9 Petunjuk Agar Mudah Membuat Laporan Membaca Buku Puisi

contoh laporan membaca buku puisi
toko buku kuliah

Laporan membaca buku kumpulan puisi ternyata ada beberapa petunjuk yang perlu dipahami. Seringkali kita merasa binggung bagaimana sih membuat laporan membaca buku kumpulan puisi secara teknis?

Pada kita tahu dalam menginterpretasikan atau menerjemahkan puisi membutuhkan sensitifitas. Nah, pada kesempatan kali ini ada Sembilan petunjuk memahami puisi agar lebih mahir dan mudah membuat laporan membaca buku kumpulan puisi. Apa saja petunjuk tersebut? Sebagai berikut.

9 Petunjuk Agar Mudah Membuat Laporan Membaca Buku Kumpulan Puisi

1. Konsentrasi

Petunjuk pertama tentu saja kosentrasi. Membaca dan mentafsirkan puisi butuh kosentrasi tinggi. Apalagi jika kita masih pelajar dan pemula. Maka kosentransi ini hal yang penting. Berbeda dengan mereka yang ahli dibidang ini, maka kosentrasi bisa sambil jalan.

Membangun konsentrasi bukan sesuatu hal yang mudah ternyata. Apalagi tidak pernah melatih konsentrasi. Konsentrasi membutuhkan fokus. Tentu saja setiap orang dalam mewujudkan konsentrasi memiliki caranya sendiri-sendiri. Ada yang bisa konsentrasi sambil mendengarkan music dan sebaliknya.

Setidaknya jika kamu sudah terlatih membangun konsentrasi, maka kamu pun akan mudah dalam membuat laporan membaca buku kumpulan puisi. Bahkan ketika dihadapkan oleh puisi yang memiliki interpretasi yang sulit sekalipun, kamu akan tik tok bisa segera menyelesaikan tugas tersebut.

2. Intensifikasi

Selain membangun konsentrasi, petunjuk kedua dalam membuat laporan membaca buku kumpulan puisi dengan cara intensifikasi. Intensifikasi merupakan proses dan unsur-unsur puisi yang mencoba untuk menjangkau permasalahan yang lebih fundamental atau mendasar. Jadi sebuah puisi tidak sekedar barisan kata yang indah dan kaya akan majas saja. Tetapi penuh dengan emosi dan ekspresi dari si penulis.

Biasannya cara ini sering dilakukan oleh pujangga besar dan yang memiliki sensitifitas tinggi. Puisi yang memiliki emosi dan konflik lebih sering kita temukan pada puisi karya-karya tokoh-tokoh ternama. Sedangkan untuk puisi seperti buatan kita, mungkin masih sangat datar dan tidak memiliki impresi dan emosi.

Emosi dan kompleksitas pesan di dalam puisi inilah yang nantinya akan menentukan tingkat kesulitan kamu dalam menginterpretasikannya. Oleh sebab itu, petunjuk pertama di tekankan untuk membangun kosentrasi.

3. Proses Imajinasi

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat proses membuat laporan membaca buku kumpulan puisi adalah proses pengimajian atau imagery. Pada dasarnya sifat dasar dari puisi adalah untuk menciptakan atau membangun citra atau imajinasi pada setiap orang yang menikmatinya.

Sekedar informasi tambahan, bahwa bentuk puisi itu tidak selamannya berbentuk seperti puisi pada umumnya. Ada puisi yang digubah menjadi musikalisasi atau puisi yang dinyanyikan dalam sebuah music. Ada pula yang berbentuk korespondensi dan bahasa. Khusus puisi musikalisasi, tentu saja tidak hanya berbentuk teks saja. Melainkan disertai pula dengan bunyi, rima dan nada. Liriknya sebagai puisi.

Perpaduan music, rima dan lirik puisi tersebut, setiap kita mendengarkan kita pun akan memiliki imajinasi sendiri saat mendengarkan. Minimal mengingatkan kita pada kenangan tertentu atau bisa pula dalam bentuk yang lain. Ini salah satu bentuk interpretasi kita. Musikalisasi lebih mudah di interpretasikan daripada puisi yang berbentuk teks.  Setidaknya dengan memahami tiga hal ini, kamu sudah tahu gambaran isi laporan membaca buku kumpulan puisi itu seperti apa dan bagaimana.

Baca juga : Contoh Laporan Membaca Buku Non Fiksi

4. Memperhatikan Judul

Setelah tiga poin di atas, maka hal yang perlu diperhatikan saat membuat laporan membaca buku kumpulan puisi adalah memperhatikan judul. Judul menjadi salah satu petunjuk dalam memahami puisi. Setidaknya dari judul kita bisa tahu cuplikan puisi tersebut berisi tentang apa. Bagaimana pun juga, judul sebagai nama dari inti puisi tersebut. dari petunjuk pertama inilah, meskipun belum tahu isinya, kamu sudah ada terbuka gambaran secara garis besar.

5. Melihat Kata Dominan

Tidak dapat dipungkiri dalam mengerjakan laporan membaca buku kumpulan puisi kita akan menemukan beberapa pilihan kata yang dominan. Banyak pula kita akan mempelajari yang namannya majas-majas.

Saat membaca puisi, perhatikan pengulangan kata yang paling sering digunakan. Biasannya sebagian orang awam menjadi dominan kata ini sebagai cara untuk melihat makna keseluruhan puisi tersebut. meskipun demikia, secara di lapangan, pengulangan kata dominan tidak selalu ada. ada beberapa puisi yang tidak ada pengulangan kata sama sekali.

6. Pahami Kata yang Bermakna Konotatif

Petunjuk laporan membaca buku kumpulan puisi yang sangat penting adalah, perhatikan dan dalami makna konotatif di dalam puisi tersebut. Setidaknya di bab ini kamu harus tahu makna konotatif itu seperti apa dan makna apa. Termasuk pula memahami dan mempelajari majas-majas dalam puisi. Karena majas juga sebagai pesan tersurat. Bagaimanapun juga, makna konotatif inilah yang seringkali membangun imajinasi pembaca.

7. Pahami Bahasa Prosa

Laporan membaca buku kumpulan puisi yang perlu dicatat adalah, pahami bahasa prosa. Tidak dapat dipungkiri jika makna di dalam larik atau bait puisi tidak bisa diartikan sesuai isi bait itu. jadi kamu perlu untuk memparafrasekan terlebih dahulu.

Perhatikan pula posisi si penyair menulis sebagai ‘aku’ atau ‘kamu’ karena posisi ini akan memudahkan kamu dalam memparafasekan. Tentu saja kamu pun tidak salah memposisikan diri dalam menginterpretasikan puisi.

8. Cari Pertalian Antar Bait dan Larik

Kita tahu bahwa penulisan puisi di tulis diatur dalam rima dan seni memilih kata. Maka dari itu, salah satu rahasia agar laporan membaca buku kumpulan puisi cepat selesai, kamu perlu memahami pertalian antar unit atau larik. Penting sekali memahami benang merah yang dituliskan oleh penulis di puisi tersebut.

Dari potongan kata dan pilihan bahasa yang bermajas tersebut, kemudian perlu kamu gabungkan menjadi satu kesatuan makna. Sebagai tambahan nih, salah satu pertalian makna dalam puisi dapat dilihat dari pemenggalan atau dilihat dari pemisahnya. Ada yang dipisahkan dengan tanda titik (.) dan koma (,). Setidaknya tanda-tanda semacam ini yang bisa kamu jadikan acuan untuk melihat pertalian atau benang merah yang ingin disampaikan penulis.

9. Perhatikan Pola Larik

Petunjuk agar laporan membaca buku kumpulan puisi lebih mudah, perhatikan pola larik. Seperti yang kita tahu bahwa penulisan puisi menonjolkan rima dan pola larik yang menarik. Selain itu lebih menekankan keindahan dan unsur puitisasi dibandingkan menonjolkan unsur formal.

Sebagai tambahan penting pula, saat kamu membuat laporan membaca buku kumpulan puisi. Juga perlu ditunjukan bagian atau larik mana yang kamu interpretasikan dalam sebuah kalimat. Setidaknya dalam satu bait atau kata atau larik puisi kamu tuliskan terlebih dahulu. Kemudian baru diinterpretasikan atau diartikan sesuai pemahaman, pendapat kamu.

Itulah 9 petunjuk agar mahir membuat laporan membaca buku kumpulan puisi yang bisa kamu coba. jika kamu masih merasa kesulitan, itu hal yang wajar. Karena butuh proses dan latihan agar bisa mahir mempraktekannya. Adapun kelebihan tugas membuat laporan membaca buku kumpulan puisi. Setidaknya kamu pun akan belajar konsentrasi dan melatih kemampuan analitis dalam berfikir. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Dapatkan buku bahasa dan sastra hanya di Deepublish – Gudang Buku Kuliah paling lengkap.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang