Tempat Cari Informasi Dan Inspirasi Bagi Pustakawan

Manfaat Perpustakaan Digital Disertai Kelebihan dan Kekurangannya

perpustakaan digital library

Manfaat perpustakaan digital – Di era teknologi seperti sekarang, perpustakaan digital kini menjadi norma di perguruan tinggi dan universitas. Perpustakaan digital mencoba mereka menggabungkan teknologi dan sumber daya informasi untuk memungkinkan akses jarak jauh melalui konten pendidikan, sehingga meruntuhkan penghalang jarak yang ada.

Namun bukan ini satu-satunya keuntungan manfaat perpustakaan digital: berikut adalah 5 alasan bagus mengapa guru dan orang tua harus mengundang anak-anak dan pelajar muda untuk menggunakan perpustakaan digital.

Apa itu Perpustakaan Digital?

Sebelum mempertimbangkan 5 manfaat utamanya, mari kita coba berikan definisi tentang apa itu perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah kumpulan dokumen – seperti artikel majalah, buku, makalah, gambar, file suara dan video – yang disusun dalam bentuk elektronik dan tersedia di Internet atau pada dukungan digital, misalnya disk CD-ROM.

Dibandingkan dengan disk CD-ROM, perpustakaan digital berbasis Internet memiliki kelebihan: mereka dapat diperbarui setiap hari.

Perpustakaan digital juga disebut sebagai perpustakaan elektronik atau repositori digital. Konten koleksi perpustakaan digital ini dapat disimpan secara lokal, atau diakses dari jarak jauh melalui jaringan komputer.

Banyak sekolah dan lembaga telah memulai tugas untuk mengubah koleksi buku dan materi pendidikan tradisional mereka ke dalam format elektronik: beberapa file tersedia dalam format HTML sementara yang lain dapat diunduh dalam format PDF, untuk dicetak jika perlu. 

Baca juga : Kegiatan Menarik Di Perpustakaan Yang Buat Siapapun Betah

Manfaat Perpustakaan Digital

1. Jumlah pilihan yang tinggi

Perpustakaan digital memberikan akses ke banyak konten dengan sumber daya dan pilihan yang berpotensi tak terbatas. Batasan utama perpustakaan tradisional diwakili oleh ruang fisik: buku menghabiskan banyak ruang dan orang sering kali harus berjalan berkeliling untuk mencari materi tertentu.

Berkat Internet dan penyimpanan cloud, perpustakaan digital mengatasi keterbatasan ini, memperluas wawasan siswa dalam belajar. Mereka dapat mengakses sejumlah besar pengetahuan dan berbagi konten dengan orang lain, memfasilitasi perluasan pendidikan.

2. Membangun warisan untuk generasi berikutnya

Perpustakaan online membantu masyarakat ilmiah karena berfungsi sebagai reservoir untuk penyimpanan data, informasi, dan temuan penelitian penting. Untuk waktu yang sangat lama, catatan fisik studi dan penelitian ilmiah harus menghadapi masalah kritis: dihancurkan atau hilang.

Namun hari ini, berkat perpustakaan digital, salinan studi dan penelitian online dapat dilindungi dan dikumpulkan untuk menciptakan warisan virtual informasi untuk generasi mendatang.

3. Akses instan ke konten pendidikan

Selama koneksi Internet tersedia, perpustakaan digital dapat diakses di mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat teknologi sederhana, seperti PC, tablet, atau bahkan smartphone.

Artinya, siswa dapat melihat buku, gambar, video online, dan semua konten pendidikan lainnya secara online tanpa harus menunggu dan pergi ke perpustakaan fisik terdekat.

Mereka dapat melakukannya di lingkungan formal, misalnya di sekolah, atau mereka dapat bersantai di rumah untuk mendapatkan akses cepat ke informasi yang mereka butuhkan.

4. Berjuang melawan kerusakan

Penyimpanan digital buku dan, di atas segalanya, audio, memecahkan masalah kerusakan. Di perpustakaan tradisional, kaset audio dan rekaman vinil dibagikan kepada banyak siswa yang mengajukan masalah untuk memegang sejumlah besar permainan.

Foto rapuh atau dokumen kuno harus ditolak beberapa kali penyerahan dan konsultasi, dengan risiko mengalami kerusakan atau kerusakan lainnya.

Berkat digitalisasi materi, dimungkinkan untuk mengakses konten berapa kali yang dibutuhkan siswa, menggunakan format (mp3, gambar digital, buku teks online, dll.) Yang pasti jauh lebih aman untuk digunakan.

5. Pengambilan informasi yang lebih mudah

Selama bertahun-tahun, perpustakaan digital telah mengembangkan berbagai fitur pencarian – seperti operator boolean dan proximity, truncation, dll. – yang memfasilitasi akses ke informasi dan koleksi data, memungkinkan siswa melakukan pencarian canggih untuk berbagai kueri.

Berkat teknologi mesin pencari yang intuitif – misalnya, peringkat atau perluasan istilah otomatis – bahkan pengguna pemula dapat mulai menggunakan perpustakaan digital untuk menyelesaikan pencarian mereka secara mandiri. Dan yang paling menggembirakan adalah, seiring dengan bertambahnya koleksi digital, tingkat kecanggihan fitur pencarian ini meningkat secara eksponensial.

Baca juga ; Pengertian Minat Baca Dan Perlunya Gerakan Literasi Yang Memikat

Tujuan Perpustakaan Digital

  1. Perpustakaan digital menyediakan fasilitas dan layanan untuk mendukung penelitian, pengajaran, pembelajaran, dan komunikasi ilmiah lintas disiplin ilmu.
  2. Membantu mengumpulkan, mengatur dan menyusun cetakan dan informasi digital dan menyebarluaskan pada titik perawatan dan untuk penggunaan di masa mendatang.
  3. Memberikan akses mutlak ke informasi.
  4. Bertindak sebagai pintu gerbang ke informasi digital dan elektronik.
  5. Memberikan perspektif global dan mengintegrasikan materi dari banyak sumber di satu tempat.

Baca juga : 7 Arti Literasi Digital Menurut Para Ahli

Keunggulan Perpustakaan Digital

1. Tanpa Batasan Fisik:

Pengguna tidak perlu pergi ke perpustakaan secara fisik. Orang-orang dari seluruh dunia dapat mengakses informasi yang sama.

2. Akses 24/7

Keuntungan utama perpustakaan digital adalah orang dapat memperoleh akses 24/7 ke informasinya.

3. Akses Ganda

Sumber daya perpustakaan digital yang sama dapat digunakan secara bersamaan oleh sejumlah institusi dan pengguna.

4. Pencarian Informasi

Pengguna dapat menggunakan istilah pencarian apa pun untuk mencari seluruh koleksi. Ini menyediakan antarmuka yang sangat ramah pengguna, memberikan akses yang dapat diklik ke sumber dayanya.

5. Pelestarian dan Konservasi

Untuk koleksi fisik, digitalisasi bukanlah solusi pelestarian jangka panjang, tetapi berhasil memberikan salinan akses untuk materi yang jika tidak akan dimodifikasi dari penggunaan berulang.

6. Ruang

Perpustakaan konvensional dibatasi oleh ruang penyimpanan tetapi perpustakaan digital memiliki potensi untuk menyimpan lebih banyak informasi. Informasi digital membutuhkan sedikit ruang fisik untuk menampungnya. Selain itu, teknologi penyimpanan media lebih terjangkau dari sebelumnya.

7. Mudah Diakses

Siapapun dapat mengakses perpustakaan digital dari manapun dan kapanpun.

Baca juga : 5 Cara Membuat Perpustakaan Ramai Dikunjungi

Kekurangan Perpustakaan Digital

Sayangnya dibalik kelebihan manfaat perpustakaan digital, tetap ada kekurangan dari perpustakaan digital. Berikut ini kekurangan perpustakaan digital. 

1. Hak Cipta

Seorang penulis dapat dengan bebas ditransfer oleh orang lain tanpa sepengetahuannya, disini digitalisasi melanggar undang-undang hak cipta sebagai konten melalui.

2. Kecepatan Akses

Karena banyak komputer yang terhubung ke internet, kecepatan aksesnya menurun secara wajar. Hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan saat sedang membaca, bukan?

3. Biaya awal tinggi

Biaya infrastruktur perpustakaan digital yaitu biaya perangkat keras, perangkat lunak, penyewaan sirkuit komunikasi umumnya sangat tinggi. 

4. Bandwidth

Perpustakaan digital membutuhkan bandwidth tinggi untuk transfer sumber daya multimedia. Tentunya membutuhkan akses internet yang mumpuni supaya perpustakaan digital dapat diakses tanpa kendala. 

5. Lingkungan

Perpustakaan digital tidak dapat mereproduksi lingkungan perpustakaan konvensional yang mana image perpustakaan dengan rak dan buku-buku tersusun kemudian dibaca secara langsung. Sebab bagi beberapa orang menganggap bahan bacaan tercetak lebih mudah daripada bahan bacaan di layar komputer.

6. Pengawetan

Perpustakaan digital dapat dengan cepat menjadi ketinggalan zaman dan datanya mungkin menjadi tidak dapat diakses karena perkembangan teknologi. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi pada generasi baru, mereka dapat terhubung dengan sejarah, tradisi, alam, dan banyak hal lainnya dengan teknologi. 

Baca juga : Contoh Notice Di Perpustakaan Beserta Penjelasannya

Share This Post

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on email

Artikel Terkait

butuh bahan pustaka?

mari kerjasama bersama kami, pengadaan mudah tanpa ribet !

teknik pengadaan buku perpustakaan