fbpx
flash sale toko buku deepublish

Cara Membangun Motivasi Mahasisawa Baru Supaya Berprestasi

motivasi mahasiswa baru
toko buku kuliah

Cara Membangun Motivasi Mahasiswa Baru Supaya Berprestasi – Motivasi mahasiswa baru. Fase perpindahan dari siswa sekolah menjadi mahasiswa adalah fase yang tidak semua orang dapat merasakan. Kuliah memang pilihan, maka menjadi mahasiswa adalah sebuah keberuntungan. Ada banyak hal yang dapat kamu eksplore ketika menjadi mahasiswa baru.

Semangat motivasi mahasiswa baru biasanya masih tampak di semester awal. Dimana para mahasiswa dapat mengenal banyak teman-teman dari berbagai jurusan kuliah. Semangat ini seharusnya dapat dibawa para mahasiswa sampai semester akhir. Motivasi mahasiswa baru haruslah tetap berkobar sampai mereka lulus menjadi sarjana. 

Sebab tidak sedikit yang akhirnya menyerah di tengah jalan, memilih tidak menuntaskan. Maka setiap mahasiswa membutuhkan dorongan motivasi supaya dapat belajar dengan semangat dan dapat lulus tepat waktu.

Cara Membangun Motivasi Mahasisawa Baru Supaya Berprestasi

motivasi untuk mahasiswa baru

Nah berikut ini beberapa poin motivasi mahasiswa baru yang bisa kamu terapkan. 

1. Ubah Perspektif

Kebiasaan mahasiswa yang kerap terjadi adalah malas mengerjakan tugas. Sejak di bangku sekolah, kita memang sudah terbiasa dengan pekerjaan rumah.

Nah di bangku perguruan tinggi bukan berarti kita bebas dari tanggung jawab pekerjaan rumah. Justru sebaliknya, kamu harus melihat perspektif lain dari adanya tugas ini. Apalagi saat kuliah, mata pelajarannya lebih spesifik sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. 

Jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang sukses, maka kamu harus mulai mengubah perspektif. Kamu tidak bisa membentuk pondasi untuk pengetahuan di masa depanmu dan keterampilan tanpa mengerjakan pekerjaan rumah, tidak peduli seberapa tidak bergunanya PR itu kelihatannya.

Bahkan, topik-topik yang tidak membangkitkan sedikit daya tarik pun tetap penting, walaupun sekedar untuk pengetahuan umum dan pengembangan sebagai pribadi. 

Jika kamu tidak menyukai aljabar, kamu mungkin akan mengerti pentingnya hal ini ketika menyadari bahwa ini merupakan dasar dari ekonomi, bisnis, sains, dan  itu bidang studi lainnya.

Ketika berbicara tentang PR bahasa Inggris, kamu perlu memahami bahwa penulisan makalah merupakan keterampilan yang penting untuk dipelajari jika kamu ingin menjadi mahasiswa yang sukses di perguruan tinggi. 

2. Jadilah Ahli di Salah Satu Bidang

Tidak ada mahasiswa yang benar-benar suka dengan semua mata kuliah. Pastinya setiap orang lebih unggul dalam beberapa bidang. Yang perlu kamu lakukan adalah fokus sedikit lebih banyak pada bidang yang sangat kamu sukai, dan bersikap serius untuk mempelajarinya lebih lanjut.

Mungkin kamu bisa memulai sebuah blog yang terkait dengan bidang yang kamu sukai atau gemari dan menjadi ahli dalam bidang tersebut. Lakukan penelitian lebih mendalam, jangan malu untuk terlibat dan menikmati bidang yang kamu minati.

Namun, hal ini tidak harus membuatmu mengabaikan pekerjaan rumah lain yang kamu miliki; pada kenyataannya, justru pekerjaan rumah yang tidak kamu minati akan membantumu menjadi lebih toleran terhadap topik yang tidak terlalu menarik bagimu. Anggap topik yang kurang kamu sukai sebagai “batu loncatan pendukung” untuk jalur karirmu di masa depan nanti.

3. Jangan Takut Persaingan – Motivasi Mahasiswa Baru

Kamu tidak perlu menjinakkan semangat kompetitif. Bahkan, hal ini sebenarnya dapat membantumu menjadi seorang mahasiswa yang lebih rajin dan senang saat melakukan pekerjaan rumah dan membuat prestasi yang lebih baik,daripada mahasiswa lainnya di kelas. Menjadi kompetitif bukan berarti kamu harus menjadi teman sekelas yang tidak disukai mahasiswa lain.

Kamu dapat bergabung dengan satu atau dua teman dan menginspirasi satu sama lain untuk berbuat lebih baik dalam semua mata pelajaran. Persaingan yang sehat dapat menjadi motivasi yang sangat inspiratif, jika kamu tahu bagaimana mendekatinya. 

4. Apresiasi Dapat Memotivasi 

Jika proyek ilmiah besar memberikanmu masalah, dan kamu bahkan tidak bisa cukup termotivasi untuk memulainya, kamu harus membuat rencana dan membagi seluruh proses menjadi beberapa langkah yang lebih kecil.

Ambil setiap langkah dan ubahlah menjadi target, memiliki gambaran besar di depanmu setiap saat.

Pastikan mengatur tenggat waktu untuk setiap langkah dan apresiasi diri kamu sendiri dengan perlakuan kecil atau istirahat sejenak setelah berhasil di setiap target. Ketika kamu berfokus pada hadiah, kamu akan termotivasi untuk melakukan segalanya dengan benar.

Baca juga : Arti Mahasiswa Yang Sesungguhnya, Pantaskah Kamu?

5. Bangun Koneksi Luas – Motivasi Mahasiswa Baru

Motivasi mahasiswa baru berprestasi dapat dibangun dengan koneksi luas. Ya, saat-saat berkuliah adalah saat yang paling penting untuk membangun koneksi dengan berbagai tipe manusia, yang berbeda-beda program studi, suku, ras, agama, dan golongan. Dari bangku kuliah, Anda harus pandai menjaga hubungan dengan orang lain sehingga nama Anda dikenal sebagai nama orang yang dikenal dengan reputasi baik.

Membangun koneksi mungkin belum begitu terasa manfaatnya saat di masa-masa kuliah, namun ketika lulus nantinya, ternyata koneksilah yang bisa membuat seseorang bisa berkontribusi besar bagi masyarakat.

Rata-rata mahasiswa berprestasi pasti memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman, senior, serta dosen. Dari hubungan yang baik dengan semua orang inilah mahasiswa juga bisa direkomendasikan menjadi mapres.

Membangun koneksi jika perlu dilakukan pula hingga mencapai perguruan tinggi lain melalui berbagai konferensi, seminar, atau lainnya, sehingga semakin besar kesempatan untuk belajar dan lebih banyak orang yang mengenal Anda.

6. Asah Kemampuan yang Tidak Diwajibkan

Selain mengejar nilai akademik, motivasi mahasiswa baru berprestasi yakni harus mampu mengasah sendiri kemampuan-kemampuan selain akademik yang tidak diajarkan dalam mata kuliah. Contohnya adalah:

  • mempelajari bahasa asing (otodidak atau kursus) hingga lancar bercakap-cakap
  • mengikuti berbagai lomba terkait program studi Anda
  • mengikuti kursus kepemimpinan atau kewirausahaan

Kemampuan ini sebetulnya tidak akan diujikan, namun akan membuat pengalaman berkuliah menjadi lebih kaya, sehingga ketika lulus nantipun Anda tidak hanya mendapatkan nilai yang baik, namun juga berbagai kemampuan tambahan yang diperlukan untuk bersaing di era global ini.

7. Punya Tujuan Jelas – Motivasi Mahasiswa Baru

Motivasi mahasiswa baru yang berprestasi, biasanya ketika mereka ditanya soal tujuan, mereka dapat menjelaskan dengan jelas. Misalnya seperti pertanyaan mengenai apa kesibukannya saat ini, apa yang ingin diraihnya dalam tahun berikutnya kuliah, bahkan apa yang ingin dilakukannya setelah lulus kuliah.

Oleh karena itu, selagi masih menjadi mahasiswa baru, cobalah untuk memikirkan dengan sungguh-sungguh tujuan Anda berkuliah, sehingga dapat menentukan target yang juga konkret dan dapat diraih.

Belajarlah dari mahasiswa berprestasi tahun sebelumnya bagaimana menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin timbul selama mencoba meraih target dan tujuan tersebut.

8. Berpikiran Terbuka

Salah satu motivasi mahasiswa baru yang tidak boleh ketinggalan adalah memiliki pikiran terbuka. Maksudnya, mahasiswa dapat diajak diskusi mengenai berbagai hal.  Jika kamu ingin menjadi mahasiswa berprestasi, banyak-banyak pula berdiskusi, tidak hanya dengan teman, namun juga dengan dosen dan seluruh civitas akademika di perguruan tinggi.

Berdiskusi akan membuka pemikiran-pemikiran baru dan membuat seseorang lebih hidup menjalani dunia perkuliahan. Dengan pikiran terbuka, tentunya ilmu juga lebih mudah masuk.

Baca juga : 50 Kata Bijak Gerakan Mahasiswa

Jadilah mahasiswa yang mampu menerima pujian tanpa meninggikan diri sendiri, dan terima pula kritikan orang lain sebagai keuntungan untuk memperbaiki diri lebih baik lagi.

Tidak perlu sakit hati jika ada yang berkomentar tentang kamu yang terlalu ambisius mengejar predikat mahasiswa berprestasi, anggap saja mereka bertindak demikian karena merasa malu tidak memiliki semangat sebesar dirimu.

Temukan berbagai sumber literasi menarik terkait dengan motivasi dan self improvement melalui buku-buku di Penerbit Deepublish dalam kategori BUKU MOTIVASI.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :