Deprecated: Metoda constructor yang dipanggil WP_Widget di EpekenCekResi sudah terdepresiasi sejak versi 4.3.0! Harap gunakan __construct() sebagai gantinya. in /var/www/html/penerbitbukudeepublish.com/wp-includes/functions.php on line 4866
Butuh Materi Hukum Kelembagaan Negara? Miliki Buku Terbaik Ini
promo toko buku online

Butuh Materi Hukum Kelembagaan Negara? Miliki Buku Terbaik Ini

toko buku kuliah

Butuh Materi Hukum Kelembagaan Negara? Miliki Buku Terbaik Ini – Dilihat dari judul hukum kelembagaan Negara sudah pasti sebagai buku hukum. Tidak lain mengulas tentang perkembangan lembaga-lembaga Negara Indonesia dalam perspektif hukum dan konstitusi. Buku karya Isharyanto ini akan mengurai pendekatan undang-undangan, pendekatan perbandingan hukum dan pendekatan konseptual.

Khusus pendekatan perundang-undangan akan ditujukan untuk isu kelembaga Negara yang mengangkat isu ekonomi, dalam konteks ini hukum dan konstitusi. Sedangkan untuk pendekatan konseptual itu sendiri lebih fokus pada kelembagaan Negara yang berkembang karena munculnya kasus hukum konkrit yang relevan.

Butuh Materi Hukum Kelembagaan Negara? Miliki Buku Terbaik Ini

Buku Hukum Kelembagaan
Judul BukuIsharyanto
PenulisBuku Hukum Kelembagaan Negara
Beli Versi CetakBeli Sekarang
Beli Versi EbookBeli Sekarang

Buat kamu yang sedang mencari materi hukum kelembagaan Negara. Buku terbitan Deepublish ini adalah jawabannya. Setidaknya kamu akan mempelajari banyak poin. Seperti berikut.

Konseptualisasi lembaga Negara

Istilah lembaga Negara sebenarnya banyak dijumlah dalam berbagai ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat. Dimana istilah ini sebagai lembaga Negara pertama kali muncul dan diatur dalam ketetapan MPRS No. XX/MPRS/1966 tentang Memorandum Dewan Perwakilan Rkayat GOtong Royong mengenai sumber perundang-undangan Indonesia. Penasaran bukan ketetapan tersebut seperti apa? Kamu bisa baca juga di sini loh

Selain menguls tentang lembaga Negara, buku hukum kelembagaan Negara ini juga akan mengulas tentang pembedaan lembaga Negara. Dimana pembedaan lembaga itu sendiri akan diulas ke dalam dua poin. Poin pertama sebagai pembeda dari segi hierarkhi dan kedua sebagai pembeda dari segi fungsi.

Teori Pembahasan Hukum Kelembagaan Negara

Selain mempelajari tentang konseptualisasi lembaga Negara, kamu pun juga akan belajar tentang teori yang penting sehubungan dengan pembahasan hukum kelembagaan Negara. Di sini pulalah kamu akan berkenalan dengan banyak teori. Mulai dari teori konstitusi dan konstitusionalime itu apa saja sih.

Tidak hanya berhenti disitu saja, akan diperkenalkan pula tentang teori pemisahan kekuasaan. Tokoh terkenal yang mengangkat teori ini adalah John Locke. Dalam bukunya yang berjudul two treaties on civil goberment (1690) menyinggung tentang legislative, eksekutif dan kekuatan federasi. Dimana John Lock memisahkan kekuasaan dalam tiap Negara kedalam beberapa kekuasaan tersebut. nah, ulasan dan penjelasan lengkapnya, hanya akan dibaca di dalam bukunya langsung.

Parlemen

Materi dalam buku hukum kelembagaan Negara ini juga tidak lepas dengan istilah “parlemen”. Tentu saja agar tidak membuat pembaca binggung tujuh keliling. Maka di bab parlemen akan dijelaskan secara umumnya, kemudian akan dijelaskan sistem parlemen itu seperti apa. Ada dua sistem di dalam parlemen, yaitu sistem unicameral dan bicameral. Keduanya pun juga hanya bisa kamu pahami jika langsung membaca ulasannya langsung. karena pembahasannya pun sangat panjang.

Siapa sih yang tidak kenal dengan parlemen di Indonesia? Ternyata parlemen di Indonesia mengalami evolusi. Yaitu evolusi sebelum perubahan UUD 1945 dan sesudah perubahan UUD 1945. Kemudian barulah masuk dalam sorotan terhadap dewan perwakilan daerah.

Presidensialisme dan Lembaga Kepresidenan

Materi dalam buku kelembagaan negara ini tidak sekedar mempelajari tentang kelembagaan parlemen saja. Tetapi juga mempelajari kelembagaan kepresidenan. Membicarakan lembaga kepresidenan, pastinya akan mengulas tentang sistem pemerintahan terlebih dahulu.

Lembaga kepresidenan ini pun juga akan mengulas tentang presidensialisme. Di bab inilah kamu akan belajar tentang  semi preseidensialisme di perancis juga loh. Akan disinggung pula cakupan kekuasaan. Termasuk juga akan membahas kekuasaan kehakiman. Baik tentang independensi kekuasaan kehakiman hingga mengulas tentang pengujian konstitusional.

Badan Pemeriksaan Keuangan

Hayo di sini siapa yang pasiion dan senang dengan keuangan? Barangkali ada yang ingin menjadi menteri keuangan seperti Sri Mulyani? Nah, buku hukum kelembagaan Negara inilah jawabannya. Apa saja sih yang akan kamu pelajari di bab badan pemeriksaan keuangan?

Tentu saja kamu akan diajarkan tentang determinasi lembaga audit, model kelembagaan pemeriksaan keuangan dan mekanisme pemeriksaan keuangan Negara. Karena menjalankan tanggungjawab sebagai badan pemeriksaan keuangan tidak mudah, maka butuh memahami dan menguasai prinsip.

Ternyata dalam badan pemeriksaan keuangan ini memiliki prinsip independensi dan relasi dengan cabang kekuasaan lain loh. Bahkan menguasai prinsip dan relasi itu tidak cukup. Ada kelembagaan seperti kelembagaan berdasarkan masanya. Kini kelembagaan di Indonesia sudah ada lima masa. Masa I di tahun 1945-1949. Masa kedua masa di tahun 1949-1959, masa ketiga 1959 – 1966, masa keempat berlangsung di tahun 1966-2001 dan masa ke V adalah tahun 2001 hingga sekarang.

Bank Sentral

Masih berbau dengan keuangan, buku kelembagan Negara ini pun juga akan membongkar tentang materi bank sentral. Dimana pertumbuhan bank sentral memiliki pengaruh yang cukup berpengaruh. Tahukah kamu jika kelembagaan bank Indonesia sendiri ternyata sebagai nasionalisasi ke sirkulasi-komersial. Seperti apa sih? lebih jelasnya kamu bisa baca di halaman 273.

Sebagai bank lembaga Negara, bank sentral tentu saja memiliki tanggungjawab yang besar. Nah, buat kamu yang ingin menjadi bagian di sana, kamu pun nanti juga akan diperkenalkan tentang indepedensi. Indepedensi bank sentral itu sendiri dibagi menjadi tiga hal. Yaitu indepedensi tujuan, instrument dan personal, yang akan di paparkan secara rinci di buku terbitan deepublish.

beli buku hukum
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah