Materi Kuliah Sistem Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL

materi kuliah sistem manajemen basis data
toko buku kuliah

Materi Kuliah Sistem Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL – Buku manajemen basis data menggunakan MySQL karya Rubi Yanto adalah buku yang tepat. Karena tidak sekedar mengulas manajemen basis data saja. Tetapi juga akan memaparkan pengenalan dasar basis data, model data relasional, manajemen basis data, struktur bahasa query, penerapan operator dalam mysql dan penerapan fungsi dalam mysql.

Nah, barangkali kamu pas banget sedang mencari buku sistem manajemen basis data menggunakan MySQl satu ini. Maka buku ini jawaban yang tepat. Buku sangat direkomendasikan, karena tidak hanya mengulas tentang basis data saja. Dari segi isi, di dalam buku ini akan memberikan pemahaman konsep dan basis data itu sendiri.

Kompetensi terpaparpun juga akan memberikan pemahaman keuntungan dan kerugian menggunakan basis data. Tentu saja ini sangat membantu buat kamu yang masih kepo-kepo sana sini. Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan ini bisa baca artikel ini sampai selesai ya.

Buku manajemen basis data menggunakan MySQL sebenarnya ilmu yang memiliki kemanfaatan yang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk dapat mengelola data yang baik, diperlukan pemahaman dari tawah awal. Nah, hanya di buku ini akan dijelaskan juga loh.

Buat kamu yang ingin mendapatkan buku terbitan deepublish satu ini, pasti penasaran bukan apa saja isi bukunya? Berikut sedikit garis kecilnya.
Database Management System (DBMS).

Temukan Materi Kuliah dalam Buku Sistem Manajemen Basis Data Berikut

Database management system adalah software yang dibuat untuk memudahkan mengefisiensikan pemasukan, penghapusan, pengeditan dan pengambilan informasi terhadap database. Software yang tergolong ke dalam DBMS, seperti Microsoft SQL, MySQL, Oracle, MS. Access.

Selain SDBM, akan disinggung juga tentang artistektur sistem basis data yang sering disebut-sebut sebagai standari arsitektur sistem basis data dihasilan oleh data base taks group. Ada dua level pada arsitektur sistem basis data, yaitu sistem view dan user view.

Pemodelan Data Relasional

Buku manajemen basis data menggunakan MySQL juga akan fokus mempelajari model data relasional. Adapun keuntungan data relasional yang bisa kamu rasakan. dari segi pendekatan basis data menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan sistem pemprosesan berkas tradisional.

Beberapa keunggulan data relasional adalah kemandirian program dan data, mengurangi pengulangan data yang tidak perlu . Sasaran perancangan dengan pendekatan basis data menyatukan berkas-berkas data pada struktur logika tunggal. Dimana setiap fakta primer direkam pada satu tempat.

Selain pemodelan data rasional, barangkali kamu juga akan berkenalan model data relasional. Model data yang menggunakan sejumlah table untuk menggambarkan data serta hubungan angara data-data. Bagaimana dan seperti apa table data relasional, di dalam buku ini juga akan dipaparkan apa saja.

Manajemen Basis Data

Buku sistem manajemen basis data menggunakan MySQL pun juga memaparkan tentang manajemen basis data. Dalam proses pengelolaan basis data, dibutuhkan bahasa query yang mampu melakukan proses baik mendefinisikan basis data, manipulasi data serta proses kontrol terhadap data pada basis data.

Model relasional adalah model basis data yang digunakan dalam bahasa query. Ada banyak poin penting yang akan di paparkan di manajemen basis data. Diantarannya ada struktur basis data, dasar-dasar MySQL, export dan import data, manajemen data antar –database. Pokoknya semuanya akan di bahas tuntas hanya di sini deh.

Struktur bahasa Query (SQL)

Masuk ke poin inti, yaitu struktur bahasa Query (SQL). Data definition language (DDL) merupakan kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database. Objek-objek database pada MySQL misalnya database, table, view, index, procedur, function dan trigger.

Di bab ini pula kamu pun juga menjabarkan tentang data manipulation language (DML) yang merupakan bahasa yang memungkinkan penggunaan untuk mengakses atau memanipulasi data dalam sistem basis data yang bertipe relation. Ada dua jenis DML loh, yaitu DML procedural dan DML Deklaratif.

Ada juga yang namannya Data Control Language (DCL) yang merupakan perintah GRANT dan REVOKE dapat digunakan untuk membuat user baru maupun mengukur hak akses user yang telalh ada dengan hak akses tertentu. tingkatan hak akses user pun dibagi menjadi tingkatan global, databse, table dan kolom. Nah, ulasan lengkapnya hanya bisa kamu baca di sana.

Buku manajemen basis data menggunakan MySQL pun tidak berhenti menjabarkan sampai disitu saja. Kamu pun juga akan belajar tentang Operator pada MySQL, dimana di sana akan dibahas bagaiman melakukan pembanding, operator logika, operator aritmatika dan operator lik, not like. Di bab VI, juga akan disinggung tentang fungsi pada MySQL.

Buku setebal 243 ini sangat direkomendasikan buat kamu. Selain dari penggunaan bahasa yang sederhana. Buku ini juga mudah dipahami. Apalagi jika buku ini diperuntukan untuk mahasiswa atau buku pegangan, di jamin buku ini pun menjadi tujuan utama untuk mencapai tujuan pencapaian pembelajaran.

Detail buku :

Buku Manajemen Basis Data
PengarangRobi Yanto
KategoriBuku Referensi
Bidang IlmuSains dan Teknologi
ISBN978-602-401-204-5
Halamanx, 243 hlm
HargaRp. 84.500
Detail buku management database.

Kamu juga bisa lihat produk lain yang berkaitan dengan “DATABASE” sebagai berikut :

1. Buku Perancangan Database Sistem Informasi Akuntansi
2. Buku Prmorgraman Database dengan Visual Foxpro
3. Buku Soal Latihan dan Jawaban Pengolahan Database MySQL Tingkat Dasar

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang