Logo toko buku deepublish

Jaringan Komputer: Pengertian, Tujuan dan Jenis-Jenis

jenis jaringan komputer
Bagikan

Teknologi semakin berkembang dari tahun ke tahun, termasuk teknologi komputer dan adanya jaringan komputer. Jaringan komputer ini penting untuk menghubungkan komputer dalam melakukan pertukaran data maupun melakukan komunikasi lainnya. Nah pahami disini mengenai apa itu pengretian jaringan komputer dan jenis-jenis sesuai kegunaan.

Ada berbagai jenis jaringan komputer yang dapat digunakan sehari-hari, salah satu contohnya adalah jaringan komputer berupa internet. Agar dapat lebih jelas mengerti mengenai jaringan komputer, baca berbagai penjelasan mengenai jaringan komputer berikut ini, mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, hingga jenis-jenis jaringan komputer.

Apa itu Jaringan Komputer

Sejarah jaringan komputer bermula dari tahun 1940-an di Amerika, melalui sebuah proyek yang dipimpin oleh seorang profesor bernama Howard Aiken. Proyek ini pada awalnya digagas dengan tujuan untuk memanfaatkan perangkat komputer yang digunakan bersama.

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi komputer, proyek ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah jaringan komputer yang bisa saling terhubung satu dengan yang lainnya, serta terhubung ke berbagai perangkat.

Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer diartikan sebagai sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain. Tujuannya untuk mempermudah pertukaran data dan melakukan komunikasi antar-komputer.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut para Ahli

Selain pengertian jaringan komputer secara umum, ada juga pengertian jaringan komputer menurut para ahli. Berikut ini adalah pengertian jaringan komputer menurut beberapa ahli:

1. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti, jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang banyak jumlahnya dan terpisah-pisah, tetapi tetap saling terhubung saat melaksanakan tugasnya sehingga dapat dikatakan terhubung atau terkoneksi saat bisa saling bertukar informasi.

2. Jafar Noor Yudianto

Sedangkan menurut Jafar Noor Yudianto, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk berbagai sumber daya, berkomunikasi, dan bisa mengakses informasi.

3. Abdul Kadil

Menurut Abdul Kadil, jaringan komputer adalah hubungan dua buah simpul, yang umumnya berupa komputer, dengan tujuan utama untuk melakukan pertukaran data.

Daftar Open Reseller

4. Madcoms

Jaringan komputer menurut Madcoms adalah kumpulan beberapa komputer dan sebuah peralatan penunjang lainnya, yang terhubung menjadi satu kesatuan dan terkoneksi atau terhubung satu sama lain.

5. Andi Kristanto

Andi Kristanto menyatakan jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling terhubung satu sama lain dengan memakai satu protokol komunikasi, yang membuat semua komputer saling terhubung dan dapat berbagi informasi, program, sumber daya, hingga memakai satu perangkat keras secara bersamaan.

6. Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan, jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat lainnya yang bisa bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer penting untuk diterapkan, misalnya pada perusahaan, perkantoran, bahkan di rumah. Hal ini menunjukkan bahwa jaringan komputer memiliki berbagai manfaat penting. Apa saja manfaat jaringan komputer? Simak berbagai manfaat jaringan komputer berikut ini:

1. Memudahkan Komunikasi

Manfaat pertama dari jaringan komputer adalah komunikasi yang menjadi semakin mudah. Dengan adanya jaringan komputer, maka satu komputer akan terhubung dengan komputer lainnya dan dapat menjalin komunikasi dengan mudah. Proses komunikasi ini bisa melalui pesan gambar, teks, audio, dan video, yang bisa dilakukan dalam maupun luar negeri.

2. Memudahkan Pengiriman Data

Selain memudahkan komunikasi, jaringan komputer juga memudahkan pengiriman data yang dilakukan. Proses pengiriman data yang dilakukan melalui jaringan komputer dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien, baik itu melalui internet maupun melalui perangkat keras.

promo 8.8

3. Data Bisa Diakses Banyak Orang

Manfaat lain dari jaringan komputer adalah setiap orang bisa mengakses data yang sudah dikirim dari satu komputer ke komputer lainnya. Namun data ini hanya bisa diakses setelah pengirim mengizinkan akses, atau penerima memiliki akses ke data tersebut.

4. Menghemat Biaya

Menghemat biaya juga merupakan manfaat dari adanya jaringan komputer yang digunakan. Dengan adanya jaringan komputer, maka sebuah perusahaan atau individu tidak perlu mengirim data misalnya menggunakan pos. Data cukup dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya tanpa mengeluarkan biaya.

5. Data Lebih Aman

Meski data yang dikirimkan bisa diakses siapa saja, namun data itu nantinya tetap bisa terjaga keamanannya. Sebab, data yang dikirimkan tadi hanya bisa dibuka oleh orang yang memang memiliki akses, atau jika pengirim data sudah memberikan izin akses data tersebut.

Tujuan Jaringan Komputer

Jaringan komputer yang memiliki berbagai manfaat penting dibuat dengan berbagai tujuan dalam pengoperasian komputer dan proses pengiriman data. Berbagai tujuan jaringan komputer antara lain:

1. Berbagi Sumber Daya

Tujuan pertama dari digunakannya jaringan komputer adalah untuk berbagi sumber daya atau sharing resource. Misalnya saja penggunaan satu printer secara bersama-sama menggunakan beberapa perangkat yang berbeda.

Tujuan dari berbagai sumber daya ini adalah agar berbagai program, data, dan alat dapat digunakan oleh siapapun dalam lingkup jaringan komputer tersebut.

2. Sebagai Media Komunikasi

Jaringan komputer juga digunakan dengan tujuan sebagai media komunikasi atau mempermudah komunikasi yang berlangsung antara pemakai komputer yang sudah masuk jaringan komputer.

Dengan adanya jaringan komputer, maka akan memudahkan pengguna jaringan untuk berbagi data, baik itu teks, gambar, audio, maupun video.

3. Integrasi Data

Penggunaan jaringan komputer juga bertujuan untuk integrasi data yang ada. Dengan adanya integrasi data ini, maka proses pengolahan data bisa dilakukan di lebih dari satu komputer, tidak hanya pada satu komputer saja.

4. Efisiensi

Tujuan dari jaringan komputer juga adalah untuk efisiensi, salah satunya dalam pengiriman data. Jaringan komputer akan membantu untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga dalam pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya atau dari pengirim ke penerima.

5. Data yang Up to Date

Sebelumnya, sudah dituliskan bahwa tujuan jaringan komputer adalah untuk mengintegrasi data. Hal ini juga berpengaruh pada pembaruan data menjadi lebih up to date. Dengan adanya jaringan komputer, pembaruan data bisa dilakukan oleh setiap orang yang memiliki informasi baru. Hasilnya, data akan selalu diperbarui.

6. Pengiriman Data yang Tepat

Jaringan komputer juga bertujuan untuk bisa membuat pengiriman data menjadi lebih tepat. Ini artinya, pengiriman data menggunakan jaringan komputer lebih minim kesalahan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

pengertian jaringan komputer
Jenis Jaringan Komputer

Ada beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin sudah sering kamu dengar atau digunakan di rumah dan perusahaan, misalnya LAN atau WLAN. Namun ternyata ada berbagai jaringan komputer yang bisa digunakan. Apa saja?

1. LAN

LAN atau Local Area Network adalah jenis jaringan komputer yang pertama. LAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan perangkat dengan jarak yang berdekatan. Jaringan komputer lan dihubungkan dengan kabel sebagai salurannya.

Karena LAN menghubungkan komputer atau perangkat menggunakan kabel, maka biasanya perangkat-perangkat ini terletak dalam satu rumah atau di bawah satu atap yang sama.

2. MAN

Selain LAN, ada juga MAN atau Metropolitan Area Network, yaitu jaringan komputer yang gunanya adalah menghubungkan komputer maupun perangkat dalam sebuat kota. Ini artinya, jaringan komputer MAN lebih luas dibandingkan dengan LAN.

Biasanya, jaringan komputer MAN ini digunakan oleh komputer atau perangkat di satu lembaga ke lembaga lainnya, yang masih termasuk dalam satu wilayah administratif yang sama.

3. WAN

Jenis jaringan komputer berikutnya adalah WAN atau Wide Area Network. Jaringan komputer WAN dapat menghubungkan beberapa komputer, perangkat, juga jenis-jenis jaringan komputer lainnya, seperti LAN dan WLAN.

Jangkauan WAN lebih luas atau jauh dibandingkan dengan MAN. Bahkan WAN bisa menjangkau perangkat atau komputer yang ada di luar negeri. Contoh penerapan jaringan komputer WAN adalah jaringan internet, yang bisa menjangkau perangkat di manapun.

4. WLAN

Mirip dengan LAN, jaringan WLAN atau Wireless Local Area Network ini tidak membutuhkan kabel sebagai penghubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dengan penggunaan perangkat WLAN, maka berbagai perangkat bisa dihubungkan dengan komputer, namun dalam jangkauan yang dekat.

5. PAN

Jaringan komputer tidak selalu menghubungkan kumpulan komputer dalam satu tempat atau area. Jaringan komputer juga bisa digunakan secara personal, seperti PAN atau Personal Area Network.

PAN merupakan jenis jaringan komputer yang digunakan oleh pribadi untuk menghubungkan perlengkapan elektronik miliknya ke komputer. Contohnya adalah menghubungkan komputer ke printer, atau ke speaker.

Baca juga khusus membahas: Penjelasan LAN, MAN, WAN dan PAN

6. EPN

EPN atau Enterprise Private Network sebenarnya sama dengan jaringan komputer lainnya, yaitu menghubungkan berbagai perangkat, komputer, atau data dari satu komputer dan perangkat ke perangkat lainnya.

Namun perbedaan EPN dengan jaringan komputer lainnya ada pada faktor keamanannya. Menggunakan EPN akan lebih aman dan biasanya digoleh perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai data rahasia. 

7. VPN

Penggunaan VPN atau Virtual Private Network digunakan agar kegiatan mengakses internet menjadi lebih aman, juga tidak terlacak. Dengan menggunakan jaringan VPN, maka koneksi internet akan terhubung ke jaringan pribadi server atau perusahaan.

Rekomendasi Buku Komputer dan Jaringan dapat dilihan pada Buku Komputer dan Buku Jaringan dari Penerbit Buku Deepublish.

Orang Lain Banyak Mencari

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain.

Apa saja macam macam jaringan komputer?

Jenis jaringan komputer yang sering digunakan di rumah dan perusahaan, misalnya LAN atau WLAN. Ada 5 jenis jaringan komputer, silakan pahami pada jenis-jenis jaringan komputer.

Apa manfaat dari jaringan?

Salah satu manfaat jaringan komputer adalah memudahkan pengiriman data dan untuk berkomunikasi.

Editor: Yusuf Abdhul

Penulis: Tyas Wening)

Baca Materi Penting Lainnya
marketing-mix

7 Bauran Pemasaran: Pengertian dan Konsep

Bagikan

Dalam dunia pemasaran dikenal konsep marketing mix. Pengertian dan Konsep Marketing Mix (Bauran Pemasaran) 7P pasti kalian sering mendengar istilah bauran pemasaran atau marketing mix.