Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaat Senam

pengertian dan manfaat senam irama

Pengertian dan Manfaat Senam – Sudahkah mengetahui pengertian senam? Senam termasuk salah satu jenis dan cabang olahraga yang diakui di Indonesia dan seluruh dunia. Olahraga satu ini sangat populer terutama di kalangan ibu-ibu dan kaum Hawa pada umumnya. Sebab gerakannya mudah untuk dilakukan, menyenangkan, dan tentunya bermanfaat untuk tubuh. 

Senam menjadi pilihan banyak orang karena termasuk olahraga tanpa alat yang kemudian bisa dilakukan di banyak tempat. Baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu bisa dilakukan sendiri maupun dilakukan bersama dengan banyak orang. Jenisnya pun cukup beragam, salah satunya bisa jadi sudah rutin kamu lakukan. 

Sebagai salah satu jenis olahraga populer tentunya tidak akan rugi mempelajari tentang olahraga satu ini. Dimulai dari pengertian senam itu sendiri sampai sejarah dan jenis senam yang ada di dunia. Simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Senam 

Pengertian dari senam sendiri disampaikan oleh banyak ahli, dilansir dari situs bola.com berikut adalah beberapa pendapat para ahli terkait definisi senam: 

1. Mahendra (2000: 14)

Pendapat pertama disampaikan oleh Mahendra (2000: 14) melalui bukunya menjelaskan bahwa senam adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Sehingga dalam melakukan senam akan melakukan dua kegiatan utama. 

Yakni melakukan gerakan tubuh dan melakukan pergerakan pada komponen fisik. Keduanya kemudian akan membantu mendapatkan aktivitas yang lebih tinggi, dimana tubuh menjadi lebih banyak bergerak. Manfaat yang diberikan tentu saja beragam dibanding berdiam diri atau terlalu lama duduk dan berdiri. 

2. Madijono (2010: 1) 

Pendapat kedua disampaikan oleh Madijono (2010: 1) yang menjelaskan bahwa senam adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur, dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat bagi tubuh. 

Jadi, seperti yang kita ketahui bersama pada saat melakukan senam maka tubuh akan melakukan gerakan tertentu. Gerakan ini ditujukan untuk melatih otot di bagian tubuh tertentu supaya lebih kuat dan kemudian memberi manfaat lebih kompleks bagi tubuh. 

3. Margono (2009: 19) 

Margono (2009: 19) kemudian juga menyampaikan pengertian senam yaitu latihan gerakan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis. 

Menurut Margono, senam adalah olahraga fisik yang kemudian memberikan manfaat tidak hanya kepada kesehatan fisik saja. Namun juga memberi manfaat pada kesehatan mental. Sehingga rutin melakukan senam membangun keharmonisan antara kesehatan fisik dan mental tersebut. 

4. Imam Hidayat (2009: 9)

Imam Hidayat (2009: 9) menyatakan bahwa senam adalah suatu bentuk latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruksi dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual. 

Imam Hidayat juga mengemukakan pendapat mirip dengan yang disampaikan oleh Margono. Dimana aktivitas olahraga senam ketika rutin dilakukan akan membantu mengembangkan kesehatan fisik tubuh dan juga kesehatan mental spiritual. Sehingga senam menjadi olahraga yang kaya akan manfaat. 

5. Sutrisno dan Khadafi (2010: 60) 

Pengertian senam juga dipaparkan oleh Sutrisno dan Khadafi (2010: 60) yang menjelaskan bahwa senam adalah setiap bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. 

Sehingga senam adalah sebuah olahraga yang melakukan beberapa bentuk gerakan yang diatur. Gerakan ini dipilih dengan seksama dan dipastikan memberikan manfaat terhadap bagian tubuh yang melakukan gerakan tersebut. Sehingga senam sendiri bukanlah olahraga yang gerakannya asal-asalan. 

6. Muhajir (2006: 71) 

Pendapat berikutnya datang dari Muhajir (2006: 71) yang mengemukakan definisi senam sebagai kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak. Pendapat ini mirip dengan pendapat yang disampaikan oleh Mahendra pada poin sebelumnya.

Melalui penjelasan dari pendapat para ahli terkait definisi dari senam di atas. Maka bisa disimpulkan bahwa senam adalah suatu aktivitas olahraga yang melibatkan aktivitas fisik dengan menggerakan bagian tubuh tertentu dan dengan gerakan tertentu yang dipilih dengan sangat selektif. 

Kegiatan senam kemudian tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Namun juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Apalagi, aktivitas olahraga merangsang tubuh untuk memproduksi hormon bahagia atau hormon endorfin. Inilah alasan kenapa orang yang rutin berolahraga cenderung tidak mudah stres dan selalu memiliki pikiran positif. 

Berhubung jenis olahraga sangat banyak, kamu bisa memilih salah satu atau beberapa diantaranya untuk kemudian dilakukan secara rutin. Sebab olahraga akan terasa manfaatnya setelah rutin dilakukan. Hal ini juga berlaku untuk senam dimana pengertian senam sudah dijelaskan di atas.

Sejarah Senam di Dunia 

Setelah memahami definisi senam yang dipaparkan oleh para ahli, maka tidak ada salahnya mengulik lebih jauh mengenai sejarah atau asal muasal olahraga satu ini. Sebab senam saat ini dikenal sebagai salah satu cabang olahraga dan ikut dalam berbagai lomba. Seperti olimpiade, baik di Indonesia maupun di dunia. 

Senam dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah gymnastic dan dilansir dari situs kompas.com mulai berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Senam dikatakan sebagai salah satu bentuk gerakan tubuh yang kemudian sudah dilakukan oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu. 

Lebih tepatnya sejak zaman Yunani kuno dan Mesir kuno, terlihat dari berbagai peninggalan sejarah yang mengarah pada kegiatan senam (gerakan tubuh). Kata gymnastic sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata gymnos yang memiliki arti “telanjang”. Kata ini digunakan karena pada masa Yunani kuno kegiatan senam dilakukan dengan melepas baju. 

Kata gymnastic kemudian juga memiliki arti sebagai gerak badan atau olahraga yang bermanfaat baik bagi tubuh untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya. 

Sedangkan perkembangan senam di Indonesia dimulai di tahun 1912 di masa pemerintahan Kolonial Belanda. Hal ini seperti yang dikemukakan di dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam karya Dr. Sutopo Adi, M.Kes di tahun 2018. 

Kini senam menjadi salah satu olahraga favorit yang juga diperlombakan dalam berbagai ajang olahraga. Senam bahkan selain memiliki pengertian senam dari sejumlah ahli juga memiliki induk yang mengelola olahraga tersebut. Pada tingkat internasional, induk olahraga senam berada di bawah naungan Gymnastic Federation

Sedangkan di Indonesia, induk olahraga senam berada di bawah naungan Persatuan Senam Indonesia (Persani). Hal ini semakin mengukuhkan bahwa senam adalah olahraga resmi dan diakui. Selain itu juga terjamin bermanfaat selama dilakukan dengan benar, karena gerakan di dalam senam bukan gerakan asal melainkan gerakan terpilih.

Jenis-Jenis Senam 

Olahraga senam seiring berjalannya waktu kemudian terus mengalami perkembangan. Jenis senam sendiri kemudian berkembang dengan pesat dan beberapa menjadi primadona di kalangan masyarakat. Secara umum, berikut adalah jenis-jenis senam yang dimaksudkan: 

A. Senam Lantai 

Jenis senam yang pertama mengikuti berbagai pengertian senam yang dipaparkan di atas adalah senam lantai. Sesuai dengan namanya, senam lantai adalah senam dilakukan di atas permukaan lantai dan kemudian diberi alas bernama matras. Matras ini kemudian menjadi salah satu perlengkapan olahraga senam. 

Gerakan senam lantai sendiri terdiri dari gerakan senam yang memakai matras dan dilakukan di atas lantai cenderung fokus pada kelenturan tubuh. Sehingga tidak menggunakan gerakan yang sifatnya energik dan berada di satu sampai beberapa titik saja. Inilah yang kemudian membuat pelaku senam lantai tidak memerlukan ruangan yang luas. 

Senam lantai sendiri kemudian memiliki beberapa gerakan yang khas. Bentuk gerakannya secara umum meliputi sikap lilin, handstand, headstand, rol depan atau berguling ke depan, rol belakang atau berguling ke belakang, guling lenting, kayang, dan lain sebagainya. 

Pondok Djawara Deepublish

Pada awal melakukan senam jenis ini mungkin akan sedikit kesulitan untuk mempraktekkan beberapa gerakan khas tersebut. Namun, gerakan senam ini secara alami akan menjadikan otot tubuh semakin lentur. Sehingga perlahan semua gerakan dari yang termudah sampai yang tersulit akan sangat mudah dilakukan. 

B. Senam Aerobik 

Jenis senam yang kedua dan masih menggunakan dasar dari pengertian senam yang dipaparkan di awal adalah senam aerobik. Senam ini dijamin dikenal luas oleh masyarakat dan harus diakui menjadi primadona di kalangan kaum Hawa. Sebab identik dengan gerakan yang energik dan diiringi oleh musik dengan beat yang tinggi. 

Secara umum, sesuai dengan namanya olahraga senam satu ini memang membutuhkan asupan oksigen sebanyak-banyaknya. Gerakannya yang punya ritme cepat membantu tubuh mengambil nafas sesering mungkin dan menghirup oksigen sebanyak mungkin. 

Menariknya lagi, senam aerobik bukanlah olahraga prestasi sehingga tidak diikutkan dalam lomba. Apalagi semua orang bisa mengikuti senam aerobik ini tanpa perlu berlatih secara khusus karena gerakannya yang cepat cenderung sederhana. Selain itu, senam aerobik umum dilakukan secara massal baik di dalam maupun luar ruangan. 

C. Senam Irama 

Jenis ketiga dari olahraga senam adalah senam irama dan pengertian senam satu ini adalah senam yang menggunakan irama dengan ritme tertentu dan dengan gerakan tertentu pula. Senam irama sebagaimana yang dijelaskan akan diiringi musik dan memiliki ritme yang khas. 

Olahraga senam ini termasuk ke dalam olahraga prestasi sehingga sering dimasukan ke dalam ajang perlombaan. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Pelaku senam irama dituntut untuk berlatih keras dan menjaga postur dan berat badan, karena kesempurnaan gerakan juga dipengaruhi faktor bentuk badan. 

Gerakan Senam Irama

  1. Sikap badan
    Sikap badan senam irama terdiri atas sikap berdiri, duduk, berbaring, dan lainnya. Sikap badan harus sempurna sebelum memulai dan saat selesai.
  2. Langkah/berjalan
    Gerakan ini berupa gerakan memindahkan kaki. Banyak variasi yang bisa dilakukan untuk langkah kaki ini.
  3. Berlari
    Gerakan berlari hampir sama dengan melangkah. Perbedaannya adalah dari segi kecepatannya saja.
  4. Lompat
    Lompat adalah gerakan melangkah yang disertai dengan tolakan kaki sehingga badan melayang di udara lalu mendarat dengan salah satu kaki disusul kaki lainnya. Ayusan digerakan samping kanan/kiri atau ke depan.
  5. Gerakan putar/pilinan
    Gerakan emutar badan ke arah kanan atau kiri dengan bertumpu pada satu kaki.

Senam ini sendiri umumnya dilakukan di dalam ruangan dan secara tunggal, selain itu juga membutuhkan area yang luas. Senam  irama dikenal juga dengan sebutan senam ritmik dan bisa dilakukan baik dengan alat maupun tidak. Adapun jenis alat yang digunakan bisa berupa bola, pita, tongkat, tali, dan juga simpai. 

D. Senam Artistik 

Jenis senam yang terakhir adalah senam artistik yang juga dikenal sebagai senam atletik. Adapun pengertian senam artistik sendiri adalah senam yang berisi gerakan-gerakan khas dan menggunakan alat. Sesuai dengan nama lainnya, gerakan di dalam senam ini sifatnya atletik. 

Dibutuhkan keterampilan khusus dan juga ketangkasan dalam mengolah gerakan badan untuk menggunakan alat senam dengan baik. Sebagai olahraga senam dengan gerakan dinamis dan menggunakan alat, resiko cedera cukup tinggi. Sehingga pelaku senam ini harus disiplin dalam melakukan pemanasan dan menjaga kesehatan fisik maupun mental. 

Jenis dari senam artistik sendiri beragam dan semua masuk kategori olahraga prestasi, sehingga diikutkan dalam perlombaan. Jenis senam ini meliputi senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang sejajar, palang tunggal, dan juga palang bertingkat.

Manfaat Senam 

Olahraga senam dengan sejumlah pengertian senam dari para ahli di atas memang layak untuk dipahami dengan baik. Jenis tertentu bersahabat untuk masyarakat umum dan tidak membutuhkan keterampilan khusus dan tidak juga membutuhkan dampingan pelatih profesional. 

Olahraga senam seperti aerobik adalah contoh senam yang bisa dilakukan siapa saja, dan meskipun tidak diperlombakan. Namun ketika rutin melakukan olahraga ini maka banyak manfaat bisa didapatkan. Manfaat ini juga berlaku untuk manfaat senam lantai, senam artistik, senam irama, senam aerobik, dan lain sebagainya, diantaranya adalah: 

1. Menjadikan Tubuh Lebih Fleksibel 

Senam adalah suatu olahraga yang dilakukan dengan menggerakan tubuh dengan gerakan tertentu dan sudah dipilih dengan seksama. Gerakan-gerakan ini memiliki ritme yang dinamis dan kemudian melatih otot untuk menjadi kuat sekaligus lebih fleksibel. 

Secara umum penikmat senam akan memiliki tubuh yang lebih fleksibel. Dimana tubuh bergerak lebih mudah dan terasa lebih ringan. Selain itu membantu meminimalkan resiko mengalami cedera pada saat melakukan olahraga, baik itu senam maupun olahraga jenis lainnya. 

2. Melatih Kemampuan Koordinasi Tubuh 

Rutin melakukan olahraga senam juga membantu melatih kemampuan mengkoordinasikan tubuh. Sebab tubuh terbiasa bergerak mengikuti gerakan yang dilakukan instruktur atau pelatih. Selain itu juga membantu menggerakan tubuh dengan dua macam gerakan dan menggerakan lebih dari satu bagian tubuh. 

Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh, sehingga lebih nyaman saat bergerak. Sekaligus meminimalkan resiko mudah lupa harus melakukan apa. Oleh sebab itu tidak akan rugi rutin melakukan olahraga senam karena memang sangat bermanfaat untuk koordinasi tubuh. 

3. Melatih dan Membentuk Kekuatan Tubuh 

Olahraga senam sesuai dengan berbagai  pengertian senam yang disampaikan para ahli memang memiliki gerakan tertentu. Beberapa bahkan terbilang sulit, bahkan disampaikan juga oleh para atlet muda dan masih pemula. Namun, seiring berjalannya waktu jika sudah terbiasa maka gerakan senam akan tampak sederhana. 

Perlahan pesenam atau pelaku senam juga akan memiliki kekuatan tubuh yang baik. Sebab gerakan senam dilakukan dengan sistematis, teratur, dan beberapa kali hitungan di bagian tubuh tertentu. Hal ini akan merangsang otot tubuh semakin kuat, sehingga tubuh pun akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Senam dan jenis olahraga lainnya secara alami akan membantu tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini disebut sebagai hormon bahagia karena kehadirannya bisa merangsang pikiran untuk lebih bahagia. Ketika sudah rutin melakukan senam maka akan cenderung mudah berpikir positif dan kemudian menjadi lebih percaya diri. 

5. Memperlambat Proses Penuaan 

Orang yang rutin melakukan olahraga senam biasanya akan tampak awet muda. Sebab senam sendiri memiliki efek memperlambat penuaan secara degeneratif. Hal ini didapatkan karena dengan rutin melakukan gerakan senam maka kesehatan jasmani dan rohani lebih terjaga. 

Tubuh yang kuat dan massa otot yang terbentuk akan membantu mencegah kemunculan tanda penuaan. Oleh sebab itu, untuk kamu yang ingin awet mudah bisa mencoba rutin melakukan senam. Cara ini tentu lebih alami dan murah dibanding melakukan perawatan modern yang bisa jadi memberi efek samping bagi tubuh. 

Manfaat di atas tentu akan kamu dapatkan jika rutin melakukan senam. Jenis senam yang beragam bisa dipilih salah satu yang dianggap paling mudah dan paling menarik. Sehingga semua manfaat yang disebutkan di atas bisa didapatkan.

Baca Artikel lainnya tentang Olahraga

Pondok Djawara Deepublish
Baca Materi Penting Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama