Logo toko buku deepublish

7 Teknik Dasar Permainan Bola Basket dan Penjelasan

teknik dasar permainan bola basket
Bagikan

Permainan bola basket termasuk ke dalam permainan olahraga yang sangat populer di Indonesia dan juga di seluruh dunia. Peminatnya datang dari semua kalangan, baik pria maupun wanita. Tetapi, hal pertama wajib memahami teknik dasar permainan bola basket.

Bola basket juga sering dipertandingkan karena memiliki permainan yang seru dan menantang. Sehingga tidak sedikit lomba olahraga yang menghadirkan permainan basket di dalamnya. 

Apakah kamu menyukai permainan satu ini? Kebanyakan orang menyukainya, karena memiliki aturan sederhana dan jika sudah terjun ke lapangan maka akan merasakan keseruan yang luar biasa. 

Namun, sebagaimana permainan olahraga lainnya maka di dalam bola basket ada sejumlah aturan dan teknik permainan. Bagi siapa saja yang ingin bermain basket baik untuk menikmati hobi maupun melakukannya secara profesional. Pahami dan kenali dulu teknik-teknik permainannya seperti apa. 

Permainan Bola Basket

Sebelum mengenal seluruh teknik dasar permainan bola basket, maka bisa mengenal dulu apa itu permainan bola basket. Permainan atau olahraga bola basket adalah permainan olahraga bola besar yang mempertandingkan dua tim basket. 

Olahraga bola besar lainnya adalah bola voli, namun bola basket berbeda dengan bola voli dalam segi aturan. Misalnya dari aturan perhitungan nilai atau skor, pada bola voli akan ditentukan tim mana yang menjadi pemenang dengan melihat skor terbanyak dicapai siapa. 

Sementara di bola basket, bergantung pada durasi permainan yang terbagi menjadi empat babak. Jadi penentu pemenang adalah tim yang meraih skor terbanyak setelah menyelesaikan semua babak. Sementara bola voli durasi permainannya fleksibel, bisa lebih singkat atau sebaliknya. 

Promo Hari Buku Nasional

Bola basket dimainkan dengan cara berebut bola antara dua tim, kemudian skor didapatkan setelah memasukan bola di ring tim lawan. Ring bola basket berbentuk seperti keranjang kecil yang menggantung di sebuah tiang dengan bagian ujung diberi papan. 

Skor yang diraih akan ditentukan oleh cara memasukan bola ke ring lawan, skor ini berkisar antara 1 poin sampai 3 poin. Misalnya saja memasukan bola tepat di bawah ring lawan maka biasanya skor yang didapat adalah 1 poin. Sedangkan bola yang dimasukan dari tengah lapangan, maka skornya adalah 3 poin. 

Permainan bola basket pertama kali dicetuskan pada musim dingin di Amerika Serikat oleh James Naismith. Dulunya bola basket hanya dimainkan di dalam ruangan, dan kini bisa di dalam atau di luar ruangan. 

Daftar Reseller

Permainan ini terus berkembang dan dikenal luas oleh seluruh dunia. Ada banyak turnamen olahraga yang mempertandingkan bola basket. Salah satu asosiasi yang juga rutin menggelar turnamen bola basket adalah NBA (National Basketball Association). 

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Sebagaimana yang dijelaskan di awal, permainan bola basket tidak bisa dimainkan secara asal karena terdapat sejumlah aturan yang menyertainya. Mulai dari jumlah pemain setiap tim, kemudian ukuran lapangan, ketentuan mencetak skor, sampai pada teknik dasar permainan bola basket. 

Bicara mengenai teknik dasar dalam permainan bola basket maka teknik ini menjadi teknik yang wajib dikuasai sejak awal. Jika menguasainya maka dipastikan bisa memainkan bola basket dengan baik. Tidak hanya bisa mencetak skor melainkan bisa bermain sportif sesuai aturan yang berlaku. Berikut beberapa teknik dasar yang dimaksudkan: 

1. Memegang Bola

Teknik dasar yang pertama dan wajib dipahami sekaligus dikuasai dalam bola basket adalah memegang bola. Jangan disepelekan dulu, saat mendengar kata “memegang bola” mungkin akan terlintas pikiran, “apa susahnya memegang bola?”

Memang benar, bahwa memegang bola pada dasarnya adalah memegang bola basket di tangan. Hanya saja, bola di dalam permainan basket ini berukuran besar dan ada teknik khusus agar tidak mudah lepas supaya tidak mudah diambil tim lawan. 

Jadi, bola basket harus dipegang menggunakan dua tangan dimana keduanya diletakkan di kanan dan kiri bola. Selain itu jari di kedua telapak tangan harus direntangkan agar bola tidak mudah lepas dan tidak mudah direbut lawan.

Contoh cara memegang bola basket adalah seperti pada gambar. Sehingga bola harus dipegang dengan kedua telapak tangan dan jari direntangkan atau direnggangkan. 

Daftar Open Reseller

2. Melempar Atau Menangkap

Teknik dasar permainan bola basket berikutnya adalah melempar atau menangkap bola, dalam istilah lain disebut mengoper bola. Teknik ini menjadi teknik dasar karena bola basket bukan permainan tunggal seperti bulutangkis. 

Bola basket adalah permainan tim sehingga dibutuhkan kerjasama antar setiap pemain dalam satu tim agar bisa mencetak skor sebanyak mungkin. Kerjasama ini terlihat dari proses oper bola, yakni saling menangkap dan menerima bola. Berikut beberapa cara dalam melempar bola basket tersebut:

a. Chest Pass

Pertama adalah dengan cara chest pass atau operan dada dan merupakan cara paling umum untuk melempar bola ke pemain lain dalam satu tim. Pada teknik ini bola dipegang dan diletakkan di depan dada dengan posisi kedua siku menekuk. 

teknik chest pass bola basket

Perlahan bola didorong ke depan menuju ke arah pemain lain dalam satu tim. Saat melempar atau mendorong bola ke depan usahakan melihat sekeliling, jangan sampai saat bola di tengah jalan berhasil diambil oleh tim lawan.

b. Overhead Pass

Cara kedua dalam melempar bola di permainan bola basket adalah overhead pass atau operan di atas kepala. Sesuai dengan namanya, cara melempar bola ini adalah dengan menempatkan bola di atas kepala lalu dilempar ke depan.

teknik overhead pass bola basket
teknik overhead pass bola basket

Umumnya pemain akan melempar bola dengan menjentikan jari tangan, sekaligus dibuat melengkung. Tujuannya agar bola melayang dengan sempurna dan bisa diterima dengan mudah oleh pemain lain.

Ebook Panduan Jadi Reseller

c. Bounce Pass

Cara melempar bola ketiga adalah bounce pass atau operan memantul. Cara ini mirip dengan chest pass dimana bola diletakan di depan dada dengan kedua siku menekuk. Hanya saja bola dilempar ke permukaan lapangan agar memantul ke arah pemain lain yang dituju untuk menangkap bola tersebut.

teknik bounce pass bola basket
teknik bounce pass bola basket

Teknik ini digunakan ketika ada perebutan bola yang sengit, misalnya pemegang bila dikepung oleh pemain dari tim lawan. Sehingga susah untuk melempar bola dengan teknik lainnya.

d. Baseball Pass

Cara melempar bola berikutnya adalah baseball pass atau operan baseball. Sesuai dengan namanya, teknik melempar bola ini mirip dengan teknik melempar bola pada permainan baseball yang hanya menggunakan satu tangan.

teknik Baseball Pass bola basket
teknik Baseball Pass bola basket

Jadi, pemain memegang bola dengan satu tangan lalu ditarik ke belakang telinga dengan posisi siku menekuk. Kemudian bola dilempar ke depan menuju ke arah pemain lain dengan satu tangan juga. Detailnya seperti pada gambar. 

e. Behind Back Pass

Cara terakhir dalam melempar bola di dalam teknik dasar permainan bola basket adalah behind back pass atau operan belakang punggung. Merupakan teknik hasil improvisasi atau pengembangan. 

Sehingga diterapkan pada permainan basket masa kini karena di zaman dulu teknik melempar bola ini belum ada. Sesuai namanya, teknik ini dilakukan dengan melempar bola ke lantai melalui punggung pemain.

teknik Behind Back Pass bola basket
teknik Behind Back Pass bola basket

Secara umum, teknik ini sulit dilakukan dan hanya beberapa pemain profesional yang bisa dengan lihai melakukannya. Contohnya adalah Kobe Bryant. Teknik ini cocok untuk mengelabui lawan karena pemegang bola semakin sulit ditebak lawan akan melempar bola ke arah mana.

3. Menggiring Bola (Dribbling)

Teknik dasar permainan bola basket berikutnya adalah menggiring bola atau dribbling. Jika membahas mengenai bola basket maka dijamin akan dibahas mengenai teknik satu ini. 

Teknik ini digunakan untuk menggiring bola menuju ke pemain belakang yang bertugas memasukan bola ke ring lawan. Jadi pemain satu ini juga bisa bertugas merebut bola dari tim lawan dan menggiringnya ke ring tim lawan tersebut. 

Teknik dribbling kemudian terbagi menjadi dua, pertama dribble tinggi dan yang kedua dribble rendah. Dribble tinggi dilakukan saat pemegang bola dalam kondisi santai, sementara dribble rendah dilakukan saat ada pressure dari tim lawan. Misalnya saat pemegang bola dikelilingi tim lawan.


Saat melakukan dribble rendah maka akan menyulitkan lawan untuk merebut bola. Kemudian teknik ini diterapkan oleh pemain yang posisinya sebagai point guard, dan proses menggiring bola bisa memakai satu tangan maupun dua tangan secara bergantian. Caranya bola dilempar ke lantai dan ditangkap kembali sambil berjalan atau berlari.

4. Pivot

Pivot juga termasuk ke dalam teknik dasar permainan bola basket, yakni gerakan memutar tubuh dengan menjadikan satu kaki sebagai poros sekaligus sebagai tumpuan. 

Teknik ini dilakukan pemain yang baru saja menerima operan bola, dan berusaha melindungi bola tersebut agar tidak direbut tim lawan. Gerakan ini termasuk juga gerakan inovasi atau improvisasi. 

Sebab pemain bola saat bergerak harus melakukan dribble, jika tidak maka akan dianggap melakukan pelanggaran. Oleh sebab itu, saat pemain bingung harus melakukan dribble karena dikepung lawan. Maka memilih melakukan pivot. 

Pivot membantu pemegang bola untuk mengetahui ada tidaknya celah untuk bergerak dan melakukan dribble. Berhubung satu kaki tidak bergerak dan menjadi poros, maka tidak dianggap sedang bergerak dan aman dari resiko pelanggaran karena tidak melakukan dribble tadi.

5. Shooting

Teknik dasar selanjutnya adalah shooting atau menembak bola, yaitu teknik yang dilakukan untuk memasukan bola basket ke ring lawan. Teknik ini ada beberapa macam dan bisa disesuaikan dengan kondisi saat permainan berlangsung. 

Teknik shooting yang berbeda juga akan mempengaruhi skor yang didapatkan saat berhasil memasukan bola ke ring lawan. Pemain yang melakukan shooting disebut sebagai shooting guard.

6. Lay Up

Teknik dasar permainan bola basket selanjutnya adalah Lay Up yang boleh juga dibilang sebagai bagian dari shooting. Lay up atau tembakan melayang adalah gerakan melempar bola ke ring dengan melayangkan tubuh. 

Artinya, pemain melompat untuk mencapai permukaan ring sedekat mungkin. Hal ini akan memaksimalkan kesempatan bola masuk ring dengan mulus. Biasanya akan lebih mudah dilakukan oleh pemain yang tinggi badannya menjulang.

7. Rebound

Berikutnya adalah teknik rebound, yaitu teknik meraih bola yang gagal masuk ke dalam ring untuk dimasukan lagi ke ring atau didribble menuju ke ring berlawanan. Sehingga pemain yang melakukan teknik ini bisa dari tim lawan maupun tim sendiri. 

Teknik dasar permainan bola basket menjadi teknik yang perlu dipelajari dan dikuasai sejak awal. Sebab menjadi teknik yang pasti akan diterapkan saat memainkan bola basket. Oleh sebab itu pahami penjelasan di atas agar bisa bermain bola basket dengan baik dan benar.

Yuk, pahami dan kenali jenis-jenis olahraga lainnya.

Baca Materi Penting Lainnya