Logo Baru April

Motivasi Sholat 5 Waktu: Review Buku

memotivasi mahasiswa sholat semakin semangat
toko buku kuliah
Bagikan

Meskipun sholat menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Ternyata banyak yang mengaku muslim dan tidak menjalankan sholat. Alasannya pun beragam, ada yang islam KTP, ada yang memang kesibukan dan masih banyak alasan lagi. 

Loh, padahal meninggalkan solat hukumnya dosa? Yap, benar sekali. Secara teori demikian. Namun yang terjadi dilapangan, meninggalkan dosa bukan sesuatu yang berat. Satu sisi, itu juga hak masing-masing orang. 

Sementara, bagi sebagian orang yang memiliki kesadaran yang tinggi memiliki hati dan pikiran yang baik, akan menjaga betul solat. Rata-rata orang yang tidak meninggalkan sholat adalah mereka yang tahu ilmu agama dengan baik. 

Mereka tahu bahwa meninggalkan shalat memiliki konsekuensi yang tidak ringan. Sesungguhnya orang yang sengaja tidak shalat sedang menghancurkan imannya dan dianggap telah menjadi kafir. Nah, berbicara tentang sholat, buku karya Muhammad Arif dan Sirlyana, berjudul motivasi mahasiswa sholat semakin semangat ini sangat menarik. 

Buku yang didedikasikan untuk mahasiswa yang masih dalam mengenal, belajar dan malas sholat menjadi lebih sadar diri. Sebagai buku motivasi, buku ini memang dikemas lebih ramah. Isi buku juga tidak menyalahkan kenapa tidak sholat kenapa tidak ini dan kenapa tidak itu. 

Karena sifat buku ini adalah buku bacaan tentang sholat, maka isinya pun tidak jauh-jauh dari seputar solat. Buku setebal 69 halaman ini dibagi ke dalam enam bab. Selain mengulas dasar hukum perintah sholat, akan diulas ula tentang kenapa masih malas sholat. 

Nah, bab ini disebutkan ada empat alasan kenapa malas menjalankan sholat. Diantaranya karena masih mengenal islam hanya Islam di KTP dan belum belajar sholat. Ada juga yang berdalih karena sibuk dengan urusan lain, misal dikejar deadline, banyak proyek dan masih banyak hati. Alasan ketiga, karena hati yang belum mendapat hidayah. 

Ternyata tidak hanya orang non muslim yang belum mendapatkan hidayah jadi muslim. Sudah menjadi seorang muslim pun bisa belum mendapatkan hidayah. Spesifiknya pun beragam, salah satunya belum mendapatkan hidayah menjalankan sholat. Dan alasan umum yang lain, karena menuruti godaan setan. 

Tidak banyak yang tahu, sholat itu tidak sekedar sujud di hadapan Allah. Ternyata setiap gerakan sholatnya pun ada manfaat yang akan kamu rasakan loh. di buku ini terbitan Deepublish ini menyebutkan ada beberapa manfaat diantaranya, mendapatkan ketenangan jiwa, menjadi pribadi bertakwa dan masih banyak lagi. 

Bahkan dalam perspektif lain, sholat juga sebagai olahraga yang dapat menyehatkan fisik kita sekaligus melatih kemampuan konsentrasi. 

Karena hukum sholat wajib, maka setiap hamba berupaya agar bisa sholat secara khusuk. Pertanyaannya adalah, bagaimana sih melatih agar bisa sholat khusuk? Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantarannya memahami tujuan sholat, membenahi motivasi sholat dan membiasakan diri untuk melatih sholat secara khusuk. 

Tidak semua orang memiliki dorongan, kesadaran terhadap sholat. Sementara ada sebagian orang yang sadar akan kewajiban sholat dan menjadikan itu menjadi bagian hidupnya. Maka aka nada banyak hal yang akan dirasakan jika meninggalkan sholat. 

Misalnya merasa berdosa setiap kali meninggalkan sholat, takut cemas karena merasa mengesampingkan Allah. Tidak hanya itu, ada juga sebagian orang yang bisa menjalankan sholat, bisa karena merasa dirinya banyak dosa. Agar tidak menambah dosa, menjalankan kewajiban shalat adalah salah satu bentuk usaha. 

Buku ini sangat direkomendasikan buat kamu yang belajar tentang sholat. Baik yang sudah menganut agama islam lama maupun bagi mualaf. Di buku ini juga akan dijelaskan secara singkat sejarah turunya sholat dan masih banyak lagi.

Judul bukuMotivasi mahasiswa sholat semakin semangat 
PenerbitDeepublish 
PenulisMuhammad Arif dan Sirlyana 
Jumlah halamanx, 73 hlm 
Ukuran buku14×20 cm 
ISBN978-623-02-3787-4
Cetakan pertamaNovember 2021
Link PembelianBeli Buku

Baca juga : 17 Rekomendasi Buku Agama Islam

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :