Logo Baru April

Mosi Debat Serta Peran Tim Kontra dan Tim Pro

pengertian mosi debat
toko buku kuliah
Bagikan

Artikel ini akan membahas pengertian mosi debat secara mendalam sampai pada peran tim pro terhadap mosi debat dan contohnya secara lengkap. Siapa disini yang ingin tau semua bahasan diatas? Yuk, baca sampai selesai ya.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk memahami kasus-kasus yang terjadi di sekitar kita, salah satunya adalah dengan melakukan debat.

Debat dapat diartikan sebagai kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, yang dapat dilakukan secara individu maupun berkelompok. Debat yang berjalan dengan baik akan membantu untuk membuka wawasan dua pihak yang berdebat, maupun orang-orang yang menyaksikan debat tersebut. 

Dalam melakukan debat, ada unsur penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan debat. Unsur penting ini adalah mosi debat. Tanpa adanya mosi debat ini, maka debat tidak bisa dilangsungkan. Selain itu, mosi debat juga membantu menentukan arah debat. Saat debat berlangsung, akan ada pihak yang pro pada mosi, sedangkan pihak lainnya merupakan tim yang kontra terhadap mosi.

Bagaimana peran mosi dalam debat dan peran setiap tim yang terlibat dalam debat terhadap mosi? Simak ulasannya di sini.

Apa itu Mosi Debat

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, pengertian mosi debat adalah unsur penting dalam debat. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian mosi adalah keputusan rapat, misalnya parlemen, yang menyatakan pendapat atau keinginan para anggota rapat.

Sedangkan pada debat, mosi adalah topik yang diangkat dan digunakan oleh peserta debat dalam acara debat tersebut. Bentuk dari mosi debat ini bisa berupa pertanyaan atau pernyataan mengenai suatu isu, terutama yang sedang berlangsung dan banyak diperbincangkan.

Mosi debat juga dapat diartikan sebagai topik yang digunakan dalam sebuah debat sebagai dasar bagi pihak yang berdebat untuk menyampaikan argumennya dan menentukan sikap, apakah menjadi pihak yang kontra, atau pihak yang pro terhadap topik tersebut.

Mosi debat ini penting sebagai unsur debat, karena dengan adanya mosi, maka debat dapat berjalan dan lebih terarah, dan berbagai fungsi mosi lainnya, yaitu:

Daftar Open Reseller
  • Membatasi topik, agar debat tetap terarah pada topik yang dibahas
  • Membantu mempertahankan argumen masing-masing tim, yaitu tim pro dan tim kontra
  • Membantu menemukan solusi dari masalah atau isu yang diangkat melalui mosi debat
  • Penentuan isi debat

Ada beberapa syarat agar mosi debat dianggap sebagai mosi debat yang baik dan layak:

  • Merupakan mosi yang menarik bagi peserta debat
  • Mosi debat harus sesuai dengan bidang peserta debat
  • Fokus pada isu atau masalah tertentu
  • Memiliki solusi yang dapat ditemukan pada debat yang berlangsung
  • Memiliki keseimbangan antara pihak pro dan kontra
  • Memiliki kejelasan di ruang lingkup gagasan

Syarat-syarat mosi debat ini membuat tidak semua topik bisa dijadikan sebuah mosi debat. Pembuatan mosi debat harus diperhitungkan sesuai dengan peserta debat, misalnya seperti debat calon presiden, debat calon ketua BEM, maupun lomba debat antar pelajar SMA.

Mosi debat yang sesuai dengan bidang dari peserta debat akan membuat debat menjadi berjalan dengan lancar, memiliki kejelasan, serta nantinya dapat ditemukan solusinya. Nah, semoga definisi atau pengertian mosi debat diatas dapat dipahami dengan baik ya.

Baca Juga: Unsur-Unsur Debat

Peran Tim Pro Terhadap Mosi Debat

Dua tim yang beradu argumen saat debat berlangsung disebut sebagai tim pro dan tim kontra. Setiap tim dalam debat ini memiliki peran masing-masing terhadap mosi debat yang diberikan.

Tim pro pada debat yang berlangsung, atau yang disebut juga sebagai tim afirmasi, adalah tim yang setuju pada mosi debat yang diangkat. Maka dari itu, peran tim pro terhadap mosi debat adalah mendukung mosi debat tersebut. Saat debat berlangsung, tim pro harus menyusun argumen yang mendukung mosi debat, dengan disertai pendukung dari argumen yang dijelaskan.

promo merdeka belanja

Argumen harus disusun dengan baik oleh tim pro, sehingga dapat mendukung mosi debat yang disajikan. Penyusunan argumen ini bertujuan agar argumen dari tim pro tidak mudah dipatahkan oleh tim kontra, atau justru bertentangan dengan mosi debat.

Selain menyusun argumen dengan baik, tim pro juga harus menyampaikan alasan mengapa setuju dengan mosi debat. Inilah sebabnya, setiap tim harus mencari pendukung alasan dengan tepat, misalnya mencari jurnal, penelitian, maupun peraturan terkait alasan yang mendukung mosi debat tersebut.

Agar lebih mengerti bagaimana peran tim pro terhadap mosi debat, berikut ini contohnya:

Mosi debat

Siswa dan siswi SMA tidak boleh mengendarai motor ke sekolah, untuk mengurangi potensi geng motor.

Argumen dari tim pro

Kami sebagai tim pro menyetujui dan mendukung kebijakan sekolah untuk melarang siswa-siswi untuk mengendarai motor ke sekolah. Mengendarai motor ke sekolah dikhawatirkan akan menimbulkan adanya perekrutan anggota geng motor, setelah mengetahui jenis motor yang digunakan oleh siswa atau siswi lainnya. Kegiatan geng motor ini nantinya dapat memengaruhi prestasi siswa serta keselamatan siswa-siswi di luar sekolah. Misalnya mengalami kecelakaan atau berurusan dengan pihak berwajib.

Peran Tim Kontra Terhadap Mosi Debat

Berbeda dengan tim pro, tim kontra atau tim oposisi memiliki peran yang berkebalikan dengan tim pro terhadap mosi debat. Dalam debat yang berlangsung, peran tim kontra terhadap mosi debat adalah menolak dan tidak setuju dengan mosi debat yang disampaikan.

Sama seperti tim pro, tim kontra juga harus menyiapkan alasan dan argumen yang tepat mengapa mereka menolak mosi debat yang disampaikan. Peran tim kontra terhadap mosi debat bukan hanya menolak dan tidak setuju, tapi juga menyanggah pendapat dan alasan tim pro terhadap mosi debat dan memberikan data pembanding dari argumen yang disampaikan oleh tim pro.

Dalam menyampaikan argumen, alasan, sanggahan, atau pendapatnya terhadap mosi, pihak kontra juga harus memahami mosi dengan baik. Hal ini harus dilakukan saat penyampaian argumen, tim kontra tidak melenceng dari perannya terhadap mosi debat.

Agar lebih mengerti bagaimana peran tim kontra terhadap mosi debat, berikut ini contohnya:

Mosi Debat

Siswa dan siswi SMA tidak boleh mengendarai motor ke sekolah, untuk mengurangi potensi geng motor.

Argumen Tim Kontra

Sebagai tim kontra, kami tidak setuju dan menolak mosi untuk melarang siswa-siswi mengendarai motor ke sekolah untuk menghindari potensi geng motor. 

Sebab geng motor biasanya justru terjadi dan dilakukan di luar jam sekolah, sehingga siswa-siswi yang mengendarai motor ke sekolah tidak akan memengaruhi ada atau tidaknya geng motor di sekolah. Selain itu, tidak diperbolehkan mengendarai motor akan mempersulit siswa-siswi yang jarak rumahnya jauh dari sekolah.

Contoh Mosi Debat

Dalam suatu debat, mosi adalah unsur penting yang harus diperhatikan. Di atas, sudah dijelaskan pengertian dari mosi debat, fungsi mosi, serta syarat agar mosi debat dianggap sebagai mosi yang baik dan layak sebagai bahan dalam debat. Berikut ini adalah beberapa contoh mosi debat berdasarkan beberapa syarat di atas:

a. Contoh Mosi Debat Tingkat SMA
  1. Minimnya Sarana dan Prasarana di Sekolah Memengaruhi Prestasi Siswa
  2. Ujian dengan Sistem UNBK Lebih Baik Dibandingkan dengan Ujian Sistem Tertulis
  3. Fenomena Geng Motor Disebabkan karena Kurangnya Pengawasan dari Sekolah
  4. Bermain Game Online Bisa Memengaruhi Kondisi Psikologi Siswa Menjadi Sering Bertengkar
b. Contoh Mosi Debat Tema Lingkungan
  1. Banjir Hampir Selalu Disebabkan oleh Ulah Manusia
  2. Kebijakan Plastik Berbayar Harus Diterapkan di Setiap Kota di Indonesia
  3. Pembangunan Gedung Bertingkat di Kota Besar Berdampak pada Kelestarian Lingkungan
c. Contoh Mosi Debat Tema Kesehatan
  1. Perlukah Vaksin Booster COVID-19 Menjadi Syarat Perjalanan Jarak Jauh?
  2. Setiap Warga Negara Indonesia Harus Memiliki Asuransi atau Jaminan Kesehatan
  3. Fasilitas Kesehatan, Minimal Puskesmas Belum Mampu Memenuhi Kebutuhan Kesehatan Masyarakat

Baca juga artikel debat lainnya sebagai berikut

(Penulis: Tyas Wening)

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

[newsletter_signup_form id=1]
Baca Juga :

Promo Merdeka Reseller
Gratis Biaya Pendaftaran

Kerja sampingan mudah dan tidak memotong waktu, omset jutaan per bulan

hanya s.d. 17 Agustus 2022