fbpx

Model Pembelajaran: Kuasai Metodenya Dengan Baca Buku Ini

buku-model-pembelajaran-toko-buku-deepublish

Model Metode pembelajaran – Siapa sih yang tidak mengenyam pendidikan? Sekarang wajib belajar sudah 12 tahun. Wajar jika sekarang pendidikan menjadi prioritas utama penentu masa depan. Hal inilah yang setidaknya sudah menjadi stereotip yang masing sangat kental.

Menurut H. Darmadi, S.Ag., M.M., MM.Pd., M.Si. sebagai penulis buku pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa menyebutkan bahwa, metode pembelajaran yang inovatif sangat penting. Penting karena dapat mempengaruhi hasil akhir proses belajar. Buku ini memang fokus pada pembelajaran.

Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan. Jadi dapat dikatakan Teori belajar merupakan upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inheren yang kompleks dari belajar.

Barangkali kamu sedang mencari buku pengembangan model metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa, kamu bisa mendapatkan bukunya di toko buku Deepublish. Sekedar spoiler tentang buku setebal 428 halaman ini tergolong kedalam buku ilmu keguruan dan pendidikan.

Saatnya Kuasai Metode Pembelajaran Yang Efektif

Buku ini memang tepat diperuntukan buat kamu yang ingin menjadi guru atau dosen. Model pembelajaran erat kaitannya dengan guru. Siswa tidak tertarik dengan penguasaan model pembelajaran. Pertanyaannya adalah, seberapa penting sih menguasai model pembelajaran? Apakah sebegitu penting? Sehingga wajib memahami dan menguasai?

Tentu saja penting. Model metode pembelajaran yang menarik akan menarik perhatian siswa. Siswa pun menjadi lebih semangat dalam belajar. Ketika belajar semangat, akan meningkatkan prestasi anak. Setidaknya ada empat ciri model pembelajaran. Pertama, harus rasional teoritis logis, yang disusun oleh para pengembang dan susun secara masuk akal.

Kedua, memiliki landasan pemikiran, dimana mengajak siswa memiliki tujuan yang jelas kenapa mereka harus belajar. Ketiga, memiliki tingkah laku mengajar yang baik, terakhir adalah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman dsb.

model pembelajaran

Macam-macam Model Pembelajaran

Macam-macam model pembelajaran ada banyak pilihan yang bisa pendidik lakukan. Nah, di dalam buku ini menjelaskan macam-macam model pembelajaran. Ada model examples non examples, picture and picture, cooperative script, metode kepala bernomor struktur dan jigsaw. Dari beberapa model tersebut, memiliki karakteristik dan tugasnya masing-masing. Apa saja dan bagaimana? Bisa disimak langsung di dalam bukunya.

Macam model pembelajaran ada banyak sekali, lebih dari 10 macam yang sebenarnya bisa dipilih sesuai karakter masing-masing. Memberikan metode pembelajaran yang beragam, tentu saja akan memberikan tantangan dan semangat baru untuk pelajar. Setidaknya mereka tidak merasakan kejenuhan karena metode pembelajaran yang begitu-begitu saja. Dari segi perkembangan otak pun, anak juga lebih berkembang dan lebih kreatif.

Model Pengelolaan Pembelajaran

Model pengelolaan pembelajaran dibagi menjadi dua faktor golongan, yaitu yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dikatakan sebagai faktor internal peserta didik berhubungan dengan masalah pikiran, emosi dan perilaku. Sedangkan faktor eksternal mengulas tentang masalah suasana lingkungan belajar, penempatan peserta didik, dan jumlah peserta didik. Semisal di kelas jumlah peserta didiknya melebihi standar, akan menimbulkan konflik.

Berlaku sebaliknya jika dalam satu kelas hanya diikuti dalam kelas yang kecil, proses pembelajaran lebih berjalan lancar. Dalam rangka memperkecil risiko masalah dalam pembelajaran, diperlukan prinsip pnegelolaan pembelajaran yang bervariasi, hangat, antusias dsb.

Kriteria Pemilihan Model Pembelajaran

Pengembangan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa memang harus diperhatikan. Setidaknya ada empat kriteria yang perlu diperhatikan guru dalam pemilihan media. Keenam kriteria tersebut adalah kesesuian dengan tujuan yang ingin dicapai, tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya fakta, konsep, prinsip dan generalisasi.

Tidak hanya itu, guru juga perlu mengelompokan sasaran, dan menentukan mutu teknis. Guru juga dituntut untuk bisa berikap praktis,luwes, bertahan dan terkhir, guru juga harus lebih terampil. Sebenarnya kriteria pemilihan metode pembelajaran tidak bersifat baku, masih bisa dikembangkan lagi.

Baca juga : (Review Buku) Metode Active Learning Untuk Guru dan Dosen

Menguasai Metode Pembelajaran Secara Inovatif

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri dan dimediasi. Bisa dimediasi dengan teman sebaya atau dengan pendidik.

Pembelajaran inovasi mendasarkan diri pada paradigma konstruktivistik, yang didasarkan pada paradigma konstruktivistik untuk membantu siswa untuk menginternalisasi, membentuk kembali dan menstransformasi ilmu baru.

Dalam pembelajaran inovatif, secara spesifik guru berperan sebagai expert learners, sebagai manager sekaligus sebagai mediator. Jadi guru sebenarnya hanya dituntut untuk memiliki pemahaman mendalam tentang materi pembelajaran, menyediakanw aktu yang cukup untuk siswa, dan menyediakan masalah dan alternative solusi. Tidak hanya itu, guru juga berperan untuk memonitor proses belajara dan mengajar. Ketika siswa merasa kesulitan dan bosan, tugas guru bisa membuat pembelajaran dengan metode lain, yang dianggap lebih menarik.

Sebenarnya model metode pembelajaran buku terbitan Deepublish ini tidak hanya itu. tetapi juga mengulas tentang sikap dan kecerdasan emosinal, gaya belajar siswa, metode pembelajara, aktivitas dan hasil belajar siswa dan kepribadian siswa. Masih ada bab lain, yang bisa kamu baca langsung dalam bukunya. Buat kamu yang ingin mendapatkan buku ini, bisa di dapatkan di link berikut. Semoga bermanfaat.

Detail Buku

Judul : Buku Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa

Beli bukunya sekarang disini >> Buku Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran

Pengarang Darmadi
Bidang Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
ISBN 978- 602-401-775-0
Ukuran 15.5×23 cm
Halaman x, 428 hlm
Tahun Terbit 2017

 

Lihat reviewnya di Youtube Deepublish :

 

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Baca Juga :