fbpx

Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan Yang Efektif

cara meningkatkan pengunjung perpustakaan

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan tidak bisa dilakukan dengan cara klise. Karena pengunjung sudah tidak tertarik dengan cara-cara biasa. Penasaran bukan, cara yang efektif untuk menarik mereka seperti apa dan bagaimana? 

Nah, berikut beberapa cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang bisa dicoba. Tentu saja, cara di bawah ini hanya sekedar ide, selebihnya bisa dikembangkan lagi. 

5 Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan Yang Efektif

1. Mengadakan Lomba Di Perpustakaan 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang bisa Anda coba adalah dengan mengadakan lomba di perpustakaan. Memang ada banyak lomba yang masih ada hubungannya dengan dunia literasi. Jadi tidak melulu lomba menulis, tetapi juga termasuk lomba melukis, menggambar, lomba mendongeng, hingga membuat film. 

Karena bentuknya lomba, dibutuhkan hadiah untuk para peserta. Tentu saja bentuk hadiah akan menentukan daya tarik dan minat para peserta. Jika hadiah yang ditawarkan hanya kecil, tentu saja minat dan animo peserta lomba pun juga akan kecil. Jadi, jika ingin mendapatkan perhatian besar, pastikan lomba menawarkan hadiah yang keren dan kece bagi kawula muda. 

Bagaimana jika tidak memiliki dana untuk hadiah lomba? Tenang, jaman sekarang semua serba mudah. Anda bisa membuat proposal dan mengajukan proposal ke perusahaan besar agar mendapatkan sponsor. Memang bentuk hadiah sponsor berbeda-beda. Ada yang berbentuk uang, ada juga yang memberi berbentuk barang. 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan sebenarnya tidak selalu berbentuk lomba seperti ini saja. Ada banyak sekali inovasi lain yang mampu menarik perhatian pengunjung selain lewat lomba. Diantarannya membuat program yang unik. 

Baca juga : 7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

2. Membuat Program Unik Di Perpustakaan 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan kedua selain  lewat jalur lomba, bisa juga membuat program uni di perpustakaan. Salah satu contoh program yang menurut saya bagus, dan mampu membuat saya (sebagai pengunjung) Perpustakaan Grhatama Yogyakarta senang ke perpustakaan adalah, adanya program pustakawan online. 

Dimana pengunjung tidak harus datang ke perpustakaan untuk membeli buku. Tetapi cukup WA kepada admin, maka buku yang dipilih melalui website akan diantarkan sampai ke rumah. Tentu saja ada syarat dan ketentuan menjadi pustakawan istimewa. Ini hanyalah salah satu contoh program untuk meningkatkan antusiasme terhadap buku dan literasi. 

Sebenarnya setiap daerah dan setiap perpustakaan memiliki program unggulan yang unik. DImana program unik tersebut upaya cara meningkatkan pengunjung perpustakaan. Hanya saja tidak semua program unik dapat diterima dan sesuai dengan selera pengunjung. Itu sebabnya banyak program yang hasilnya hanya jalan ditempat, dan tidak memberikan perubahan apapun. 

Jika terjadi hal seperti itu, maka diperlukan inovasi yang lebih menarik. Jika perlu, melakukan survey untuk mengetahui daya tarik dan minat pembaca. Adapun cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang lain,misalnya mengadakan pelatihan gratis di perpustakaan. 

3. Mengadakan Pelatihan Gratis Di Perpustakaan 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan dengan mengadakan pelatihan gratis di perpustakaan cukup efektif. Setidaknya peserta pelatihan sebelum acara dimulai, bisa jalan-jalan dan berkenalan dulu di perpustakaan. Dari perkenalan inilah yang secara tidak langsung akan tahu seperti apa sih program menarik yang ada di perpustakaan tersebut.

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan ketika pelatihan juga bisa diselipkan di sela-sela acara. Jadi sebelum acara inti, isi pelatihan diberi intro atau pengenalan sebentar tentang perpustakaan. Memang terkesan promosi, tetapi cara ini tidak ada salahnya untuk dicoba.

Sadar atau tidak sadar, banyak yang tidak pernah ke perpustakaan bukan karena tidak mau. Tetapi karena mereka tidak tahu harus kemana dan program apa saja yang akan ditawarkan di perpustakaan. Dan lagi, tidak semua perpustakaan mampu menawarkan program baru dan unik. 

Terkait dengan bentuk latihan, tidak hanya berbentuk pelatihan tentang dunia literasi. Tetapi juga pelatihan di bidang lain. Misalnya talkshow tentang masak, talkshow bedah buku, atau talkshow tentang dunia pendidikan. Ada banyak tema pelatihan dan talkshow yang bisa dicoba. 

Baca juga : 5 Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

4. Mengadakan Konser Literasi Di Perpustakaan 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang bisa dicoba adalah melakukan konser literasi. Memang sedikit yang mengadakan konser di area perpustakaan. Karena nama nya konser identic dengan pertunjukan music yang yang sifatnya menghibur, tidak ada pesan literasinya. Karenalah itulah, seorang pustakawan dituntut untuk bisa mengadakan kegiatan dan acara konser yang berbau dengan dunia literasi. 

Misalnya, menggaet seniman dalam acara konser untuk memusikalisasikan karya puisi yang ada di dalam perpustakaan.  Namanya juga musikalisasi, lirik yang dinyanyikan berasal dari karya sastra. Bisa juga menggunakan bait prosa yang kemudian dinyanyikan. Setidaknya dengan metode ini, masih ada kaitan dengan dunia literasi. 

Jadi tidak hanya sekedar konser yang sifatnya bersenang-senang. Mengingat sekarang banyak sekali penawaran dunia seni dan sastra yang dikemas dengan hiburan. Adapun cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang lain, yaitu dengan melakukan pameran buku. 

5. Pameran Buku 

Cara meningkatkan pengunjung perpustakaan yang paling umum dan sering ditemui adalah pameran buku. Karena pameran buku acara yang paling memiliki keterkaitan dengan literasi dan dunia buku. Biasa Nya dilakukan di halaman perpustakaan. Sayangnya banyak perpustakaan yang memiliki lahan atau area luas. Sehingga banyak perpustakaan yang tidak bisa menyelenggarakan kegiatan ini di perpustakaan mereka. 

Meskipun demikian, sebenarnya tetap bisa dijalankan. Misalnya menjadi sponsor atau pihak perpustakaan yang mengadakan acara di pameran-pameran buku. Membicarakan tentang pameran buku yang menarik, biasanya akan menggaet beberapa penerbit, distributor atau pelaku literasi lain untuk bergabung dalam display pameran. 

Tentu saja ini salah satu cara meningkatkan pengunjung perpustakaan agar lebih ramai. Semakin ramai pengunjung, tentu saja semakin menarik minat perhatian. Belum lagi jika di dalam pameran buku tersebut disertai dengan doorprize dan kegiatan pendukung lain seperti music. Di jamin acara semakin meriah. 

Meskipun cara ini klise, ternyata cara ini cukup menarik dan masih efektif dilakukan. Belum lagi jika pihak pustakawan atau perpustakaan mampu menarik lebih banyak stand pameran dan ditambah berbagai program inovatif lain. Pengunjung bisa membludak. 

Hanya saja, untuk bisa seperti ini dibutuhkan yang namanya persiapan matang. Tidak hanya sekedar menyelenggarakan acara dan event saja. Tentu saja melakukan acara ini dibutuhkan tim yang solid. Karena akan mengurus banyak hal. 

Baca juga : Kegiatan Menarik Di Perpustakaan Yang Buat Siapapun Betah

Nah, itulah Cara Meningkatkan Pengunjung Perpustakaan yang bisa Anda coba. Selebihnya Anda bisa membuat inovasi yang unik dan berbeda. Karena ada banyak inovasi lain yang mungkin lebih efektif dan belum dilakukan oleh perpustakaan lain. Tentu saja, dibutuhkan pemikiran dan perenungan yang matang demi menemukan inovasi meningkatkan pengunjung perpustakaan. 

Semoga ulasan tentang cara meningkatkan pengunjung perpustakaan ini tidak sekedar sebagai bacaan sekilas saja. Tetapi juga bisa menginspirasi dan membantu menemukan inovasi dan kreativitas event yang menarik lain.

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

More To Explore

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan