flash sale toko buku deepublish

55 Motto Hidup Mahasiwa Terbaik dan Menginspirasi

contoh motto hidup mahasiswa
toko buku kuliah

55 Contoh Motto Hidup Mahasiswa – Menjelang semester akhir, apa yang paling menyibukkan dan memusingkan untuk mahasiswa? Ya, benar sekali! Skripsi.

Seumpama gerbang terakhir menuju kelulusan. Skripsi adalah tugas akhir yang harus dibuat mahasiswa agar bisa wisuda. Bila tidak berhasil melewati proses pembuatan skripsi, makin lama mahasiswa berada di kampus karena tak kunjung lulus.

Sementara itu menulis skripsi membutuhkan waktu. Prosesnya tidak bisa sekejap mata. Mahasiswa harus menyiapkan semua data dan informasi untuk menulis setiap bab. Seperti yang kita ketahui, di dalam skripsi terdapat banyak bab dan sub bab. Nah, salah satu bagian skripsi adalah lembar motto.

Di lembar inilah kamu menulis motto hidup. Tak jarang loh mahasiswa kesulitan menulis motto hidup. Apakah kamu juga kesulitan? Tenang, berikut ini adalah rekomendasi 55 motto hidup mahasiswa yang bisa kamu gunakan atau bisa menjadi inspirasimu.

Motto hidup mahasiswa di bawah ini beragam mulai dari makna hidup, pendidikan, dan perjuangan menggapai impian. Motto hidup tersebut dikemas dengan kata-kata penuh makna. Namun ada juga yang memakai kata-kata lucu. Bikin pembaca ketawa nggak berhenti-berhenti.

Kalau kamu, ingin membuat motto hidup yang seperti apa? Mau menampilkan kesan bijak, penuh makan, ceria, haru, atau lucu? 

Yuk, simak daftar motto hidup mahasiswa di bawah ini. Siapa tahu bisa menginspirasimu.

Baca juga : 50 Kata Bijak Gerakan Mahasiswa

Contoh Motto Hidup Mahasiswa dari Tokoh Terkenal

Tokoh terkenal dan terkemuka baik di Indonesia maupun dunia cukup sering dijadikan panutan. Sikap, Tindakan, hingga ucapan mereka tidak jarang menjadi contoh untuk orang lain. Ucapan mereka yang penuh makna biasanya dikutip dan dijadikan kalimat penyemangat. 

Nah, beberapa kalimat bijak dari tokoh-tokoh ini mungkin bisa menjadi sumber inspirasimu saat menulis motto hidup di lembar skripsi. Jangan-jangan kalimat di bawah ini menjadi kalimat penyemangat mu selama ini?

  1. Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving (Albert Einstein)
    Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, Anda harus terus bergerak
  2. Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia karena dengan pendidikan, Anda dapat mengubah dunia (Nelson Mandela)
  3. Hiduplah seolah engkau mati besok. Belajarlah seolah engkau hidup selamanya (Mahatma Gandhi)
  4. Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh (Albert Einstein)
  5. Adalah baik untuk merayakan kesuksesan tapi hal yang lebih penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan (Bill Gates)
  6. Berpikir adalah kegiatan tersulit yang pernah ada. Oleh karena itu hanya sedikit yang melakukannya (Henry Ford)
  7. Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersipakan dirinya sejak hari ini (Malcolm X)
  8. Pendidikan bukanlah proses mengisi wadah yang kosong. Pendidikan adalah proses menyalakan api pikiran (B. Yeats)
  9. Orang bijak belajar ketika mereka bisa. Orang bodoh belajar ketika mereka harus (Arthur Wellesley)
  10. Pendidikan setingkat dengan olahraga di mana memungkinkan setiap orang untuk bersaing (Joyce Meyer)
  11. Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun (Abigail Adams)
  12. Sometimes you find out what you are supposed to be doing by doing the things you are not supposed to be (Oprah Winfrey).
    Kadang-kadang Anda menemukan apa yang seharusnya Anda lakukan dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya Anda lakukan.
  13. Don’t just get involved. Fight for your seat at the table. Better et, fight for a seat at the head of the table (Barack Obama).
    Jangan hanya terlibat. Berjuang untuk kursi Anda di meja. Lebih baik et, berjuang untuk kursi di kepala meja.
  14. I encourage you to live with life. Be courage adventurous Give us a tomorrow, more than we deserve (Maya Angelou).
    Saya mendorong Anda untuk hidup dengan hidup. Jadilah berani petualang Beri kami hari esok, lebih dari yang pantas kami dapatkan.
  15. The old rules are crumbling and nobody knows what the new rules are. So make up your own rules (Neil Gaiman).
    Aturan lama sedang runtuh dan tidak ada yang tahu apa aturan baru itu. Jadi buat aturanmu sendiri.
  16. Jangan pernah berdebat dengan orang yang bodoh, karena orang lain yang melihat tidak akan bisa menebak siapa yang paling bodoh (Mark Twain)

Baca juga : Kata Bijak Mahasiswa Tingkat Akhir

Motto Mahasiswa dari Lirik Musik

Lirik music kadang menyimpan cerita dan pesan. Tidak hanya soal cinta, lirik musik juga menyinggung tentang kehidupan, perjuangan hidup, perjuangan mewujudkan impian, kesuksesan, kegagalan, dan sebagainya. 

Menulis motto hidup mahasiswa berdasarkan lirik musik bukan ide yang buruk. Kamu bisa mengutip lirik tersebut dan menuliskannya sebagai motto hidup. Kamu juga bisa mengutip lirik lagu penuh makna dari penyanyi favorit. Di bawah ini adalah contoh lirik lagu yang bisa kamu jadikan sebagai motto hidup. 

  1. Hiduplah seperti apapun yang kamu inginkan, ini adalah hidupmu. Berhentilah mencoba. Tdak apa jika gagal (Fire – Bangtan Boys/BTS)
  2. Jika kau tidak mampu terbang, maka berlarilah. Hari ini kita akan bertahan. Jika kau tak mampu berlari, maka berjalanlah (Not Today – Bangtan Boys/BTS)
  3. Even if you knock it, ain`t no way to stop it (Come & Get It – Selena Gomez).
    Bahkan jika Anda mengetuknya, tidak ada cara untuk menghentikannya.
  4. Everything you want is a dream away (Adventure of a Lifetime (Coldplay).
    Semua yang Anda inginkan hanyalah mimpi.
  5. Dont worry your pretty little mind, people throw rocks at things that shine (Ours – Taylor Swift).
    Jangan khawatirkan pikiran kecilmu yang cantik, orang-orang melempar batu pada hal-hal yang bersinar.
  6. When I say I’ma do something I do it, I don’t give a damn what you think, I’m doing this for me (Not Afraid – Eminem).
    Ketika saya mengatakan saya melakukan sesuatu, saya melakukannya, saya tidak peduli apa yang Anda pikirkan, saya melakukan ini untuk saya.
  7. When you worry you make it double. But don’t worry, be happy, be happy now (Don`t Worry Be Happy – Bobby McFerrin).
    Ketika Anda khawatir, Anda membuatnya menjadi dua kali lipat. Tapi jangan khawatir, berbahagialah, berbahagialah sekarang.

Motto Hidup Mahasiswa dari Film/Drama

Selalu ada kalimat menarik dan inspiratif dari sebuah film atau drama. Kamu gemar nonton film atau drama? Wah, pastinya kamu kerap menemukan kalimat-kalimat keren di dalam percakapan para tokoh di film. Kalimat tersebut mempengaruhi penonton dan tidak jarang berdampak positif terhadap penonton dalam menjalani hidup.

Nah, berikut ini adalah rangkuman kalimat menarik dari film dan drama. Kira-kira ada nggak nih kutipan dari film atau drama kesukaanmu?

  1. You have nothing to fear if you have nothing to hide (Pius Thicknesse – Harry Potter and The Deathly Hallows).
    Anda tidak perlu takut jika Anda tidak menyembunyikan apa pun.
  2. Fear is the path to the dark side. Fear leads to anger. Anger leads to hate. Hate leads suffering (Star Wars).
    Ketakutan adalah jalan menuju sisi gelap. Ketakutan menyebabkan kemarahan. Kemarahan mengarah pada kebencian. Kebencian menyebabkan penderitaan
  3. You don’t know how much you appreciate something until someone takes it away (Fast and Furious).
    Anda tidak tahu seberapa besar Anda menghargai sesuatu sampai seseorang mengambilnya.
  4. Today`s special moments are tomorrow`s memories (Aladdin 2 the Return of Jafar).
    Momen spesial hari ini adalah kenangan hari esok.
  5. Life is a journey to be experienced, not a problem to be solve (Winnie the Pooh).
    Hidup adalah perjalanan untuk dialami, bukan masalah untuk dipecahkan.
  6. Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu (Sang Pemimpi)
  7. Mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yang kamu mau kejar, biarkan ia menggantung, mengambang 5 centimeter di depan kening kamu (5 cm)
  8. Success doesn’t come for free (Coco).
    Sukses tidak datang secara gratis.
  9. It`s what you do right now that makes a difference (Black Hawk Down).
    Apa yang Anda lakukan sekarang yang membuat perbedaan.
  10. Don`t wait for things to get easier, simpler, better. Life will always be complicated. Earn to be right now. Otherwise you will run out of time (The Intouchables).
    Jangan menunggu hal-hal menjadi lebih mudah, lebih sederhana, lebih baik. Hidup akan selalu rumit. Hasilkan untuk menjadi sekarang. Jika tidak, Anda akan kehabisan waktu.
  11. You got a dream. You gotta protect it. People can`t do something themselves they wanna tell you `you can`t do it`. If you want something, go get it. Period. (The Pursuit of Happiness).
    Anda punya mimpi. Anda harus melindunginya. Orang tidak bisa melakukan sesuatu sendiri yang mereka ingin katakan Anda tidak bisa melakukannya. Jika Anda menginginkan sesuatu, dapatkanlah. Titik.
  12. Sejujurnya apa yang ingin kau lakukan dan bisa kau lakukan itu berbeda. Siapapun yang menyadarinya lebih dulu, akan berhasil di bidangnya (Fight for My Way)
  13. Life is too long. There are too many unwanted scenes (This is Mya First Life)
  14. To those living this moment, with all of my sincerity. I wish you the best of luck. Becauses this is everyone`s first life (This is My First Life)
  15. Dalam hidup kita belajar lebih banyak dari kegagalan daripada kesuksesan (Moorim School)
  16. Hiduplah berdasarkan kenyataan, jangan berdasarkan humor (Goblin)
  17. Keajaiban adalah nama lain dari kerja keras (To The Beautiful You)
  18. Belajarlah berdiri dengan kedua kakimu sendiri. Semua orang punya masalahnya masing-masing, maka kamu tidak bisa mengharapkan orang lain untuk menyelesaikan masalahmu (Weightlifting Fairy Kim Bok Joo)
  19. Jika kitaa bertemu rintangan yang harus kita lakukana dalah melintasinya. Rintangan berubah menjadi jembatan (Dream High)
  20. Masa kini juga anugerah. Aku tak akan mengisi masa dengan penyesalan lagi (Start Up)
  21. Yang terpenting, bukanlah seberapa besar mimpi kalian melainkan seberapa besar kalian mewujudkan mimpi itu (Sang Pemimpi – Andrea Hirata)

Motto Hidup Versi Diri Sendiri

Motto hidup di lembar skripsi juga bisa kamu buat sendiri loh. Motto tersebut dibuat berdasarkan pengalaman dan pikiranmu selama ini. Dengan memaknai perjalanan hidup yang ditempuh, kamu bisa membuat motto hidup versimu sendiri.

Melansir jogja.tribunnews.com, berikut adalah contoh motto hidup yang dibuat oleh mahasiswa:

  1. Life for reason and any reason I have is not to make me perfect but to make me myself.
    Hidup untuk alasan dan alasan apapun yang saya miliki bukanlah untuk membuat saya sempurna tetapi untuk membuat saya sendiri
  2. He always blessing everyone down here who believe Him with min, heart, and soul. And I believe He blessing me more than anyone else.
    Dia selalu memberkati semua orang di sini yang percaya kepada-Nya dengan min, hati, dan jiwa. Dan saya percaya Dia memberkati saya lebih dari siapa pun
  3. Kamu mungkin punya otak makanya bisa bilang aku goblok tapi kamu belum tentu punya hati makanya aku bisa kamu taik 
  4. Yakin adalah kunci jawaban dari segala permasalahan. Dengan bermodal yakin merupakan obat mujarab penumbuh semangat hidup
  5. Obat hati ada dua acara yang pertama jangan suka memanjakan diri sendiri dan yang kedua selalu lihatlah ke bawah

Ada juga motto hidup mahasiswa di lembar skripsi seperti di bawah ini:

  1. Skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai (Motto ini cukup terkenal di kalangan mahasiswa)
  2. Hidup terlalu pendek untuk dihabiskan dengan penderitaan
  3. Hidup adalah tentang menghimpun kegagalan-kegagalan dan dari san akita belajar
  4. Hidup sudah cukup menyakitkan. Mengapa harus susah-susah menambah masalah yang tidak perlu?
  5. Tidak apa-apa menyerah dan memperjuangkan sesuatu yang lain. Siapa mereka yang menentukan batas kemampuanmu? Padahal kamu adalah yang paling tahu batas kemampuanmu sendiri
  6. Kesuksesan tidak serta merta hadir hanya karena manusia berusaha. Namun bukan berarti pula kita tidak melakukan apa-apa. Selama masih bernafas, maka masih ada kehidupan. Selama ada kehidupan, maka masih ada harapan –sekecil apapun itu

Ingat ya, bila motto hidup mahasiswa yang kamu tulis merupakan kutipan yang diciptakan orang lain maka kamu harus menuliskan nama pembuatnya. Kata-kata tersebut bisa jadi menginspirasimu tapi kamu tidak bisa menjiplaknya. 

Apabila tidak ingin mengutip dari orang lain, kamu bisa membuat motto hidup versi kamu sendiri. Selamat membuat motto hidup mahasiswa!

Baca juga : Contoh Motto Skripsi Penuh Makna

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang