Logo toko buku deepublish

Pengertian dan 5 Manfaat Energi Angin

manfaat energi angin
Bagikan

Pernah mendengar energi alternatif dari energi angin? Energi ini termasuk energi terbarukan, yakni jenis sumber energi yang bisa diperbaharui. Sehingga jumlahnya sendiri terbilang sangat banyak atau bahkan bisa dikatakan sangat berlimpah. 

Energi terbarukan bukan hanya angin, ada juga energi matahari, kemudian energi panas bumi, energi biomassa, dan lain sebagainya. Semua jenis energi terbarukan ini menjadi energi alternatif untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbaharui. 

Pada pembahasan kali ini, akan fokus pada energi angin dan pemanfaatannya untuk berbagai hal di berbagai bidang juga. Energi jenis ini perlu dipahami dengan baik karena sekali lagi menjadi sumber energi alternatif yang sangat potensial. 

Pengertian Energi Angin

Hal pertama yang perlu dipahami di awal adalah pengertian dari energi angin. Energi angin adalah energi yang dihasilkan oleh gaya angin yang berhembus di permukaan bumi. Jadi, semilir angin yang berhembus rupanya merupakan sumber energi. 

Lalu, apakah angin bisa langsung diubah menjadi energi bentuk lain yang kemudian dimanfaatkan dalam kehidupan manusia? Tentunya tidak. Sebagaimana sumber energi alternatif lainnya, energi jenis ini juga perlu diolah. 

Nantinya akan melibatkan kincir angin, kincir angin ini bisa dikatakan baling-balingnya digerakan oleh angin. Gerakan baling-baling akan dihubungkan dengan alat khusus yang mampu mengubah energi angin tadi menjadi kekuatan mekanik. 

Berawal dari sebuah kincir angin, maka bisa digunakan untuk menggerakan alat atau mesin pembangkit listrik. Pernah mendengar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)? Sama seperti PLTU dan PLTG, PLTA juga menjadi sumber listrik yang bisa diandalkan. 

Selain untuk menghidupkan mesin pembangkit listrik, pemanfaatan kincir angin juga untuk menggerakan alat-alat dan mesin-mesin lainnya. Bahkan kincir angin sendiri diketahui sudah mulai digunakan manusia sejak abad ke-7 SM. Yakni oleh bangsa Persia. 

Promo Skripsian

Pada masa tersebut, kincir angin sudah dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik, memompa air, membantu mengairi lahan persawahan yang luas, dan membantu mengeringkan hasil panen. Seperti mengeringkan padi dan jagung. 

Kini, zaman sudah modern dan energi angin melalui kincir angin sudah bisa dimanfaatkan secara lebih kompleks. Tentunya perkembangan ini sangat menguntungkan manusia karena bisa digunakan untuk memenuhi lebih banyak kebutuhan. 

Manfaat Energi Angin

Sebagai energi terbarukan yang menjadi alternatif dari sumber energi tidak terbarukan. Maka energi angin kemudian bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia sehingga menunjang aktivitas atau keseharian masyarakat. 

Daftar Reseller

Sampai saat ini, pemanfaatan energi terbarukan jenis angin sudah semakin luas. Berikut adalah bentuk-bentuk manfaat atau pemanfaatannya dalam keseharian: 

1. Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Manfaat yang pertama dari angin atau sumber energi jenis angina adalah untuk pembangkit listrik. Pemanfaatan jenis ini sudah dilakukan sejak lama, sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya sudah dilakukan masyarakat Persia di bada ke-7 SM. 

Sampai saat ini, angin masih dimanfaatkan untuk menjadi pembangkit listrik yang menggantikan sumber energi listrik tidak terbarukan. Dulu dan sekarang di sejumlah negara pemanfaatan ini menggunakan kincir angin. 

Beberapa negara menggunakan turbin angin atau kombinasi antara turbin angin dengan kincir angin. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang kemudian ada sekitar 4 lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) di tanah air. 

Angin yang bisa menghasilkan energi mekanik kemudian bisa memberikan tenaga listrik. Tenaga listrik ini bisa dimanfaatkan untuk membantu menyalakan lampu, memfungsikan berbagai jenis elektronik, dan lain-lain. 

2. Nelayan

Manfaat energi angin yang kedua adalah untuk mendukung kegiatan nelayan saat melaut. Nelayan menggunakan perahu maupun kapal untuk menjaring atau menangkap hasil lain. Seperti udang, ikan, dan hasil laut lainnya. 

Nelayan kecil masih setia menggunakan perahu yang tentunya bisa bergerak menuju ke laut maupun menuju ke daratan dengan cara dikayuh. Kemudian bisa mengandalkan kekuatan angin untuk membantu menuju ke titik yang diinginkan. 

Daftar Open Reseller

Adanya angin yang lumayan kencang membantu nelayan menghemat tenaga karena tidak perlu mengayuh lagi. Kemudian menghemat waktu juga, karena tidak perlu waktu lama untuk sampai ke tengah laut. 

Sebab perahu sudah digerakan oleh angin dan tinggal diarahkan menuju ke lokasi yang diinginkan memakai kayuh dengan gerakan tertentu. Lewat angin, para nelayan mendapat kemudahan untuk melaut dan mendapatkan hasil laut sebanyak mungkin. 

3. Dunia Penerbangan (Pesawat)

Tak hanya sebagai pembangkit listrik dan memudahkan aktivitas para nelayan, energi angin juga bermanfaat di dunia penerbangan. Tahukah kamu, bahwa pesawat tidak bisa terbang dengan sangat mulus dan seimbang tanpa bantuan angin? 

Baik ketika take off atau lepas landas dan akan mendarat, pesawat memerlukan angin yang cukup untuk bisa melakukan keduanya dengan mulus. Selama mengudara, pesawat juga membutuhkan angin agar bisa seimbang dan menghemat bahan bakar. 

Angin yang berhembus di ketinggian ikut mendorong badan pesawat sehingga membuat penerbangan lancar dan cenderung lebih hemat tempat. Hal ini akan ikut membantu menghemat bahan bakar. 

Selain itu, diketahui juga bahwa angin bisa menjaga badan pesawat tetap dalam kondisi seimbang. Keseimbangan ini akan meminimalkan resiko terjadi kecelakaan dan juga menjaga mesin pesawat tetap dalam kondisi prima karena tidak perlu bekerja terlalu keras. 

Ebook Panduan Jadi Reseller

4. Mendukung Olahraga Paralayang

Energi angin juga dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan olahraga tertentu. Sebut saja seperti terjun payung, gantole, paralayang, dan lain sebagainya. Olahraga angin memang sangat mengandalkan angin. 

Angin bermanfaat bagi penikmat olahraga ini untuk membantu menentukan arah, sehingga bisa berbelok atau lurus ke titik yang diharapkan. Kekuatan angin juga mendukung proses landing atau pendaratan yang mulus. 

Oleh sebab itu, olahraga angin seperti paralayang perlu memperhatikan kondisi cuaca. Tanpa angin olahraga ini sukar dilakukan, namun saat angin berhembus terlalu kencang maka meningkatkan resiko kecelakaan. 

Kamu tentu tidak ingin mendarat di Korea Utara seperti yang dialami Son Ye Jin dalam drama Korea Crash Landing On You, bukan? Maka penting untuk didampingi oleh ahlinya agar bisa menikmati paralayang dengan nyaman dan aman. 

5. Penentuan Musim

Energi angin ternyata juga bisa membantu menentukan atau memprediksi musim. Dewasa ini musim di Indonesia memang tidak menentu, tidak seperti beberapa dekade yang telah lewat dimana musim hujan dan kemarau sudah pasti terjadi di bulan tertentu. 

Sekarang, memprediksi musim di Indonesia ibarat memprediksi perasaan perempuan. Tidak ada yang bisa menebak. Namun, dalam ilmu pengetahuan. Angin dilihat dari arah gerakannya bisa membantu menentukan musim, termasuk di Indonesia. 

Misalnya saat Indonesia dikelilingi oleh angin muson barat yang mengalir dari Asia (musim dingin) ke Australia (musim panas). Angin muson barat mengandung curah hujan yang tinggi sehingga memberikan musim hujan di negara yang dilintasinya. 

Selain angin, penentuan musim juga menggunakan perhitungan matahari ya. Nah, apa saja manfaat energi matahari, kalian bisa cek disini: Manfaat Energi Matahari.

Angin merupakan sumber energi yang dari penjelasan di atas memiliki manfaat yang beragam dan sangat luas, hingga ke berbagai bidang. Pemanfaatannya tentu perlu dioptimalkan karena termasuk sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan (penulis/pujiati).

Baca juga artikel penting materi fisika lainnya

Baca Materi Penting Lainnya