Logo toko buku deepublish

Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

contoh teks prosedur
Bagikan

Teks prosedur kompleks merupakan salah satu jenis teks prosedur yang isinya memiliki struktur dan ciri kebahasaan yang khusus. Jika kamu sering mencari solusi atau tips cara melakukan sesuatu hal, maka kamu sebenarnya sedang membaca tulisan jenis teks prosedur.

Di artikel sebelumnya, Kita sudah bahas mengenai teks prosedur secara lengkap dan teks prosedur yang paling umum, ada dua jenis. Yaitu teks prosedur kompleks dan teks prosedur biasa/umum. Meskipun ada dua jenis, keduanya memiliki persamaan, yaitu sama-sama memberikan informasi tutorial atau cara melakukan kegiatan tertentu.

Mungkin kamu pernah mencari tahu tentang resep memasak rendang, cara membuat batagor, atau mungkin mencari tips langkah membuat SKCK, dan lain sebagainya. 

Ternyata teks prosedur kompleks adalah jenis bacaan yang cukup banyak dicari, dibandingkan jenis tulisan lain. Alasannya sangat sederhana, karena menawarkan informasi dan solusi. Nah, buat kamu yang ingin tahu tujuan, dan ciri dari teks prosedur kompleks, bisa temukan jawabannya di sini. 

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Umumnya, teks prosedur kompleks merupakan teks yang memuat langkah-langkah tentang sesuatu hal fokus mengulas tentang bagaimana menyelesaikan sesuatu secara rinci. Nah, salah satu cara agar pembaca mudah memahami, seringkali ditulis dalam bentuk step-step atau langkah-langkah secara runtut. 

Mungkin di dalam bayangan pikiran kamu, mengulas tentang tips-tips sederhana secara detail? Ternyata teks prosedur kompleks ini bentuknya lebih kompleks, rumit dibandingkan teks pada umumnya. Dari segi penyampaian bahasa, teks prosedur kompleks umumnya dikemas dalam bentuk eksposisi atau menjabarkan secara jelas.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan utama teks prosedur kompleks, yaitu untuk memberikan kemudahan bagi orang lain yang tidak tahu menjadi tahu mengenai langkah-langkah mengerjakan sesuatu, sehingga orang yang tidak tahu sama sekali menjadi tahu urutan yang harus dilakukan, alat dan bahan yang digunakan.

Bahkan untuk kasus tertentu, tujuan teks prosedur kompleks tidak sekedar memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pembacanya. Akan tetapi, bisa memudahkan kehidupan mereka dan memberikan jalan kesuksesan bagi mereka diluar sana yang sudah benar.

Contoh sederhana, seperti tips cara menjadi youtuber bagi pemula, lengkap cara pengaturan dan cara menyeting video. Berkat teks prosedur kompleks tersebut, orang tersebut bisa menjadi seorang youtuber yang berpenghasilan banyak uang. Dari penghasilannya, bisa membahagiakan orangtuanya, bisa membantu orang susah di jalanan dan masih banyak kemanfaatan. 

Jika dilihat tujuan, satu hal yang pasti ada banyak tujuan dan manfaat bagi pembaca. Meski hanya informasi sederhana, selama disampaikan secara valid, akan memberikan dampak dan manfaat besar bagi hidup orang lain di luar sana.

Daftar Open Reseller

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

teks prosedur kompleks
Teks Prosedur Kompleks

Barangkali ada diantara kamu yang penasaran, apa sih ciri-ciri teks prosedur kompleks? Berikut ciri-cirinya. 

1. Ditulis Dalam Bentuk Langkah-Langkah 

Secara garis besar, teks prosedur kompleks akan ditemui dalam bentuk langkah-langkah atau step by step. Fungsinya, agar mudah dipahami dan memudahkan untuk mempraktekannya. 

2. Berkelanjutan 

Selain ditulis secara step by step, pastinya teks ditulis secara berkelanjutan antara langkah pertama, kedua hingga seterusnya. Jika teks prosedur tidak berkelanjutan, maka tidak masuk ke dalam kategorisasi ini.  

3. Bersifat Informatif

Meskipun ditulis dalam bentuk langkah atau tata cara. Dari segi isi pesan teks, tetap memuat dan bersifat informatif. Dimana pembaca memiliki nilai kebermanfaatan dari langkah-langkah yang dituliskan.  

4. Dijelaskan Secara Rinci 

Ciri teks prosedur kompleks yang keempat, tiap poinnya dijelaskan secara rinci. Penjelasan ini ditujukan agar pembaca paham dengan maksud dan alur yang seharusnya dikerjakan. 

5. Bersifat Objektif 

Karena teks prosedur kompleks berisi langkah dan tata cara. Maka penting sekali melihat keaslian dan keobjektifan informasi. Pastikan informasi yang disampaikan benar, dan bukan imajinasi ataupun berbohong.  

promo 8.8

6. Bersifat Universal 

Ciri teks prosedur kompleks juga harus ditulis secara universal atau dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Setidaknya teks prosedur dapat diterapkan, dipraktekan oleh siapapun tanpa terkecuali. Tidak pula memihak atau mengeksklusifkan pada pembaca tertentu. 

7. Aktual dan Akurat 

Seperti yang disinggung sebelumnya, jika teks prosedur kompleks adalah teks yang dapat dipraktekan oleh orang lain diluar sana. Itu sebabnya, penting sekali untuk menuliskan teks secara aktual dan akurat. Jangan sampai orang yang mencoba dan mengikuti teks terjerumus dan mengalami ketersesatan. 

8. Logis 

Ciri yang terakhir, tentu saja ditulis secara logis dan sistematis. Bagaimana teks prosedur kompleks dapat ditiru atau dipraktekan? Jika ternyata hanya bualan dan rekayasa semata. Semakin logis teks prosedur kompleks yang disuguhkan, semakin banyak orang yang ingin mempraktekan dan mencobanya. 

Itulah delapan ciri-ciri teks prosedur kompleks yang perlu digaris bawahi. Setidaknya ciri-ciri di atas dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengidentifikasi teks prosedur kompleks yang tersebar di dunia digital.

Baca juga: Teks Argumentasi

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Selain ciri-ciri yang sudah disebutkan di atas, ada ciri berdasarkan kebahasaan. Langsung saja kita simak ciri kebahasaan teks prosedur kompleks di bawah. 

1. Menggunakan Bahasa Baku 

Mengingat Indonesia Negara kepulauan, dan memiliki beragam bahasa. Maka, penulisan teks prosedur kompleks wajib menggunakan bahasa baku. Tujuannya, agar mudah dipahami oleh semua kalangan dari sabang sampai merauke. Setidaknya bahasa baku salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya multi tafsir. 

Jika penulisan teks prosedur menggunakan bahasa daerah. Kemungkinan besar akan terjadi salah pemahaman, salah arti dan bisa juga memicu perselisihan, karena beberapa kosakata di daerah A mungkin biasa dan sopan. Namun di daerah lain, ada beberapa kosakata yang dianggap lancing dan tidak sopan. Selain itu, penggunaan bahasa baku adalah bahasa yang formal. 

2. Menggunakan Kata Hubung 

Adapun ciri berdasarkan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks, terkait penggunaan kata hubung. Jadi kamu bisa menggunakan dua kata hubung, yaitu kata hubung waktu dan kata hubung syarat. Salah satu ciri teks prosedur kompleks kata hubung ditulis secara kronologis dan sistematis. 

3. Menggunakan Verba 

Ciri kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks yang kedua dapat dilihat dari bentuk verbanya. Kamu bisa menggunakan verba material yang berbentuk tindakan fisik. Bsa juga menggunakan verba tingkah laku. Umumnya penggunaan verba tergantung dari tema yang akan diangkat. 

4. Menggunakan Kata Perintah 

Ciri kebahasaan teks prosedur kompleks yang keempat adalah menggunakan kata perintah. DImana isi dari langkah-langkah mengajak pembaca untuk mencoba, mempraktekan dan ikut merasakan pengalaman yang sama seperti yang sudah dituliskan. 

5. Bisa menggunakan Pertanyaan atau Pernyataan 

Adapun ciri kebahasaan yang akan sering kita temukan dalam teks prosedur kompleks. Kita akan menemukan kalimat pernyataan dan pertanyaan. Hal ini wajar, karena memang teks prosedur ini sifatnya menjawab sebuah pertanyaan dari para pembaca. 

6. Menggunakan Bilangan 

Jika kamu mengamati dan memperhatikan secara seksama. Teks prosedur kompleks banyak yang menggunakan bilangan. Fungsinya untuk memberikan penanda, atau sebagai tanda urutan teks yang sedang dibahas agar lebih runtut. 

7. Partisipasi Manusia 

Teks prosedur kompleks dilihat dari kaidah kebahasaannya perlu partisipasi atau kehadiran manusia. Tujuannya beragam, agar teks disampaikan lebih menyatu, agar mudah dipahami ataupun sebagai pelengkap.

Ternyata ciri-ciri teks prosedur kompleks ada beberapa variasi. Dari variasi kebahasaan dan ciri secara umum, ciri mana yang paling mudah kamu ingat? Boleh ditulis di kolom komentar ya. 

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Buat yang suka menulis, dan punya pengalaman banyak hal tentang teks prosedur kompleks, kamu bisa menulis dan berbagi kepada pembaca di luar sana loh. Nah, buat kamu yang ingin mencoba menulis teks prosedur kompleks, ada struktur yang harus kamu perhatikan, seperti di bawah. 

1. Judul 

Struktur paling utama adalah bagian judul. Judul bisa kamu isi apa saja yang ingin kamu bagikan, dan sesuai dengan pengalaman dan ilmu pengetahuan kamu. Misalnya, kamu suka memasak. Kamu bisa membuat teks prosedur singkat bagaimana cara memasak rendang, memasak nasi goreng dan masih banyak lagi. 

Atau bisa juga dengan membuat teks prosedur kompleks seperti cara membuka rekening bank X, atau berbagi pengalaman cara mengikuti SNMPTN dan masih banyak lagi yang bisa kamu bagikan menggunakan judul yang beragam pula. 

2. Tujuan 

Struktur kedua, harus ada bagian tujuan. Umumnya di bagian tujuan berisi tentang perbuatan yang hendak dicapai.

3. Bahan-Bahan 

Sementara struktur bahan-bahan menuliskan bahan apa saja yang dibutuhkan atau yang diperlukan oleh pembaca. Fungsinya, saat praktek, tidak mengalami kekurangan alat atau bahan apapun. 

4. Langkah-Langkah

Barulah masuk di struktur keempat, yang berisi langkah-langkah proses pembuatan. Jika langkah  perpoin dibutuhkan penjelasan, bisa dituliskan penjelasan secara rinci, agar pembaca lebih paham. 

Dari keempat struktur teks prosedur kompleks tersebut bisa dijadikan sebagai acuan untuk menuliskannya. 

Perbedaan Teks Prosedur Dan Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks berbeda dengan teks prosedur. Lantas, apa saja sih perbedaan diantara keduanya? 

Teks prosedur adalah teks yang berisi karangan petunjuk teknis. Hanya menuliskan per poinnya saja. Sementara teks prosedur kompleks berisi petunjuk teknis, namun memiliki urutan lebih panjang, rumit namun saling berhubungan satu dengan yang lain. 

Jadi, yang membedakan dari keduanya, hanya dari isinya saja. Secara esensi, keduanya sama. Jika dari segi isi lebih rumit, dan memiliki prosedur lebih panjang dan rumit, secara otomatis akan masuk dalam kategorisasi teks prosedur kompleks. 

Jika teks prosedur bisa dipraktekan dan dikerjakan secara mudah dan cepat. Kebalikan dengan teks prosedur kompleks. Umumnya untuk mempraktekannya butuh waktu, dan butuh tenaga lebih banyak.

Contoh, cara membuat SIM tentu butuh waktu untuk belajar teori tes tulis dan belajar praktek berkendara terlebih dahulu agar lolos saat melakukan tes praktek di lapangan. Akan beda dengan teks prosedur biasa, seperti cara memasak mie goreng. Tidak perlu waktu lama dan tenaga, tinggal praktek dan jadi deh.

Kesimpulan Singkat

Kesimpulan dari uraian di atas, teks prosedur kompleks dapat diartikan sebagai tulisan yang berisi tentang tahap dan langkah-langkah atau prosedur membuat sesuatu. Karena berbentuk langkah-langkah, maka penulisan disusun secara terstruktur, terinci dan dan harus jelas. 

Dimana teks prosedur dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara sederhana dan ditulis secara singkat. Ada juga yang ditulis dengan cara kompleks, yang dibutuhkan penjelasan lebih terperinci dan saat dipraktekan butuh tenaga dan waktu. 

Semoga sedikit ulasan tentang teks prosedur kompleks ini bermanfaat. Semoga bermanfaat. (Irukawa Elisa)

Baca juga artikel lain terkait teks.

Baca Materi Penting Lainnya
marketing-mix

7 Bauran Pemasaran: Pengertian dan Konsep

Bagikan

Dalam dunia pemasaran dikenal konsep marketing mix. Pengertian dan Konsep Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 7P pasti kalian sering mendengar istilah bauran pemasaran atau marketing mix.

Download Katalog

Ingin Kerja Sampingan dan Dapat Pendapatan Hingga Puluhan Juta per Bulan? Gabung Reseller Buku Deepublish Solusinya

hanya s.d. 17 Agustus 2022