Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

5 Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi

Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi menjadi tantangan tersendiri bagi pustakawan. Selain menantang, tentu saja juga memberikan kepuasan tersendiri ketika tujuan dan targetnya tercapai. Sayangnya, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan kerja keras dan cara yang tepat. 

Barangkali pula Anda sedang pusing tujuh keliling, sebidang mencari tahu cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi? Ternyata ada rahasia agar perpustakaan ramai dikunjungi. Penasaran seperti apa bukan? Simak beberapa ide cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi sebagai berikut. 

Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi
Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi

1. Promosi 

Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi tentu saja wajib melakukan promosi. Banyak yang beranggapan bahwa promosi itu hanya berlaku untuk berjualan. Padahal tidak selalu demikian. DIbidang perpustakaan pun juga penting dipromosikan. Misalnya mempromosikan program, mempromosikan kegiatan dan mempromosikan pelayanan. 

APalagi di era teknologi modern seperti sekarang. Promosi bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana dan gratis. Misalnya dengan memanfaatkan media social seperti Instagram, facebook ataupun lewat media social lain. Bisa juga loh promosi lewat channel youtube. Memang hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung. Tetapi dengan konsisten mengupload dan promosi, orang akan semakin terbiasa dan penasaran dengan program yang ditawarkan perpustakaan. 

Promosi juga dapat dilakukan lewat mulut ke mulut pengunjung. Tentu saja ini berlaku ketika pengunjung merasa puas dengan pelayanan dan merasa senang berkunjung. Itu sebabnya, penting sekali membuat kenyamanan pengunjung, agar secara disadari, merek pun akan mempromosikan atau mengajak teman lainnya untuk kembali datang ke perpustakaan agar ramai. 

Baca juga : Sekilas Tentang Program Promosi Perpustakaan

2. Memberikan Hadiah 

cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi bisa mencoba dengan memberikan hadiah. Misalnya ketika perpustakaan ulang tahun, akan memberikan hadiah secara acak bagi pengunjung yang beruntung. Apalagi jika hadiah yang diberikan adalah hadiah yang menarik dan kece, di jamin banyak orang berbondong-bondong akan mengunjungi perpustakaan. 

Memang terkait aturan main, tergantung dari kreativitas dan kebijakan dari pihak perpustakaan. Misalnya, hadiah diberikan secara acak dan percuma. Atau hadiah hanya diberikan kepada pengunjung yang berani mengambil tantangan dari pihak pustakawan. Atau bisa juga diberikan pada pustakawan yang rajin datang ke perpustakaan. Pasti cara-cara seperti ini akan lebih seru, dan tentu saja akan memberikan semangat dan senang bagi para pengunjung. 

Atau bisa juga memberikan hadiah atau penghargaan bagi para pustakawan yang sering berkunjung, yang sering meminjam buku, atau memberikan hadiah pada pengunjung yang disiplin mengembalikan buku. Tentu ini pemberian hadiah yang memberikan kesan bahwa perpustakaan sangat peduli dan mencatat dengan baik administrasi pengunjung. Sehingga pengunjung merasa diperhatikan. Tentu saja perhatian itu sangat penting bagi para pengunjung. 

3. Menawarkan Kenyamanan Tempat 

Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi memang tidak melulu soal hadiah. Tetapi masalah sarana dan prasarana pun menjadi pertimbangan bagi para pengunjung. Salah satunya dari segi kenyamanan tempat. Semakin nyaman tempat, semakin banyak pengunjung yang betah membaca buku di perpustakaan. Apalagi anak-anak jaman sekarang lebih senang dengan tempat yang instagramable dibandingkan tempat yang redup dan jelek. 

Pustakawan juga penting mengenali psikologis pengunjung. Usia pengunjung pun mempengaruhi selera dan minat. Misalnya anak-anak milenial lebih senang tempat yang bagus, instagramabel. Dimana tidak sekedar ke perpustakaan, tetapi juga bagus untuk foto-foto selfie kesana kesini sekedar untuk latar belakang untuk upload di medsos mereka. 

Hal ini sebenarnya bisa menjadi daya tarik buat perpustakaan. Semakin banyak pengunjung yang foto menggunakan latar belakang yang ciamik dari perpustakaan, secara tidak langsung sebenarnya mereka telah mempromosikan perpustakaan di media sosial mereka. Seperti yang kita tahu bahwa setiap orang pasti memiliki circlenya sendiri-sendiri. Tentu saja secara marketing ini memperluas jangkauan bahwa perpustakaan Anda untuk dikenal oleh orang.  

Sebenarnya cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi dengan menawarkan tempat yang nyaman tidak selalu mahal kok. Tidak pula selalu bongkar bangunan lama. Intinya tergantung kreativitas dan seni mendesain ruang baca menjadi lebih ciamik dan menyenangkan. 

Baca juga : 6 Tips Menjadi Pustakawan Yang Baik Dan Profesional

4. Pustakawan Bersikap Ramah 

Rahasia perpustakaan banyak dikunjungi adalah perlakuan dan sikap ramah. Semakin ramah pustakawan kepada pengunjung, semakin banyak calon pengunjung yang akan datang lagi. Sebaliknya, satu pustakawan yang judes, bisa menimbulkan dan mematahkan antusiasme beberapa pengunjung, sehingga mereka malas untuk datang kembali. 

Jadi, cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi tidak perlu dengan sesuatu yang ribet dan berat. Cukup benahi manajemen pelayanannya saja. Maka pengunjung akan berdatangan seiring jalannya waktu. Memang, membutuhkan waktu sedikit lama, karena membutuhkan proses.

Kecuali mengadakan event atau semacamnya, baru cepat mendatangkan pengunjung ke perpustakaan.  Sayangnya untuk mengadakan event dan semacamnya, harus benar-benar dipersiapkan segala sesuatunya. Misalnya mempersiapkan tenaga, ide, waktu dan tentu saja mempersiapkan untuk mencari donatur atau sponsor. Belum lagi melakukan promosi acara agar menarik peserta. 

5. Memiliki Program Menarik Di Perpustakaan

Cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi yang terakhir, mungkin Anda bisa membuat program-program menarik. Ada banyak sekali ide program menarik selain beberapa poin di atas tadi. Tentu saja acara yang berbeda dan unik semakin menarik. Itu Pun membutuhkan waktu dan ide. Tidak heran jika kreativitas dan inovasi sangat penting untuk menemukan program yang pas dan sesuai. 

Sebenarnya pula ada banyak program menari, tetapi tidak semua program tersebut sesuai dan selaras dengan dunia perpustakaan. Tidak mungkin ada mengadakan konser music juga kan di perpustakaan? Kecuali konser music bertajuk sastra atau bertajuk literasi. Semoga dengan ulasan dan pemaparan ini memberikan ide untuk membuat program yang menarik dan berkelas. 

Jika masih kesulitan menentukan ide acara. Bisa melihat dari masukan dan saran dari pengunjung. Karena ada beberapa perpustakaan yang sibuk cari ide lain. Padahal ada banyak saran masukan dari pengunjung yang dapat dijadikan sebagai ide. Pastinya ide dari pengunjung lebih tepat sasaran, karena sesuai dengan suara hati si pengunjung. Cukup dari masukan pengunjung, kita oles dan inovasi menjadi kegiatan bagi mereka untuk mereka. 

Baca juga : 7 Contoh Event Perpustakaan Menarik Untuk Meningkatkan Kunjungan

Bonus : Kelengkapan Bahan Pustaka

Bahan pustaka menjadi salah satu faktor penting dalam menunjang agar perpustakaan ramai dikunjungi oleh pemustaka. Bahan pustaka yang lengkap dapat menjadi salah satu alasan bagi para pengunjung untuk datang ke perpustakaan.

Selain kelengkapan, koleksi terbaru juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Penerbit Deepublish turut berperan untuk membuat perpustakaan selalu update buku-buku terbaru melalui program pengadaan. Download katalog kami untuk melihat koleksi Penerbit Deepublish.

Semoga cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi ini bermanfaat. Sekaligus juga bisa memberikan motivasi dalam meningkatkan kesadaran literasi. Bagaimanapun juga, peran pustakawan dan perpustakaan sangat besar untuk membantu pemerintah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca. 

Memang pustakawan dan perpustakaan bukan satu-satunya yang bertanggungjawab terhadap minat baca. Sebenarnya tugas kita semua, seluruh rakyat untuk bersama-sama menyadarkan dan mengaungkan pentingnya literasi.

Bagaimanapun juga, Negara maju atau tidaknya juga dipengaruhi oleh kesadaran literasi. Baik itu dalam hal membaca ataupun menulis. Semoga dengan artikel tentang cara membuat perpustakaan ramai dikunjungi ini juga akan membantu dalam mengoptimalkan fungsi dan peran persputakaan. 

Kontributor : Irukawa Elisa

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan