Logo toko buku deepublish

Tenis Meja: Pengertian, Sejarah dan Teknik Dasar

pengertian dan teknik dasar tenis meja
Bagikan

Olahraga tenis meja salah satu cabang olahraga yang sebenarnya cukup menarik. Bagaimana tidak menarik jika olahraga satu ini juga diikutkan dalam ajang kejuaraan tingkat nasional hingga tingkat internasional. Barangkali kamu salah satu yang tertarik dengan cabang olahraga tenis meja? 

Tenang masih banyak kesempatan dan peluang. Nah, berbicara tentang olahraga tenis meja, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas dari A sampai Z. Jadi buat kamu yang masih awam tentang olahraga ini, bisa langsung simak ulasannya sebagai berikut. 

Pengertian Tenis Meja

Pengertian tenis meja adalah cabang olahraga yang permainannya menggunakan bola kecil. Permainan tenis ini adalah dengan cara memukul bola tersebut. Alat pukul menggunakan bet yang dilapisi karet. Permainan tenis meja juga menggunakan sebidang meja. Dulu olahraga ini hanya digunakan untuk sarana rekreasi, namun sekarang menjadi cabang olahraga yang diikutkan dalam olimpiade.

Sejarah Tenis Meja

Pasalnya tidak banyak orang yang tahu jika cabang olahraga ini termasuk olahraga untuk permainan kelas atas di abad ke-19-an pertama kali di Inggris. 

Dulu olahraga tenis ini tidak seperti yang terjadi sekarang. Dulu permainannya masih menggunakan benda dan alat sederhana. Misal menggunakan susunan buku yang berderet-deret atau menggunakan gabus tutup botol. 

Pernahkah kamu mendengar ping pong? Yap betul sekali ping pong nama lain dari cabang olahraga tenis meja. Karena di tahun 1901 Perusahaan Inggris J. Jaques & Son Ltd. menggunakan nama ping pong sebagai merek dagang, akhirnya olahraga ping pong cari-cari nama lain, dan sekarang kita mengenalkan sebagai olahraga tenis meja. 

Sampai di sini, ada yang pernah memainkan tenis meja? Jika pernah, pernahkah kamu mengamati bentuk bola tenis meja? Pasalnya di sana ada tanda bintang. Ada yang bertanda bintang satu dan ada juga yang bertanda bintang tiga. Nah simbol bintang inilah yang menunjukkan derajat atau strata permainan bulu tangkis. 

Promo Skripsian

Semakin tinggi kualitas kamu, maka kamu akan memainkan bola berbintang tiga. Sayangnya bola tenis ini bersimbol bintang ini hanya digunakan dalam turnamen resmi atau dalam lomba kejuaraan. Kalo untuk latihan mah, asal bola tidak ada simbol apapun juga bisa. 

Lantas, kapan olahraga ini masuk di Indonesia? Ternyata olahraga tenis meja baru masuk ke Indonesia di tahun 1930-an. Waktu itu masih menggunakan nama istilah ping pong, dan memiliki komunitas yang bernama PPPSI atau Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia di tahun 1939. 

Berlanjut lagi di tahun 1958 Di Surakarta ada kongres dan nama PPPSI berganti menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia atau disingkat dengan PTMSI. Nah, inilah sejarah tenis meja. Sekarang cabang olahraga ini masih diminati, terutama para atlet yang ingin mengikuti kejuaraan.

Standarisasi Alat Olahraga Tenis Meja

Daftar Reseller

Jika kamu mengaku suka dengan cabang olahraga tenis meja, tentu saja harus tahu standard dan spesifikasi meja tenis itu berapa dong. Buat yang belum tahu, bisa intip di bawah. 

1. Bola tenis 

Bola tenis meja memang terbilang kecil. Standar berat bola yang digunakan adalah 2,7 gram, dengan diameter 40 mm. BOla dibuat menggunakan bahan plastik atau seluloid. Dari segi pemilihan warna, bola harus berwarna putih atau orange.

2. Bet 

Mungkin ada yang asing dengan nama bet? Bet adalah alat pemukul bola. Bet dibuat dari kayu dengan lebar 15 dan panjang 25,5 cm. Nah, umumnya bet akan dilapisi perekat yang terbuat dari serat karbon atau serat kaca. Sementara di sisi daun bet yang digunakan untuk memukul bola akan dilapisi karet halus, ada juga yang bintik dan licin.

3. Meja Tenis

Spesifikasi ukuran meja tenis dengan panjang panjang 274 cm, lebar 152,5 cm dengan tinggi 76 cm. Adapun ketebalan meja setebal 3 cm dan luas meja 4,1785 m2

Berbicara masalah meja tenis, harus dibuat sesuai dengan standar Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). Dimana meja tenis dibuat dengan memperhatikan bahan permukaan meja. Pastikan permukaan meja standarnya, dikatakan standar apabila saat bola dijatuhkan mampu memantulkan setinggi 23 cm dari ketinggian 30 cm. Perhatikan juga masalah warna meja tenis, pilih warna biru dan hijau gelap, dan sudah diberi garis putih di setiap sisi lebar 2 cm. Begitupun dibagian tengah juga sudah ada garis tengah selebar 3 mm.

4. Net 

Pembuatan net juga wajib diperhatikan. Standar dari ITTF tinggi net untuk ajang kejuaraan atau pertandingan kelas internasional net dipasang dengan ketinggian net 15,25 cm, dengan panjang 183 cm. Perhatikan juga jarak antar meja ke tiang net, standarnya 15,25 cm.

Itulah standarisasi alat olahraga tenis meja. Jadi buat kamu yang ingin beli lapangan untuk latihan di rumah, tidak ada salahnya menyesuaikan standar dari ITTF. Semoga bermanfaat.

Daftar Open Reseller

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Teknik dasar permainan olahraga tenis meja ada empat teknik. Teknik apa sajakah itu? Yuks langsung simak ulasanya berikut ini. 

1. Memegang bet 

Pengetahuan dasar yang tidak kalah penting untuk dipahami calon pemain tenis meja, yaitu cara memegang bet. Ada tiga teknik memegang bet, sebagai berikut. 

  1. Shakehand grip 

Shakehand grip adalah teknik yang memegang bet seperti halnya seperti sedang berjabat tangan. 

  1. Penhold Grip 

Ada juga teknik penhold grip yaitu memegang bet dengan cara mencengkeram pena.

  1. Seemiller grip 

Seemiller grip adalah teknik yang merupakan percabangan dari handshake. 

Dari ketiga teknik memegang bet di atas, kamu lebih tertarik dan nyaman dengan cara mana? Kamu bisa tuliskan jawabannya di kolom komentar. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

2. Teknik Stance 

Teknik dasar permainan olahraga tenis meja adalah memperhatikan posisi postur tubuh. Tubuh yang benar dalam bentuk siap siaga. Posisi tubuh siaga dimulai dari badan, tangan dan kaki. Posisi dalam kondisi bertahan dan siap melawan lawan. 

Sekedar informasi buat kamu yang ingin belajar teknik stance, ada dua teknik bentuk, sebagai berikut. 

  1. Side stance 

Teknik side stance adalah teknik yang memposisikan badan menyamping ke kiri maupun ke kanan. 

  1. Square stance

Sementara teknik square stance adalah teknik memposisikan tubuh berhadapan ke arah atau menghadap meja tenis. 

3. Teknik Footwork 

Saat berolahraga tenis meja, perhatikan posisi dan gerakan kaki, karena ini juga teknik dasar yang wajib kamu tahu. Namannya teknik footwork atau teknik gerakan kaki. Nah, teknik ini mendekati bola dalam posisi menyerang atau bertahan. Adapun tips buat kamu yang ingin menggunakan teknik footwork, sebagai berikut. 

  1. Lutut sedikit ditekuk 
  2. Samakan berat badan terhadap kedua kaki
  3. Jika ingin melangkah ke kiri, pastikan kaki kiri di geser ke arah kiri disertai dengan gerakan badan juga ke arah kiri. 
  4. Jika ingin melangkah ke sisi kanan, maka kaki kiri disertai badan ke kanan. 
  5. Jika ingin melakukan pukulan forehand, maka posisi kaki kanan ditarik ke belakang  
  6. Setelah mengawali pukulan, perhatikan arah bola datang kembali

4. Teknik stroke atau teknik service 

Ada juga yang namanya teknik stroke yaitu pukulan yang dilakukan saat kamu menyerang lawan. Ada dua bentuk teknik stroke yaitu teknik forehand dan backhand. 

  1. Forehand 

Teknik forehand adalah teknik yang dilakukan berdasarkan kebutuhan saat pertandingan sedang berlangsung. Adapun tips jika ingin menggunakan teknik ini. 

  • Pastikan badan dalam posisi tegap 
  • Kaki selebar bahu dan lutut, dan kaki sedikit ditekuk 
  • Tangan kanan memegang bet, siap memukulkan bola ke arah lawan. Sementara tangan kiri memegang bola tenis ditelapak yang terbuka 
  • Lambungkan bola ke atas, saat bola berada lurus dengan permukaan bola, ayunkan bet.
  1. Backhand 

Sementara backhand adalah teknik yang menyesuaikan situasi dan kondisi yang dihadapi setiap pemain tenis saat bertanding. Ada beberapa tips dengan teknik servis backhand, sebagai berikut. 

  • Siapkan badan dalam kondisi tegak menghadap ke lawan 
  • Posisikan kaki kanan condong ke depan 
  • Tangan kanan menyilang di samping badan saat memegang bet. 
  • Tempatkan siku dengan cara menekuk 
  • punggung lengan posisikan mengarah ke depan 
  • Tangan kiri memegang bola sejajar dengan dada 
  • Ayunkan bet ke depan saat bola memantul agar menyeberangi net ke arah lawan.

Teknik Serangan (Attacking) 

Olahraga ini memang tidak sekedar permainan bola saja. Tetapi ada aturan dan teknik. Termasuk dalam melakukan serangan pun juga ada tekniknya. Berikut teknik serangan (attacking) olahraga tenis meja. 

1. Penyerangan Tenis meja 

Salah satu kunci keberhasilan dalam mengalahkan lawan adalah melakukan penyerangan. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menyerang lawan? Berikut ada beberapa jenis pukulan untuk menyerang lawan, sebagai berikut. 

2. Push 

Push adalah pola penyerangan pada olahraga tenis meja yang bertujuan untuk memukul bola dan mendorong bola. Bentuk pukulan bisa saja berbentuk poloh, cukup gunakan satu putaran sekaligus sebagai bentuk pertahanan guna menyerang balik lawan. 

Pukulah Push juga salah satu bentuk mengembalikan pukulan chop dan push ke lawan. Bentuk push ada dua, yaitu backhand push dan forehand push yang sudah diulas sebelumnya. 

3. Drive 

Drive adalah pukulan yang tekanan pukulan tidak terlalu keras dan tidak bertenaga. Cara ini hanya untuk sedikit berputar hasil pukulan bola. 

Meskipun tekanan bola tidak terlalu kuat, ternyata juga termasuk pola penyerangan karena dapat mengontrol pukulan drive. Nah, pukulan drive itu sendir ada yang disebut backhand drive dan forehand drive yang juga sudah diulas di paragraf atas. 

4. Chop 

Serangan pukulan chop adalah pukulan bola yang memiliki gerakan penebangan pohon menggunakan kapak. Pukulan ini termasuk penyerangan, adapun manfaat dari pukulan ini, yaitu membalikan berbagai bentuk pukulan yang diarahkan dari lawan. 

5. Service 

Service adalah teknik penyerangan lawan dengan teknik penyajian bola pertama. Jadi kamu orang yang memukul pertama kali dalam babak permainan. Disebut-sebut, pembuatan service memberikan peluang untuk mengalahkan lawan loh, tentu saja jika permainan bisa kamu kendalikan secara benar. 

6. Spin 

Spin adalah pukulan bola yang dilakukan saat putaran permainan bola telah dipukul. Jadi permainan tik-tik-tik-tok dengan lawan terkesan kurang sentuhan atau pukulan bola, meskipun demikian, pengembalian bola ke lawan bentuk dari penyerangan. 

Adapun bentuk dari spin, yaitu backhand spin dan forehand spin, untuk penjelasannya sudah di ulas juga di paragraf atas. 

7. Lob 

Cabang olah raga tenis meja dalam bentuk pukulan Lob juga wajib kamu kuasai. Lob adalah jenis pukulan yang mengarahkan bola ke belakang meja lawan dari jarak jauh. Penyerangan teknik ini akan menghasilkan pantulan bola jatuh di lapangan lawan di bagian belakang pinggir.

8. Smash 

Siapa sih yang tidak tahu tentang smash? Smash adalah pukulan bola yang dipukul secara keras dan menukik tajam. Smash dapat dilakukan ketika pukulan dilakukan dalam kecepatan dan tekanan maksimal, sehingga bola dapat berputar dan berak cepat, pihak lawan pun akan terpeset mengembalikan bola.

Teknik Pertahanan (Block)

Tidak berhenti sampai serangan saja. Jika ada serangan berarti ada pertahanan. Nah berikut ada dua bentuk teknik pertahanan yang umum dilakukan dalam pertandingan tenis meja, sebagai berikut. 

1. Blok 

Teknik blok adalah pertahanan yang dilakukan untuk menghindari bola mendekati net. Umumnya terjadinya teknik blok ini karena bola tidak polos yang tidak memiliki putaran. Ada juga yang menyebutnya teknik ii sebagai teknik jarak dekat dengan meja. Sehingga kita harus mengeluarkan tenaga ekstra jika ingin mengembalikan bola ke lawan dengan teknik desakan. 

Teknik blok juga salah satu strategi untuk mengurangi dan menguras energi lawan. Ketika energi sudah lemah, maka akan menyerang tenaga pada setiap pembuatan service dan pertahanan bola. Strategi ini juga lebih sering digunakan untuk pihak lawan yang sudah berjaga dan bersiap jauh dari meja. 

2. Counter 

Counter adalah upaya mengembalikan servis lawan. Dengan baik. Teknik atau postur tubuh yang pas digunakan dengan posisi kuda-kuda agar siap dari berbagai macam serangan lawan. Apabila servis yang dibuat lawan tidak dapat dikembalikan, maka lawan pun akan menyerang lebih mudah. Itu berarti permaianan sudah dikendalikan oleh lawan. Jadi pastikan untuk tetap konsentrasi dan agar tidak mudah.

Induk Organisasi Tenis Meja

Saat berbicara tentang Induk organisasi tenis meja maka kita akan berbicara tentang International table Tennis Federation (ITTF) atau yang familiar kita dengar dengan Federasi Tenis Meja Internasional. ITTF adalah badan resmi spesialis mengatur seluruh asosiasi tenis meja nasional di masing-masing negara yang sudah menjadi anggotanya. 

Adapun fungsi lain dari induk organisasi tenis meja, yaitu sebagai pengawas aturan dan regulasi. Tujuannya untuk meningkatkan dan memaksimalkan para anggota. Kini ITTF telah diikuti 140 negara, salah satu anggotanya adalah Indonesia.

Tahukah kamu jika sejarah olahraga tenis ini pertama kali masuk di Indonesia tahun 1930. Dahulu banyak dimainkan para penjajah belanda sebagai hiburan mereka. Menariknya, orang pribumi tidak sembarang orang yang boleh memainkan permainan ini loh. Tentu saja cerita ini sudah tidak berlaku lagi bagi masyarakat modern. SIapapun sudah dapat memainkan olahraga tenis meja satu ini.

Ternyata olahraga ini menarik untuk diikuti. Sampai di sini, masihkah kamu ingin menjadi atlet yang ingin menekuni cabang olahraga ini dan mengikuti ajang kejuaraan? Tetaplah semangat dan yakini mimpimu adalah kekuatan, dan jadilah orang yang mengharumkan Negara di kancah internasional.

(Irukawa Elisa)

Artikel terkait lainnya:

Baca Materi Penting Lainnya