendasi Novel Boy Candra Terbaik

1. Dongeng-dongeng yang Tak Utuh

dongeng yang tak utuh
Sumber : Tokopedia – Bukuplus.id

Judul dongeng-dongeng yang tak utuh ini memang bukanlah sebuah novel, melainkan antologi puisi. Meskipun ini sebuah antologi, jangan bayangkan isinya seperti antologi puisi yang datar dan monoton. Melain ini antologi puisi yang sangat menyentil kesensitifan kamu.

Kenapa? Karena Boy Candra memang mengemas menggunakan diksi, majas dan irama yang baik. Kelebihan dari buku ini, siapapun orangnya dijamin akan bisa menikmatinya. Jadi jangan bayangkakn buku kumpulan puisi seperti pada umumnya. Nilai dan pesan sastra pada kumpulan puisi ini sangat terasa sekali.

Salah satu kutipan puisi tersebut sebagai berikut Tuhan juga menciptakan surge di kedua tatap matamu dan di semua bentuk ketidakwarasanku terhadap kamu. Aku adalah pelukan hangat yang bisa kamu ubah menjadi pipih yang basah, yang pada akhirnya akan patah” dari sedikit kutipan tersebut sudah dapat kamu rasakan pemilihan kalimat dan diksi yang apik dan seolah kamu sedang tidak membaca kumpulan puisi.

Kepiawaian dalam pemilihan bahasa di Novel Boy Candra ataupun di kumpulan puisinya inilah banyak potongan kata darinya yang tersebar di quote-quote mbah Google. BUkunya bun tidak hanya bertemakan kehidupan anak remaja, tetapi juga ada banyak tema, misalnya tema keluarga, tema pertemanan, sosial dan masih banyak lagi tentunya.

2. Surat Kecil Untuk Ayah – Novel Boy Candra

surat kecil untuk ayah
Sumber : prelo.co.id

Novel berjudul surat kecil untuk ayah merupakan novel yang menceritakan sosok ayah yang mampu memberikan panutan dan contoh. Menceritakan sosok sang ayah yang tidak hanya sebagai tulang punggung, tetapi sebagai sosok pelindung keluarga sekaligus menjadi seorang teman kala suka dan duka.

Konflik dari novel ini adalah saat peran seorang ayah pun memiliki keterbatasan dan manusia biasa. Dimana ada keinginan yang belum terpenuhi dan ingin tergapai. Maka apakah ayah akan tetap menjadi pahlawan keluarga? Atau sebaliknya?

3. Pada senja yang Membawamu Pergi

pada senja yang membawamu pergi
Sumber : Godreads.com

Buku berjudul Pada senja yang membawamu pergi ini adalah novel Boy Candra yang tidak kalah popular. Buku ini bisa dibilang novel percintaan. Menceritakan kisah perjalanan cinta dari seorang mahasiswa semester 7 di Universitas Padang. Gian itulah nama si tokoh utama. Kisah perjalanan Cinta Gian yang dibina selama dua tahun akhirnya kandas.

Dari sekilas cerita paragraph di atas tampak biasa saja. Tetapi jika langsung membaca novelnya sangat menarik. Tidak hanya menarik dari konflik ceritanya, tetapi dari segi diksi pun juga menarik. Ada satu kalimat yang menurut saya menarik dari novel satu ini, yang isinya sebagai berikut “malam dan kenangan sering membuat sebuah bentuk rindu yang seharusnya tidak kuulang, meringis tajam di dadaku”

Coba dari petikan kalimat di atas sudah dapat dibayangkan isi novel tersebut akan seperti apa bukan. Hal menarik dari buku satu ini tidak hanya melulu soal percintaan. Tetapi pesan moral yang disampaikan di sana juga menekankan persahabatan yang begitu kental dan pastinya pesan moral yang ingin disampaikan penulis semuanya menarik.

Baca juga : Biografi Andrea Hirata: Penulis Novel Laskar Pelangi

4. Setelah Hujan Reda – Novel Boy Candra

setelah hujan reda
Sumber : Tokopedia

Novel yang berjudul setelah hujan reda menceritakan berbagai macam cinta. Jika selama ini kita selalu fokus pada cinta sepasang kekasih bukan? Nah di novelnya kali ini fokus Boy Candra cinta yang digambarkan lebih luas. Tidaknya menceritakan cinta sepasang kekasih saja, tetapi juga cinta orangtua, cinta persahabatan. Jadi konsep percintaan di dalam buku ini adalah kumpulan cerita yang tetap menarik dibaca.

5. Origami Hati – Novel Boy Candra

novel origami hati boy candra
Sumber : elevania.co.id

Novel boy candra yang tidak kalah keren adalah Origami Hati. Nah, novel satu ini memang penulis sering dengar dan lihat, dan ternyata karena memang buku ini adalah buku best seller yang memiliki reaksi dan antusiasme besar dari masyarakat.

Sesuai dengan judulnya, buku novel origami hati menceritakan kisah percintaan dan persahabatan. Sebuah novel tidak asik dan seru jika tidak ada konfliknya bukan? Maka di dalam novel yang satu ini sengaja membumbui dengan konflik pengkhianatan. Memang novel best seller ini bukan menceritakan orang kisah orangtua, tetapi menceritakan seorang anak remaja.

Salah satu kelebihan buku ini ditulis menggunakan bahasa ringan, dan pastinya “aku banget”. Karena atas dasar senasib atau memiliki kisah yang banyak dirasakan inilah yang menyebabkan buku ini pun akhirnya bisa diterima masyarakat dan menjadi best seller. Nah, di novel ini pun ada kalimat yang menarik, bukti pemilihan bahasanya memang asyik, sebagai berikut.

Janganlah kamu berpaling dan membuat kita menjadi orang asing yang tidak mengenal satu sama lain. Di bumi ini, ada banyak sekali orang yang bisa merebutmu”.  Masih ada lagi kata menarik yang ada di dalam novel ini “Satu hal yang aku percaya; saat kita terbangun dari tidur tiba-tiba ada seseorang yang pertamakali kita pikirkan, maka kita telah jatuh cinta pada orang itu

Tahukah kamu jika buku Origami Hati ini sebenarnya adalah buku pertama novel Boy Candra yang langsung meledak. Pertamakali di terbitkan di tahun 2013. Setelah buku pertamanya inilah, lahir novel-novel lainnya. Seperti Catatan Pendek untuk cinta yang panjang (2015), Setelah hujan reda (2014), senja, cerita yang telah usai dan hujan yang ketiganya di terbitkan di tahun 2015.

6. Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

catatan penduk untuk cinta yang panjang
Sumber : Goodreads.com

Novel Boy Candra yang tidak kalah saru adalah berjudul catatan pendek untuk cinta yang panjang. Novel ini masih menceritakan tentang dunia percintaan. Menceritakan sebuah persahabatan yang akhirnya persahabatan mereka menjadi sepasang kekasih.

7. Satu Hari Di 2018 – Novel Boy Candra

satu hari di 2018
Sumber : mediakita.com

Novel Boy Candra yang masih berbau percintaan adalah novel berjudul ‘satu hari di 2018’. Novel kali ini fokusnya masih dua percintaan, cocok buat kawula muda yang bucin (budak cinta) yang masih menikmati drama percintaan hingga nangis-nangis bombai. Nah, meskipun secara garis besarnya terkesan umum, tetapi kelebihan penulisan boy candra adalah mengemasnya dengan bahasa yang indah, sastranya kental terasa banget deh pokoknya.

Secara garis besar, buku ini menceritakan tentang pertemuan cinta dan akhirnya pertemuan itu pun harus dipisahkan. Nah, buku ini memang akan membuat kamu merasakan betul rasanya bagaimana dan seperti apa perih hati karena cinta. Pembaca siap-siap dengan tisunya nih.

Itulah beberapa rekomendasi novel boy candra yang direkomendasikan. Dari beberapa rekomendasi di atas, apakah kamu memiliki salah satunya? Atau mungkin justru memiliki semua novelnya? Wah, buat kamu pengemar Boy Candra jika memiliki semua karya novelnya luar biasa. Penggemar seutuhnya deh pokoknya.

Baca juga : 7 Rekomendasi Buku Novel Best Seller 2019

Atau mungkin kamu salah satu pembaca novel yang terinspirasi dan ingin menjadi seorang penulis seperti dirinya? Nah boleh dan sah-sah saja loh. Siapa tahu kamu bisa menjadi penulis, lebih dari penulis novel Boy Candra.

Tidak ada yang tidak mungkin, selama kamu menjalaninya dengan tekun dan disiplin. Karena Boy Candra pun mengawali menulis novel berawal dari passion menulis yang sudah disenanginya sejak SD loh. Tetapi baru tahun 2013 yang lalu namannya melonjak dan dikenal banyak pembaca.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang