Mengenal 9 Kunci Bisnis Rasulullah

kunci bisnis rasullah
toko buku kuliah

Mengenal 9 Kunci Bisnis Rasulullah – Rasulullah adalah suri tauladan yang utama. Mencontoh apa yang beliau lakukan adalah sebuah keharusan bagi umat Islam. Buku ini membahas 9 kunci bisnis Rasulullah SAW dan Khadijah RA, yaitu:

Mengenal 9 Kunci Bisnis Rasulullah SAW

1. Kekuatan Spiritul

Kesuksesan Rasulullah SAW dan Khadijah RA dalam menjalankan bisnis tidak lepas dari kekuatan spiritual. Tidak ada kekuatan apapun yang sanggup menandingi kekuatan spiritual. Kedekatan mereka kepada Allah menghalangi mereka untuk tidak menghalalkan segala cara dalam berbisnis. Rasulullah SAW dan Khadijah RA mengajarkan bahwa dengan etika yang dijiwai kekuatan spiritual maka bisnis akan menuai kesuksesan.

Kini, kita memasuki era bisnis yang baru yaitu era integrasi. Era integrasi adalah 100% bisnis dan 100% spiritual, dimana dalam berbisnis kita menerapkan nilai-nilai spiritual. Penerapan nilai-nilai spiritual dalam bisnis merupakan diferensiasi yang sulit untuk ditiru.

2. Kepercayaan sebagai Modal Utama

Walau Islam belum turun, namun Khadijah RA tidak menghalalkan segala cara dalam berbisnis karena beliau selalu mengikuti hati nurani yang tidak pernah mengajarkan kecurangan. Rasulullah sebagai sosok yang dapat dipercaya lah yang mempertemukan Khadijah dengan Rasulullah. Pertemuan Rasulullah SAW yang memiliki modal kepercayaan dengan Khadijah RA yang memiliki modal usaha dapat dijakan contoh bahwa kepercayaan adalah modal utama bisnis, bukan uang.

3. Memiliki Mental Pebisnis

Banyak orang yang dapat memulai bisnis tapi tidak banyak yang bisa mempertahankannya. Dibutuhkan mental pebisnis untuk menjaga kelanggengan usaha tersebut, diantaranya berani melakukan hal berbeda, tahan banting, tidak berkeluh kesah, percaya diri, tidak takut mencoba, menghargai proses, spiritual yang kuat, berkepribadian yang baik, berperilaku serta bertindak dengan penuh kehati-hatian, berorientasi masa depan, tidak konsumtif tapi investatif, mempunyai mimpi, hidup terencana, menghargai kesulitan, memandang kesulitan sebagai jalan untuk kreatif, pandai mengelola modal, cerdas memilih partner bisnis, mampu mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain, open minded, tidak melakukan kezaliman kepada orang, berani mengambil risiko, mandiri, menghargai waktu, jeli melihat peluang, fokus, melakukan pekerjaan secara total, disiplin, selalu berfikir untuk mengmbangkan dan mampu mendelegasikan tugas kepada orang lain.

4. Manajemen yang Baik

Manajemen diterapkan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi melalui empatfungsi yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling.

5. Cerdas Mengelola Modal

Keberadaan modal yang melimpah tidak menjamin bahwa seoyang pelaku bisnis akan meraih kesuksesan. Sebaliknya, justru banyak pebisnis sukses mengawali bisnis dengan modal minim. Kesimpulannya, bukan jumlah modalnya yang mempengaruhi kesuksesan tetapi cerdas dalam pengelolaan modal adalah kunci sukses berbisnis.

6. Kekuatan Silaturahmi

Islam mengajarkan silaturahmi merupakan bukti akhlah mulia seorang muslim. Bahkan silaturahmi adalah kebutuhan manusia. Mulai dari silaturahmi dengan palanggan hingga dsilaturahmi dengan competitor sangat disarankan. Ada sebuah istilah “love your costomers, respect your competitor”. Prinsip tersebut sudah dijalankan Rasulullah SAW dan Khadijah RA segak dahulu.

7. Kekuatan Berbagi

Ungkapan “banyak memberi, banyak menerima” sebenarnya ada dalam Al-Quaran, yaitu Surat Al baqarah ayat 261:

“Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-rang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya), lagi Maha Mengetahui”

8. Memperlakukan Karyawan

Jika karyawan diperlakukan dengan baik maka kinerja karyawan akan baik sehingga menunjang kesuksesan bisnis kita. Bahkan dalam sebuah hadis HR Tirmidzi disebutkan bahwa kita harus memaafkan kesalahan pembntu sebanyak 70 kali setiap hari.

9. Cerdas Melihat Peluang

Jeli dan cerdas memanfaatkan peluang adalah salah satu kunci sukses bisnis. Menjadi pembisnis tidak hanya memanfaatkan peluang yang ada tetapi juga menciptakan peluang pekerjaan bagi orang lain.

Sembilan kunci sukses bisnis ini tidak hanya membantu anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis yang syar’i tapi juga membawa keberkahan dan keuntungan.

Terimakasih sudah membaca artikel Tentang Mengenal Kunci Bisnis Rasulullah SAW , selanjutnya bisa membaca artikel yang lain :

  1. Sukses Hidup Kita dimulai dari Impian Besar Kita Sendiri
  2. Ingin Sukses? Basmi Mental Pecundang dan Rintangan dalam Hidupmu!

(Latifatur Rochimah)

Sumber: Hastuti, A. Yahya. 9 Kunci Bisnis Rasulullah SAW dan Khadijah RA

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang