Logo Baru April

Apa itu Tilawah Al Quran? Naikkan Motivasi Tilawah

Buku Memotivasi Mahasiswa Tilawah Tetap Tekun
toko buku kuliah
Bagikan

Bagi umat muslim, tilawah Al Quran sudah menjadi kewajiban dan keharusan untuk mengimbangi kebutuhan rohani. Selain sebagai penyeimbang rohani, tentu saja ada banyak sekali manfaat tilawah. Sayangnya, karena kesibukan dan banyak alasan lain, banyak mahasiswa yang mulai banyak meninggalkan tilawah. 

Banyak mahasiswa yang meninggalkan tilawah dengan alasan karena tidak menemukan tujuan, dan alasan harus melakukan tilawah. Nah, mungkin ada diantara kamu yang sedang mencari alasan logis agar memiliki kesadaran melakukan tilawah dengan tekun? Sebelumnya, kenalan yuk definsi tilawah.

Apa itu Tilawah?

Secara umum, tilawah merupakan cara membaca Al-Quran dengan menampakkan dan melafalkan huruf-hurufnya denga jelas dan berhati-hati supaya lebih mudah untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an serta terhindari dari kesalahan.

Nah, dengan sifat yang jelas dan kehati-hatian ini biasanya pembacaan ayat Al Quran tidak terlalu cepat temponya dan lebih pelan serta lebih dinikmati.

7 Keutamaan Tilawah Al Quran

Berikut ini merupakan 7 keutamaan tilawah Al Quran bagi yang melakukan dan menjalankannya secara istiqomah.

  1. Ibadah
  2. Petunjuk melalui makna dan tafsinya
  3. Tidak ada Keburukan di Dalam Alquran
  4. Amal Perbuatan yang Sebaik-Baiknya
  5. Penolong di Hari Kiamat
  6. Terangkatnya Derajad
  7. Diberikan Rahmat Allah SWT

Review Buku Motivasi Mahasiswa

Buku berjudul Memotivasi mahasiswa tilawah tetap tekun karya Sirlyana dan Muhammad Arif inilah jawabannya. Di buku akan disampaikan beberapa bab. Di bab pertama, kamu akan mengenal sejarah Al-Quran. 

Mempelajari sejarah Al-Quran diharapkan bisa mendorong agar lebih memahami dan terbuka hati tentang kehadiran Al-Quran. Di bab ini kamu pun juga akan diantarkan menelisik hukum tilawah Al Qur’an bagi umat Islam. 

Dilanjutkan di bab dua, kamu akan diajarkan bagaimana membaca kitab suci Al-Quran. Nah, buat kamu yang memiliki keluhan tidak pernah khatam setiap kali membaca Al-Qur’an, di bab ini kamu akan temukan jawabannya. atau mungkin kamu merasa bahwa setiap kamu membaca Al-Quran kurang menjiwai? 

Salah satu cara agar bisa menjiwai adalah membaca sambil memahami arti bacaan Al-Quran, dan mempelajari isi dan ilmu dari Al-Quran. Nah, tips, jika ingin mengkaji isi dan ilmu Al-Quran wajib berguru dengan ahli tafsir. Karena mempelajari dan menginterpretasi arti AL-Quran sendiri gurunya adalah setan. 

Daftar Open Reseller

Mengapa Mahasiswa Harus Tilawah?

Pentingnya mahasiswa mengikuti tilawah, karena keimanan seorang mahasiswa masih rapuh, dan sering naik turun. Padahal keimanan menjadi pondasi dalam menjalankan segala ibadah kepada Allah SWT bagi Pemeluk Agama Islam. Untuk menjaga keimanan salah satunya dengan rutin tilawah. 

Berbicara tentang konsep keimanan yang dimiliki oleh seorang muslim bisa terjadi karena bertambah karena ketaatan dan berkurang karena kemaksiatan yang dilakukan. Itu sebabnya penting untuk menjaga keimanan dengan mengerjakan amal saleh dan menjauhi semua maksiat. 

Tilawah dan Petunjuk

Semakin banyak membaca tilawah, maka akan menuntun hati seseorang hamba untuk semakin meyakini keimanannya terhadap Allah SWT dalam kehidupannya. Itulah yang harusnya dimotivasi kepada diri setiap mahasiswa muslim dimanapun berada termasuk Anda yang membaca buku ini. 

Buat kamu yang merasa dan sering merasakan was-wasan, kamu bisa menghilangkannya dengan tilawah. Karena rasa was-was munculnya dari Setan, dan setan dapat diusir dengan membaca Al Quran. Membaca tilawah secara tidak langsung akan membentuk akhlak. 

Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam diri manusia dan bisa bernilai baik atau bernilai buruk. Manusia akan menjadi sempurna jika mempunyai akhlak terpuji serta menjauhkan segala akhlak yang tercela. Dan ini dapat kamu temukan jika telah membaca arti surat-surat di Al-Wuran yang menceritakan tentang umat terdahulu dan juga suri tauladan dari masing-masing rasul yang ada di zamannya. 

Buku setebal 83 halaman ini sangat direkomendasikan untuk mahasiswa yang merasa hampa, kosong dan merasa hilang arah tujuan. Salah satu mengisi jiwa yang hambar dengan membaca tilawah. Karena setiap huruf dalam al-qur’an bersifat Syifa atau obat bagi yang sakit. Baik itu sakit secara rohani maupun jasmani.

promo 8.8

Meskipun buku ini bukanlah buku fiksi, buku ini tetap menarik dan enak untuk dibaca. Pemilihan bahasanya sederhana, sehingga mudah dipahami dan dicerna. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mendapatkan buku ini, bisa langsung dapatkan di website resminya, toko buku online Deepublish.

Spesifikasi Buku

Judul BukuMemotivasi Mahasiswa Tilawah Tetap Tekun
Penerbit BukuDeepublish 
PenulisDra. Hj. Sirlyana, M.P. & Muhammad Arif, S.T., M.T.
ISBN978-623-02-4497-1
Ukuran14×20 cm
Halamanx, 83 hlm
Tahun2022
Pembelian BukuBeli Sekarang

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :
Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022