45 Contoh Motto Pendidikan | Indonesia

contoh motto pendidikan
toko buku kuliah
Bagikan

Contoh Motto pendidikan inspiratif – kamu sekarang merasa bosan sekolah? Atau kamu sedang kehilangan semangat dan antusias belajar di sekolah? Jangan biarkan perasaan seperti ini terus terusan. Karena akan mempengaruhi prestasi kamu dalam belajar. 

Dalam rangka meningkatkan dan menjaga semangat belajar, bisa jadi karena kamu butuh asupan bacaan yang memotivasi dan inspiratif. Lalu bagaimana caranya? Membaca bukukah? Saya yakin kamu pasti malas juga membaca buku tebal seperti itu. 

Ada cara praktis untuk membangkitkan semangat belajar. Yaitu dengan membaca quote dan motto pendidikan inspiratif dari para tokoh yang memiliki pemikiran yang topcer. Cukup baca sepatah kalimat, tapi pesan yang terkandung cukup memompa semanga kamu dalam belajar.

Penasaran? Simak beberapa motto pendidikan inspiratif dan quote dari para tokoh yang saya rangkum dibawah ini. 

  1. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya. (Ki Hadjar Dewantara)
  2. Belajarlah dari masa lalu, hiduplah untuk hari ini, dan berharaplah untuk masa depan. Yang paling penting, jangan berhenti bertanya. (Albert Einstein)
  3. Berhenti Kutuki Kegelapan, Mulailah Nyalakan Lilin. (Anies Baswedan)
  4. Bermimpilah yang sebesar-besarnya, tapi bersegeralah untuk mengerjakan sekecil-kecilnya kebaikan yang terdekat. (Mario Teguh)
  5. Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali. (Tan Malaka)
  6. Definisi Kesepian Yang Sebenarnya Adalah Hidup Tanpa Tanggung Jawab Sosial. (Goenawan Mohamad)
  7. Hanya pendidikan yang bisa menyelamatkan masa depan, tanpa pendidikan Indonesia tak mungkin bertahan. (Najwa Shihab)
  8. Hidup hanya sekali hiduplah yang berarti (Ahmad Fuadi)
  9. Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa. (Seto Mulyadi)
  10. Jangan hanya sibuk menghitung hari, tapi buatlah hari-hari itu menjadi bermakna. (Muhammad Ali)
  11. Jangan Pernah Berhenti Bermimpi Karena Mungkin Suatu Saat Nanti, Mimpi Kalian Akan Jadi Kenyataan. (Bambang Pamungkas)
  12. Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya. (Pramoedya Ananta Toer)
  13. Jika kamu belum meraih kesuksesan, jangan pernah berhenti untuk terus mencoba. (William Edward Hickson)
  14. Jika kamu menghakimi orang, kamu tidak akan punya waktu untuk mencintai mereka. (Mother Teresa)
  15. Jika kamu tidak keras kepala, kamu akan mudah untuk menyerah. Jika kamu tidak fleksibel, kamu akan sulit menemukan solusi untuk masalah yang sedang kamu hadapi. (Jeff Bezosa)
  16. Jika tidak ada perjuangan, maka tidak akan ada kemajuan. (Frederick Douglas)
  17. Kadang-Kadang, Pilihan Terbaik Adalah Menerima. (Dewi Lestari – Rectoverso)
  18. Kamu bisa membayar orang untuk mengajar, namun kamu tidak bisa membuat mereka untuk peduli. (Marva Collins)
  19. Kamu Calon Konglomerat Ya? Kamu Harus Rajin Belajar Dan Membaca, Tapi Jangan Ditelan Sendiri. Berbagilah Dengan Teman-Teman Yang Tak Dapat Pendidikan. (Wiji Thukul)
  20. Kamu dapat mendidik dirimu sendiri secara langsung dari hubungan dengan Tuhan. (Tammy Faye Bekker)
  21. Keberanian bukan berarti tidak memiliki rasa takut, tetapi keputusan untuk melakukan hal lain yang lebih penting dari rasa takut. (Ambrosse Redmoon)
  22. Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan. (Oprah Winfrey)
  23. Kegunaan pendidikan adalah untuk mengajarkan seseorang untuk berpikir dengan intensif dan kritis. Kecerdasan dan karakter itulah tujuan pendidikan sesungguhnya. (Martin Luther King Jr)
  24. Kejeniusan tanpa pendidikan adalah ibarat perak di dalam tambang. (Benjamin Franklin)
  25. Kemajuan kita sebagai bangsa tidak bisa lebih cepat daripada kemajuan kita dalam pendidikan. Pikiran manusia adalah sumber daya fundamental kita. (John F. Kennedy)
  26. Kembangkan semangat belajar. Jika kamu melakukannya, kamu tak akan pernah berhenti tumbuh. (Anthony J. D Angelo)
  27. Kesuksesanmu Tak Bisa Dibandingkan Dengan Orang Lain, Melainkan Dibandingkan Dengan Dirimu Sebelumnya. (Jaya Setiabudi – The Power Of Kepepet)
  28. Kita diberi dua tangan, satu untuk menolong diri sendiri dan satu lagi untuk menolong orang lain. (Audrey Hepburn)
  29. Mengapa dunia ini begini penuh iga manusia busuk? Hanya karena mau hidup lebih sejahtera dari yang lain? Apakah kesejahteraan hidup sama dengan kebusukan buat orang lain? Alangkah sia-sia pendidikan orangtua kalau demikian. Alangkah sia-sia pendidikan agama. Alangkah sia-sia guru dan sekolah-sekolah. (Pramoedya Ananta Toer)
  30. Menjadi Diri Sendiri Adalah Solusi Jika Lo Merasa Jalan Di Tempat, Karena Nggak Ada Yang Bisa Lo Andalkan Selain Diri Lo Sendiri. (Kemal Palevi)
  31. Pendidikan adalah pembelajaran diri, yang bahkan kamu tak tahu bahwa kamu tak tahu.( G.K Chetestron)
  32. Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia. (Nelson Mandela)
  33. Pendidikan adalah senjata, yang efeknya tergantung pada siapa yang memegang di tangannya dan pada siapa itu ditujukan. (Joseph Stalin)
  34. Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong, pendidikan merupakan proses menyalakan api pikiran. (W.B Yeats)
  35. Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir. (Ki Hadjar Dewantara)
  36. Pendidikan merupakan hiasan kemakmuran serta tempat perlindungan dalam kesulitan. (Aristotle)
  37. Pendidikan merupakan penemuan progresif atas sebuah kebodohan diri sendiri. (Will Durant)
  38. Pengetahuan adalah senjata yang paling hebat untuk mengubah dunia. (Nelson Mandela)
  39. Perubahan tidak akan pernah terjadi jika kita terus menunggu waktu atau orang yang tepat. Kita adalah perubahan itu sendiri. (Barack Obama)
  40. Sebuah mimpi dapat terwujud bukan karena keajaiban, melainkan karena keringat dan kerja keras. (Colin Powell)
  41. Semakin tinggi mimpi yang kamu punya, semakin besar pencapaian yang akan kamu dapat. (Michael Phelps)
  42. Semua Pertanyaan Selalu Berpasangan Dengan Jawaban. Untuk Keduanya Bertemu, Yang Dibutuhkan Cuma Waktu. (Dewi Lestari – Supernova, Partikel)
  43. Tanpa keyakinan kuat, seseorang akan selalu gagal. (Malcolm X)
  44. Terkadang Aku Ingin Mengintip Takdirku Agar Hidupku Lebih Terencana. Tapi Aku Baru Sadar, Tuhan Menyimpan Takdir Untuk Kejutan. (Clara Ng)
  45. Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan. (Tan Malaka)

Itulah motto pendidikan yang bisa memberikan semangat buat kamu dalam belajar. Semoga setelah membaca kumpulan motto dan quote ini semakin mengarahkan kita untuk tidak sekedar belajar mencari ijazah/gelar, tetapi belajar karena haus akan ilmu pengetahuan.

Baca juga

Belajar jualan online
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang