Membaca Pikiran dan Karakter Orang Lain dalam Bisnis

toko buku kuliah

Buku ini menyatakan bahwa membaca pikiran dan karakter orang lain sangat mungkin dilakukan melalui tiga hal yaitu (1) bahasa tubuh/ gesture, (2) ekspresi wajah, dan (3) perkataan dan nada suara. Dari ketiga sumber informasi tersebut, kita mampu menarik sinyal-sinyal pikiran dan karakter lawan bicara kita.

Buku ini dilengkapi dengan banyak contoh. Untuk membaca orang lain melalui bahasa tubuh, buku ini mengklasifikasikan gestur menjadi beberapa hal yaitu (1) area tangan mencakup bagaimana lawan bicara kita berjabat tangan dengan kita, lalu (2) tatapan mata dan senyuman, (3) postur tubuh, apakah lawan bicara kita duduk atau berdiri dengan tegap atau mencondongkan sebagian tubuhnya ke arah kita, serta seberapa besar jarak personal (personal space) di antara kita dan lawan bicara, (4) gerakan kepala, lengan tangan, dan kaki.

Membaca bahasa tubuh orang lain itu sulit karena cara kita memastikan bahwa apa yang kita baca dengan apa yang senyatanya ada dalam pikiran orang lain itu sulit untuk diketahui secara pasti. Ketika kita berinteraksi dengan orang lain, seringkali apa yang membuat kita percaya dengan kata-katanya tidak tunggal berasal dari kata-katanya tetapi juga sikapnya saat menyampaikan.

Keuntungannya, kita dapat mengatur bahasa tubuh kita agar tidak terlalu ekspresif berlebihan dalam bekerja di dunia bisnis. Akan tetapi, kita mampu untuk mendapatkan informasi penting dari lawan bicara kita.

Kelebihan buku ini adalah memberikan panduan sangat praktis mengenai hal yang sangat abstrak untuk dilakukan. Sehingga bagi kita, sebagai orang awam, tips dan trik yang diberikan sangat mudah untuk diikuti walaupun tidak semuanya sesuai dengan konteks perilaku yang umum terjadi di Indonesia.

Kekurangan buku ini adalah karena buku ini memberikan panduan yang amat sangat praktis, maka kesalahan hasil baca pikiran dan karakter orang lain juga akan mudah untuk jadi tidak tepat. Karena cara yang digunakan sangat menyederhanakan dari sebuah proses yang dialami oleh seorang individu dalam bersikap dan berperilaku. [Sarah Kartika Pratiwi]

 

Referensi:

Gemilang, J. 2013. Tips Trik Jitu Membaca Pikiran dan Karakter Orang dalam Bisnis. Rahasia Sukses Membangun Kerajaan Bisnis dan Negosiasi. Yogyakarta: Mantra Books.

– See more at: http://www.deepublish.co.id/penerbit/artikel-cerdas/171/Membaca-Pikiran-dan-Karakter-Orang-Lain-dalam-Bisnis#sthash.U1e34gT7.dpuf

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang