Logo toko buku deepublish

Isotop, Isobar, Isoton: Definisi, Perbedaan dan Contoh

perbedaan isotop isobar isoton
Bagikan

Dalam Fisika dan juga Kimia maka akan mengenal pembahasan tentang isotop, isobar, maupun isoton. Pembahasan ini kemudian mengarah kepada atom, dan ada banyak istilah yang menyertainya seperti proton dan neutron. 

Pada saat pertama kali mengenal istilah ini mungkin kamu akan sedikit bingung bahkan pusing. Apalagi ada sedikit perbedaan antara isotop, isobar, dan juga isoton. Meskipun begitu, dewasa ini proses untuk mempelajarinya semakin mudah. 

Pertama, pembahasannya dilakukan lebih dari sekali dimulai dari jenjang SMA kemudian diulang saat masuk ke jurusan tertentu ada ada materi tentang hal ini. Kedua, media pembelajaran saat ini tidak hanya sebatas pada guru, dosen, dan buku. 

Internet memegang peran penting sehingga bisa mengakses video edukasi, ebook, membeli buku secara online, dan lain sebagainya. Membantu kamu yang sedang mempelajari materi satu ini, maka bisa menyimak penjelasan berikut. 

Pengertian Isotop

Pertama adalah membahas mengenai isotop. Isotop diketahui berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata isos yang artinya “sama” dan kata topos yang artinya “tempat”. Dilihat dari asal katanya, isotop kemudian bisa diartikan sebagai sebuah unsur yang memiliki nomor atom sama dengan massa yang berbeda. 

Perbedaan pada massa dan nomor ini dikarenakan jumlah muatan yaitu proton dan neutron yang berbeda. Jadi, jika di alam atau di suatu lingkungan ada unsur yang massanya berbeda maka dipastikan jumlah proton dan neutron tidak sama atau tidak seimbang. 

Unsur yang ada di alam bisa tergolong ke dalam isotop, ketika memiliki massa dan nomor atom yang berbeda. Isotop kemudian menentukan sifat kimia dari unsur di alam tersebut. Saat unsur-unsur isotop ini saling bertemu maka akan membentuk suatu unsur dengan sifat kimia yang lebih khas. 

Promo Skripsian

Isotop yang terdapat di alam pertama kali diketahui dimiliki oleh unsur hidrogen. Pada hidrogen kandungan atau kadar isotop kemudian berbeda-beda karena memiliki massa dan nomor atom yang berbeda tadi. Berikut jenis isotop pada hidrogen yang dimaksud: 

  • Isotop pada Hidrogen 

Pertama, adalah isotop pada hidrogen yang memiliki 1 proton dan kemudian tidak memiliki neutron. Sehingga isotop yang ada di alam pada beberapa unsur memang tidak memiliki neutron. Apabila dijumpai maka termasuk kategori hidrogen. 

  • Isotop pada Deuterium 

Deuterium merupakan jenis isotop yang mengandung atau memiliki 1 proton dan juga 1 neutron. Sifatnya kemudian lebih netral karena ada keseimbangan jumlah antara proton dengan neutron. 

  • Isotop pada Tritium
Daftar Reseller

Merupakan jenis isotop yang memiliki 1 proton dan 2 neutron. Sehingga setiap unsur yang memiliki jumlah seperti ini akan dikategorikan ke dalam tritium. 

Contoh Unsur Isotop

Sedangkan untuk contoh dari isotop sendiri tentu sangat beragam karena terbagi menjadi tiga jenis di atas. Masyarakat umum bisa mengenal unsur isotop tertentu karena sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Contohnya adalah: 

  1. Hidrogen, 
  2. Helium, 
  3. Karbon, 
  4. Nitrogen, 
  5. Oksigen, 
  6. Besi,
  7. Belerang, 
  8. Klorin, 
  9. Neon, dan juga 
  10. Natrium. 

Pengertian Isobar

Pembahasan yang kedua adalah mengenai isobar, isobar merupakan kebalikan dari isotop. Isobar merupakan unsur di alam yang memiliki nomor atom berbeda namun memiliki massa yang sama. 

Jika diamati di dalam tabel periodik, unsur isotop memiliki atom dalam posisi yang sama. Sementara pada isobar tidak, karena setiap unsur isobar di dalam tabel periodik memiliki atom atau tempat yang berbeda. 

Satu-satunya persamaan pada unsur isobar adalah pada massa unsur tersebut. Sehingga nomor atomnya berbeda dan letak setiap unsur isobar di tabel periodik tidak selalu berada di satu baris atau satu golongan yang sama. Hal ini terjadi karena massa yang berbeda tadi.

Contoh Unsur Isobar

Di alam tentu ada banyak unsur kimia yang termasuk ke dalam jenis isobar. Unsur pada isobar tidak selalu memiliki sifat yang sama, hal ini juga dipengaruhi oleh massa yang berbeda pada atomnya. 

Ada banyak sekali jenis isobar di sekitar kita, dan berikut adalah beberapa contoh yang terbilang familiar: 

Daftar Open Reseller
  1. Hidrogen dan helium, 
  2. Karbon dan Nitrogen, dan juga 
  3. Natrium dan Magnesium. 

Massa pada atom unsur isobar ditunjukan oleh angka di bagian atas pada setiap unsur. Contohnya adalah pada Natrium dan Magnesium, maka penulisan unsurnya dalam ilmu Kimia maupun Fisika adalah sebagai berikut: 

Contoh Unsur Isobar

Angka 24 di depan nama unsur menunjukan massa dari unsur tersebut, dan memiliki nilai yang yang sama. Pada Natrium ada massa 24 dan begitu juga pada Magnesium. Jadi, jika memperhatikan tabel periodik dan menjumpai unsur atom dengan massa yang sama. Maka unsur ini sudah termasuk ke dalam isobar. 

Pengertian Isoton

Pembahasan terakhir adalah mengenai isoton. Isoton diketahui sebagai unsur yang di dalam inti atomnya memiliki jumlah nomor massa dan dan nomor atom yang berbeda. Sehingga unsur isoton ini pada bagian inti atom akan memiliki neutron yang sama. Akan tetapi jumlah protonnya berbeda. 

Dalam situs zenius.net dijelaskan, bahwa isoton adalah sebuah atom yang memiliki nomor atom dan nomor massa berbeda namun memiliki jumlah neutron yang sama. Perbedaan pada jumlah proton inilah yang membuat nomor atom maupun nomor massa pada unsur isoton berbeda. 

Adapun letaknya pada tabel periodik sama seperti isobar, yakni tidak selalu terletak di satu golongan yang sama. Perbedaan ini kemudian membuat setiap unsur memiliki perbedaan yang khas di alam. 

Contoh Unsur Isoton

Adapun contoh-contoh unsur dari isoton ini juga beragam, bisa dilihat semuanya di tabel periodik. Berikut beberapa diantaranya: 

Ebook Panduan Jadi Reseller
  1. Hidrogen dan Helium, yang nomor dan massa atom berbeda namun sama-sama memiliki 2 neutron pada inti atom. 
  2. Kalium dan Kalsium, yang jumlah neutronnya sama-sama ada 20. 
  3. Nitrogen dan Karbon yang memiliki neutron berjumlah 7. 
  4. Natrium dan Magnesium yang kemudian diketahui sama-sama memiliki neutron berjumlah 12. 
  5. Argon dan Kalsium yang jumlah neutronnya sama-sama 22. 

Perbedaan Isotop Isobar dan Isoton

Melalui penjelasan di atas maka bisa ditemukan sejumlah perbedaan antara unsur isoton, isotop, dan juga isobar. Perbedaan paling mencolok adalah dari segi definisi yang menunjukan jumlah nomor atom dan nomor massa di masing-masing unsur. Berikut rangkumannya: 

  • Isotop adalah atom-atom yang memiliki nomor atom sama tetapi berbeda nomor massanya.
  • Isobar adalah atom yang mempunyai nomor atom berbeda tetapi memiliki nomor massa yang sama. 
  • Isoton adalah atom yang mempunyai nomor atom dan nomor massa berbeda tetapi memiliki jumlah neutron yang sama.

Dalam dunia Kimia, pembahasan mengenai atom kemudian membahas mengenai persaudaraan antara beberapa unsur. Unsur yang memiliki jumlah neutron yang sama merupakan satu saudara, disebut sebagai isoton. 

Sedangkan unsur yang inti atomnya memiliki nomor atom sama dan nomor massa yang berbeda nantinya akan saling bersaudara. Disebut sebagai isotop. Setiap atom yang bersaudara akan memiliki karakter yang sama. Namun tidak selalu berada di golongan yang sama dalam tabel periodik (Pujianti).

Baca juga artikel kimia dan fisika lainnya

Rekomendasi Buku Kimia

Sumber referensi:

https://dosenpintar.com/5-contoh-isotope-isobar-dan-isoton/
https://www.zenius.net/prologmateri/kimia/a/1139/isobar
https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-isotop-dan-jenis-jenisnya-yang-berhubungan-dengan-atom-1xHngvgK5ri/1
Baca Materi Penting Lainnya