Rahasia Membuat Media dan Sumber Belajar Terbaik Untuk Peserta Didik!

cara membuat media dan sumber belajar
toko buku kuliah

Rahasia Membuat Media dan Sumber Belajar Terbaik Untuk Peserta Didik! – Kesulitan belajar? Ternyata tidak semua bisa belajar dengan mudah. Ada banyak alasan dan sebab kenapa belajar itu sulit masuk di dalam memori otak. Ada orang yang lebih mudah belajar secara langsung. ada juga yang belajar melalui media belajar. Nah, membicarakan media dan sumber belajar, kita pasti akan membicarakan tentang hakikat belajar itu sendiri.

Menurut Satrianawati, M.Pd. dalam bukunya yang berjudul Media dan Sumber Belajar, mengartikan bahwa hakikat belajar adalah proses mencari pengalaman yang membutuhkan proses yang kompleks. Proses belajar berlangsung begitu saja. Proses belajar bisa saja terjadi saat kita sadar maupun tidak sadar.

Nah, barangkali buat kamu nih yang sedang mencari referensi tentang membuat media dan sumber belajar. Buku karya Satrinawati adalah jawabannya. Di sana kamu tidak hanya akan berkenalan belajar itu apa. Lebih banyak lagi pastinya. Ia juga menegaskan bahwa belajar dari pengalaman merupakan suatu yang memberikan efek tersendiri pada orang tersebut yang nantinya akan menularkan pengalaman-pengaman belajar dalam kebaikan.

Sebuah Buku tentang Rahasia Membuat Media dan Sumber Belajar Yang Baik

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita spoiler apa saja sih isi dari terbitan Deepublish satu ini? sebagai berikut

Manfaat, Jenis, CIri dan Kedudukan Media Pembelajaran

Setelah kamu mempelajari tentang hakikat belajar dan definisi media, barulah akan diantarkan pada manfaat, jenis, ciri dan kedudukan media pembelajaran itu sendiri. Siapa yang menyangka jika media dalam pembelajaran memiliki manfaat pembelajaran, baik bermanfaat untuk guru maupun peserta didik.

Lantas apa saja sih manfaat tersebut? Diantarannya adalah memudahkan guru dalam menjelaskan materi pembelajaran. Dari segi materi yang disampaikan, bersifat abstrak menjadi konkrit, sehingga memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Sekaligus siswa menjadi tahu konsep materi.

Dari segi waktu, manfaat dari media pembelajaran sudah pasti lebih efektif dan efisien, mengulang materi pembelajaran hanya sepertu saja. Dari segi antusiasme pun juga lebih efektif mendorong belajar mengajar guru maupun siswa. Bagaimana dari segi kualitas pengajaran? Sudah pasti lebih berkualitas dalam mengajar. Dari pihak siswa pun lebih multi aktif.

Pengenalan Sumber Belajar

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengenalan sumber belajar di sini kamu tidak hanya mempelajari media dan sumber belajar saja. Tetapi juga akan mendalami berbagai definisi sumber belajar dari para ahli. Hingga mempelajari faktor yang mempengaruhi pemanfaat sumber belajar.

Terutama bagi pengajar, mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh, ini akan memudahkan pendidik lebih massif dalam mengajar. Adapun sub bab lain, diantarannya kamu juga akan berkenalan dengan klasifikasi sumber belajar dan alat/bahan pembelajaran sebagai pendukung sumber belajar. Termasuk pula di bab ini akan di ulas alat pembelajaran dan bahan pembelajaran.

Baca juga : Teknik Evaluasi Pembelajaran Untuk Guru (Review Buku)

Media By Design dan By Utilization

Setelah berkenalan di bab sebelum-sebelumnya, kamu akan diantarkan di bab media by design dan by utilization. Jadi, jika ditinjau dari kesiapan pengadaannya, media dibagi menjadi dua macam jenis, yang telah disampaikan di atas. Nah, pastinya di bab ini akan dibedah definisi dan pemaparannya.

Membuat media yang baik diharuskan merancang dan mendesain apa yang akan dibuat terlebih dahulu. Nah, dalam tahap mendesain, diperlukan hal-hal yang perlu diperhatikan. Yaitu menentukan tujuan pembuatan media untuk apa, dan materi yang akan disampaikan lingkupnya apa. Barulah pokok terakhir memperhatikan karakteristik siwanya itu sendiri.

Dari kedua media pembelajaran ini memang memiliki kelebih dan dan kekurangan. Nah, di halaman 35 pun akan dipaparkan apa saja sih kelebihan dan kekurangannya. Semuanya hanya bisa kamu baca di bukunya langsung.

Prosedur Pemilihan Media

Ternyata menjadi seorang pendidik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan. Karena prosedur pemilihan media pun perlu diseleksi dan diperhatikan pula. Ada tahap pemilihan media, dimana di tahap ini perlu dipilah agar bisa mencapai tujuan pembelajaran dan hasil yang baik untuk peserta didik.

Sesuai dengan peran dan fungsi media, ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik loh. Setidaknya ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media. Pertama perlu kesesuaian media dengan materi pembelajaran dan perlu adannya kesesuaian media dengan karakteristik pengguna media.

Prosedur Pengembangan Media

Lantas bagaimana mengembangkan prosedur media? Ternyata pengembangan media juga tidak bisa dijalankan secara asal-asallan. Butuh serangkaian tahap dan rencana. Misalnya, perlu melakukan survey di lapangan, melakukan studi pustaka, mengidentifikasi karakteristik siswa dan menyusun tujuan pembelajaran.

Bahkan dalam prakteknya, juga diperlukan pengetahuan dalam menyusun materi pembelajaran, membuat flow chart dan bagaimana membuat draf/naskah. Barulah dilakukan tahap selanjutnya, yaitu menyusun evaluasi. Apakah sampai di sini selesai semuanya? Jawabannya tidak. Masih ada tahap lain, misalnya membuat media dan terakhir adalah publikasi media.

Dari beberapa sub poin di atas, kamu juga akan mempelajari alur pengembangan media untuk implementasi pembelajaran tematik. Seperti apa ulasan lebih lengkap? Kamu bisa dapatkan buku media dan sumber belajar hanya di Deepublish.

Detail Buku :

Buku Media dan Sumber Belajar
Pengarang Satrianawati
Bidang Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Halaman 75 hlm
Harga 78500
 Tahun 2018

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang