Pengertian Ilmu Ekonomi: Macam-Macam, Manfaat dan Tujuan Mempelajarinya

ilmu-ekonomi-deepublish

Mempelajari ilmu ekonomi itu penting karena dalam kehidupan sehari-hari, kita akan dihadapkan dengan kegiatan ekonomi. Misalnya mengkonsumsi makan itu termasuk dalam kegiatan ekonomi. Makanya tidak heran bila ilmu ekonomi dipelajari di banku sekoah dan kuliah. Makin ke sini, makin banyak orang yang memilih ilmu ekonomi sebagai bidang studi yang ditekuni. Nah, agar pemahaman kita tentang ilmu ekonomi semakin dalam, berikut ini adalah pengertian ilmu ekonomi beserta macam-macamnya.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari segala tingkah laku manusia yang bertujuan untuk mendapatkan dan mengelola sumber daya yang terbatas. Selain itu, ekonomi juga diartikan sebagai usaha dalam membuat alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas.

Dengan ilmu ekonomi, kita bisa memprediksi tindakan-tindakan manusia di masa depan. Prediksi tersebut bisa kita gunakan untuk merencanakan bisnis atau usaha, menentukan harga, membuat kebijakan pemasaran, kebijakan kesejahteraan masyarakat, sampai merumuskan kebijakan sumber daya manusia.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang tertuju pada asas-asas produksi, distribusi, pemakaian barang atau kekayaan. Nah, yang dimaksud kekayaan adalah uang, perdagangan atau segala perindustrian. Selain itu, hal-hal yang berkaitan dengan pemanfaatan uang, tenaga, dan waktu juga tergolong dalam kekayaan.

Ilmu ekonomi juga berkaitan dengan perekonomian negara. Jadi segala aturan atau tata cara dalam berekonomi (perindustrian dan perdagangan) termasuk ke dalam pembahasan ilmu ekonomi. makanya ilmu ekonomi tidak jauh-jauh dari perekonomian negara seperti penentuan anggaran belanja negara, penentuan besaran pajak, dan sebagainya.

Sedangkan secara etimologi, ilmu ekonomi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Oikos atau Oiku dan Nomos yang berarti peraturan rumah tangga. Dengan berdasarkan pengertian tersebut, ilmu ekonomi adalah segala hal yang berhubungan dengan rumah tangga. Hal ini merujuk pada satu keluarga yang terdiri dari suami,isteri dan anak-anaknya, melainkan juga rumah tangga yang lebih luas yaitu rumah tangga bangsa, negara dan dunia.

Pengertian Ilmu Ekonomi Oleh Para Ahli

Sementara itu, ilmu ekonomi menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Adam Smith

Adam Smith dikenal sebagai pelopor ilmu ekonomi modern. Ia menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu sistematis yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu.

Von Neumann dan Morgenstern

Sementara itu Von Neumann dan Morgenstern menerangkan kalau ilmu ekonomi adalah disiplin ilmu yang harus digunakan secara ilmiah. Apabila tidak, maka sangat disayangkan karena saat itu para tokoh terkemuka sibuk mengurusi solusi untuk masalah yang terjadi.

Abraham Maslow

abraham Maslow juga tidak mau ketinggalan. Maslow mengemukakan buah pemikirannya tentang definisi ilmu ekonomi. Jadi ilmu ekonomi dapat pengertiannya adalah ilmu yang berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup manusia. Permasalahan ini berupa masalah tentang perekonomian sesuai prinsip dan teori yang efektif serta efisien.

John Stuart Mill

Kemudian ada seorang filsuf empiris yang terkenal di Inggris bernama John Stuart Mill. Ia berpendapat kalau ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran. Ilmu ini juga mempelajari tentang kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

Gregori Mankiw

Selanjutnya ada Gregori Mankiw. Ahli ekonomi ini menjelaskan kalau ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang didalamnya mempelajari tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber daya yang langka.

Suherman Rosyidi

Salah satu pemikir asal Indonesia, Suherman Rosyidi juga memberikan hasil pemikirannya terkait definisi ilmu ekonomi. Menurutnya, pengertian ilmu ekonomi adalah cabang ilmu pengetahuan yang sungguh-sungguh memberikan pengetahuan. Pengetahuan yang dimaksud Suherman adalah segala yang berkaitan dengan gejala-gejala yang timbul di lingkungan masyarakat. Gejala-gejala tersebut timbul akibat sejumlah perbuatan manusia itu sendiri. Nah, yang Suherman menerangkan kalau perbuatan manusia ini adalah upaya-upaya mereka dalam rangka memenuhi kebutuhan. Dengan kata lain usaha untuk mencapai kemakmuran hidup manusia.

Richard G. Lipsey

Lipsey menyatakan, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka guna media yang tidak terbatas.

M. M. Manullang

Manullang juga mendefinisikan ilmu ekonomi. Ilmu ini mempelajari tentang bagaimana memenuhi keinginan manusia atau masyarakat demi tercapainya kemakmuran. Jadi manusia berusaha mencapai kondisi di mana ia bisa memenuhi kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

Aristoteles

Aristoteles berpendapat ilmu ekonomi adalah suatu cabang imu yang mempelajarai tentang ydu ahl yakni sesuatu yang kemungkinan dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Jadi ilmu ekonomi berhubungan dengan nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

Alfred Masrhall

Alfred Marshall dijuluki sebagai Bapak Ilmu Ekonomi Neoklasik. Ia menjelaskan secara singkat, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari.

Paul A. Samuelson

Terakhir pendapat dari Paul A. Samuelson. Ilmu ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh manusia dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas. Tujuan pemanfaatan tersebut untuk memperoleh berbagai komoditi (barang) dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Secara garis besar, ilmu ekonomi berhubungan dengan tiga kegiatan yakni produksi, konsumsi, dan distribusi.

Produksi adalah kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna dari barang dan jasa. Misalnya ketika penjual tas mengubah kain menjadi tas buatannya. Penjual tas tersebut melakukan kegiatan produksi karena menghasilkan barang dan jasa. Contoh lain, tukang pembuat kursi. ia mengubah kayu menjadi perabotan untuk rumah seperti kursi, meja, dan sebagainya.

Sedangkan konsumsi merupakan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah penggunaan bensin untuk bahan bakar kendaraan, membeli beras, membeli buku untuk kebutuhan sekolah, dan lain-lain. Kemudian distribusi adalah kegiatan penyaluran barang dan jasa yang diproduksi. Misalnya, distribusi yang dilakukan untuk membawa beras dari desa A ke kota B untuk memenuhi kebutuhan warga kota A akan beras.

Macam-Macam Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki banyak jenis dan turunannya. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague, ada tiga pembagian ilmu ekonomi. Apa saja tiga pembagian itu? Simak di bawah ini.

Ilmu Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economic)

Ilmu ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian. Pembagian ilmu ini sangat penting. Tujuannya agar pekerjaan manusia dalam memecahkan berbagai masalah ekonomi menjadi lebih mudah. Penggambaran fakta yang ada di lapangan menjadi data bisa dilakukan dengan menggunakan ekonomi deskriptif.

Baca juga : 5 Contoh Ekonomi Deskriptif Dalam Kehidupan Sehari Hari

Menurut Alfred, ilmu ekonomi deksriptif merupakan ilmu di mana individu mengumpulkan semua kenyataan yang penting yang berhubungan dengan suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu. Contoh ilmu ekonomi deskriptif yaitu sistem pertanian, dan perkembangan sektor industri tertentu. Contoh lainnya adalah gambaran kondisi krisis moneter di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998.

Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory)

Apa itu ilmu ekonomi teori atau economic theory? Jadi jenis kedua ilmu ekonomi adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan dan mencari pengertian, hubungan sebab dan akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ilmu ekonomi teori ini masih dibagi lagi menjadi dua yakni ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro.

Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang mempelajari bagian kecil atau aspek individual dari kegiatan perekonomian. Ekonomi mikro dalam menganalisis kegiatan ekonomi menggunakan analisis konsumen dalam menggunakan pendapatannya dan produsen dalam menawarkan barangnya di pasar. Ekonomi mikro juga disebut sebagai teori harga karena inti dari ekonomi mikro adalah penentuan harga. Contoh ekonomi mikro: keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.

Sedangkan ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari keseluruhan perilaku ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan faktor produksi yang tersedia secara efisien. Tujuan ekonomi makro adalah mencapai kemakmuran masyarakat yang maksimal. Ekonomi makro disebut juga sebagai teori pendapatan. mengapa disebut demikian? Karena inti ekonomi makro adalah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dengan pendapatan. Contoh topik ekonomi makro: produk dan pendapatan nasional, tingkat harga, laju inflasi dan deflasi, kredit bank, pembelian masyarakat, dan sebagainya.

Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Jenis ilmu ekonomi terakhir adalah ilmu ekonomi terapan. Ilmu ini berkaitan dengan analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu. Jadi, ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu. Misalnya, ekonomi di perusahaan, ekonomi moneter, ekonomi perbankan dan sebagainya.

Pondok Djawara Deepublish

Manfaat dan Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Selanjutnya, manfaat dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah:

  • Memberikan masukan untuk pengambilan keputusan terhadap tindakan ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun global
  • Membantu pembuat kebijakan untuk memahami pola perilaku ekonomi masyarakat
  • Dapat memberikan sumbangsih dan kontribusi berupa pemikiran tentang potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi yang diambil oleh seorang pemimpin
  • Memberikan masukan dan kritik dalam pengambilan keputusan terkait tindakan-tindakan ekonomi
  • Meningkatkan kepekaan seseorang terhadap situasi ekonomi baik secara lokal, nasional, maupun global
  • Membantu pengambilan keputusan dalam prioritas kebutuhan yang ingin dipenuhi
  • Membantu memberikan pengertian pada potensi dan keterbatasan sebuah kebijakan ekonomi

Melansir unsyiah.ac.id, beberapa tujuan mempelajari ilmu ekonomi diantaranya:

  1. Mencari tahu benang merah antara peristiwa yang terjadi dengan perekonomianTujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mencari tahu tentang pengertian dari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam proses perekonomian. Dengan ilmu ekonomi, kita bisa mencari tahu apa hubungan antara kejadian atau peristiwa peristiwa perekonomian yang ada.
  2. Memanfaatkan ilmu ekonomi sebagai landasan dalam pengambilan keputusan
    Ilmu ekonomi juga dapat digunakan untuk landasan pengambilan keputusan. terutama masalah yang berkaitan dengan ekonomi baik di tataran lokal maupun nasional.
  3. Menciptakan kondisi yang kondusif dan baik untuk kemajuan perekonomian
    Selain dua tujuan di atas, mempelajari ilmu ekonomi juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang kondusif demi kemajuan perekonomian dalam masyarakat. Dengan mempelajari ilmu ekonomi, pastinya semua pelaku ekonomi mampu bersinergi dan bekerjasama dalam upaya menciptakan sebuah kondisi yang baik dan kondusif.
  4. Melatih kreativitas dalam berwirausaha dan mandiri
    Tujuan mempelajari ilmu ekonomi lainnya adalah untuk melatih agar seseorang dapat mengembangkan kreativitasnya untuk berwirausaha dan mandiri. Makanya ilmu sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin menjalan usaha. Pasalnya ilmu ini pasti sangat dibutuhkan.

Buku Referensi Ilmu Ekonomi

Selanjutnya bagi kamumahasiswa yang tengah mempelajari ilmu ekonomi, berikut ini kami berikan beberapa buku rekomendasi yang dapat memperdalam ilmu kamu:

Pondok Djawara Deepublish
Baca Materi Penting Lainnya

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2021 All Right Reserved. Toko Buku Deepublish – CV. Budi Utama