fbpx

10 Manfaat Membaca Buku Yang Belum Diketahui Banyak Orang

manfaat-membaca-buku

Manfaat membaca buku bisa langsung kita rasakan sesaat setelah kita membaca sebuah buku, misalnya ketika membaca buku novel maka bisa saja tumbuh rasa empati, bahagia, sedih, atau lucu bahkan bisa sampai menangis karena terbawa dalam alur cerita sedih dalam buku tersebut. Ehemm, ternyata tidak hanya doi yang bisa buat menangis, tapi buku juga bisa.

Begitu juga ketika kita membaca buku-buku bergenre lain, buku referensi akan mendatangkan manfaat berupa bertambahnya ilmu atau wawasan yang kita miliki. Semakin luas wawasan yang kita miliki akan semakin matang pemikiran kita.

Luasnya wawasan yang kita miliki juga akan sangat membantu dalam mengambil sebuah keputusan, kita dapat melihat dipemerintahan atau perusahaan-perusahaan. Orang yang menjabat di posisi-posisi teratas adalah mereka yang memiliki wawasan yang luas dan mampu membuat keputusan atau kebijakan yang strategis sehingga mampu membuat perusahaan tersebut maju.

Untuk mencapai kesuksesan seperti mereka, pastilah diperlukan dasar berupa wawasan atau pengetahuan yang sejalan dengan bidang terkait. Mereka-mereka para pemimpin pastinya gemar membaca buku ketika mudanya, bahkan sampai sekarang saya yakin juga masih membaca buku untuk memperdalam dan memperluas ilmunya.

Orang-orang yang telah merasakan manfaat membaca buku sudah bisa kita ketahui kok ciri-cirinya, karena jika dilihat khususnya ketika di ajak berbicara akan ketahuan mana orang yang punya wawasan luas karena membaca dan mana orang yang cuma omong kosong karena otaknya kosong.

Tentu kamu ngga pengen kan dibilang cuma omong kosong, nahh biar gagasan-gagasanmu lebih berbobot dan kamu bisa nyambung ngobrol dengan siapapun kamu harus banyak-banyakin membaca buku.  Biar kamu lebih bersemangat, coba aja baca manfaat membaca buku di bawah ini, dengan begitu setidaknya kamu punya alasan yang kuat mengapa kamu harus membaca buku. Okee, tak perlu panjang lebar langsung saja check it out :

10 Manfaat Membaca Buku Yang Belum Diketahui Banyak Orang

membaca-buku3Apa saja sih manfaat membaca buku itu? Banyak kok, setelah membaca ini kamu akan tahu apa saja yang bisa kamu dapat dari kegiatan reading atau membaca.

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Membaca buku akan membuat kita banyak mengetahui tentang berbagai macam informasi dan pengetahuan yang selama ini belum kita ketahui. Dengan begitu akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang kaya akan pengetahuan, kaya akan informasi dan sering dijadikan sebagai rujukan ketika bertanya.

Bahkan jika kita terus mengasah kemampuan dan memperdalam ilmu dengan membaca tersebut, bukan tidak mungkin kita akan menjadi ahli. Kalau kata Pak Ndul itu biar menjadi ahlinya ahli dan intinya inti, he he.

2. Membuka jalan pikiran

Manfaat membaca buku yang selanjutnya adalah dapat membuka jalan-jalan pikiran. Jalan pikiran merupakan sebuah jalan menuju ide-ide cemerlang, atau sebuah jalan menuju solusi dari sebuah permasalahan.

Apa-apa yang didapat dari membaca buku entah itu konsep, pengetahuan atatu informasi bisa kamu gunakan sebagai base atau landasan kamu dalam menemukan sebuah ide atau solusi.

Misal nih, kamu adalah seorang book seller yang saat ini penjualan bukumu sedang sepi. Lantas kamu bisa mencoba baca-baca buku tentang teknik-teknik penjualan, pemasaran, atau buku tentang bagaimana agar sukses menjadi pengusaha.

Pada saat membaca buku itulah kamu akan menemukan berbagai teknik-teknik penjualan yang mungkin saja belum kamu ketahui, atau kamu terus mengetahui letak kesalahanmu saat ini, atau kamu malah bisa mengembangkan ide atau teknik yang sudah ada dalam buku tersebut.

Gimana, kamu tertarik tidak untuk mulai membaca buku? Jika tertarik, coba deh lirik beberapa buku yang kami jual di toko online ini.

3. Membuat otak lebih sehat

Manusia itu ibarat mesin yang jika didiamkan saja justru akan rusak, manusia jika tidak olahraga maka badannya kurang sehat begitu juga dengan otak jika tidak pernah kita asah maka bisa-bisa otak kita akan tumpul dan ngehang.

Maka kita perlu untuk terus mengasah otak, salah satu caranya ya dengan membaca buku. Pada saat kita membaca otak kita akan aktif dan bekerja, bahkan studi mengatakan bahwa dengan membaca akan menurunkan risiko pikun di hari tua.

4. Menambah kosa kata

Banyak sedikitnya kosa kata mungkin kurang begitu berarti bagi orang-orang biasa, tapi bagi orang yang pekerjaannya adalah menulis, mengajar atau sebagai pemimpin yang sering berbicara di depan umum maka kosa kata adalah hal yang sangat penting.

Semakin banyak kosa kata yang dikuasai tentu akan sangat mendukung orang tersebut ketika menulis, mengajar atau berbicara di depan umum. Bahkan bagi orang biasa pun, dengan banyak-banyak membaca buku pasti akan memperlancar dirinya ketika menyampaikan suatu pendapat atau gagasan kepada orang lain.

5. Meningkatkan kemampuan menulis

Writing skills seseorang akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah buku yang dibaca, karena membaca buku akan membuat seseorang memiliki wawasan yang dengan wawasan itu akan dituangkan kedalam tulisan.

Sebagai contoh begini, jika kamu belum mengetahui apapun tentang Jakarta, apakah mungkin kamu bisa menceritakan tentang jakarta lewat tulisan? Tentu tidak bukan, kamu harus pergi ke Jakarta dulu atau kamu lihat video-video tentang Jakarta.

Begitu juga pada saat kamu menulis, minimal kamu harus menguasai apa yang akan kamu tulis itu. Salah satunya yaa dengan membaca buku, apalagi dengan membaca buku kamu akan lebih paham tentang bagaimana memilih kata yang tepat, bagaimana membuat kalimat efektif, bagaimana alur ceritanya dan masih banyak lagi.

Pokoknya jika kamu ingin pandai menulis, kamu harus memulai dengan membaca buku sebanyak-banyaknya.

Jika kamu tidak menemukan buku yang pas untuk dibaca, maka buatlah buku sendiri, hi hi.

6. Meningkatkan kemampuan Public Speaking

Membaca tidak hanya mengasah kemampuan menulis kita lho, tapi juga memiliki manfaat dalam meningkatkan kemampuan public speaking. Public speaking merupakan komunikasi lisan di hadapan orang banyak (umum), bisa seperti pidato, ceramah, atau sekadar menyampaikan pendapat di depan orang banyak.

Ketika kamu banyak membaca buku, maka dirimu akan banyak memiliki bahan-bahan yang bisa kamu sampaikan pada saat kamu berbicara di depan umum. Kamu juga bisa memasukkan pendapat atau hal-hal yang terdapat dalam buku ke dalam pidato kamu.

Jadi, terutama buat kamu nih yang pengen jadi MC, Pejabat, Ustad, Guru dan kawan-kawannya harus sering-sering baca buku yaa.

7.  Mengurangi stress

Membaca buku ternyata bisa juga membuat orang terhindar dari stress, apalagi jika membaca buku merupakan sebuah hobi. Atau membaca buku dengan jenis buku yang menghibur seperti komik, novel atau buku-buku yang berbau humor.

Kadang bahkan buku bisa membuatmu seperti orang gila atau stress beneran, apa buktinya? Lhaa itu senyum-senyum sendiri sama buku.

Walaupun buku humor yang bisa bikin kamu ketawa, bukan berarti kamu tidak dapat apa-apa lho, karena biasanya walaupun buku humor namun tetap menyimpan pesan atau nasihat yang bermanfaat buat kalian semua. Jadi kamu akan mendapat banyak manfaat membaca buku bukan? he he.

8. Belajar dari pengalaman orang lain

Kalian mungkin pernah mendengar buku “Si Anak SingkoNG” yang mengisahkan tentang perjalanan CT (Choirul Tanjung) hingga sukses dan memimpin Trans Corp. Atau ada juga buku seperti Sang Singa Podium yang mengisahkan tentang jatuh bangunnya Soekarno sampai bisa menjadi seorang orator ulung. Kita bisa belajar dari mereka melalui buku-buku yang mereka tulis, ada banyak kejadian-kejadian, pengalaman dan peristiwa yang sangat berguna jika kita terapkan.

Banyak orang yang bilang belajar dari pengalaman adalah guru terbaik, jika pengalaman diri sendiri merupakan guru terbaik maka ada yang lebih baik dari itu, yaitu belajar dari pengalaman orang lain.

Jika ada pepatah mengatakan “jangan sampai jatuh di lubang yang sama”, maka kita bisa belajar dari pengalaman orang lain agar tidak sampai jatuh di lubang tersebut.

9. Membuat kamu lebih fokus lagi

Pada saat kita membaca sebuah buku, otak kita akan dibiasakan untuk fokus terhadap bacaan pada sebuah buku yang kita pegang. Pada saat inilah sebenarnya kita sedang berlatih untuk fokus terhadap sesuatu hal, efek positifnya adalah ketika kita mengerjakan sesuatu kita akan lebih fokus lagi. Misal pada saat kita bekerja, saat ujian, saat berkendara dan kegiatan-kegiatan yang lainnya.

10. Membuatmu lebih bersemangat

Beberapa jenis buku seperti motivasi atau biografi tentang orang-orang sukses akan memberikan kita secuil energi positif yang dapat memicu luapan semangat untuk meraih kesuksesan serupa.

Biasanya setelah membaca sebuah buku kita merasa telah mendapatkan ilmu baru, semangat baru, ide baru yang dengan apa yang kita dapatkan itu kemudian kita lebih bergairah dari yang sebelumnya. Betul tidak?

Menimbang 10 manfaat membaca buku di atas, maka tidak ada alasan lain untuk tidak membaca buku. Kamu bisa menerapkan target, misal satu bulan sekali wajib beli buku 1 pcs untuk dibaca.

Kemudian tinggal pintar-pintarnya kamu membagi waktu saja, misal baca buku ketika sehabis shubuh atau baca buku ketika pulang sekolah atau pulang bekerja. Dengan begitu kamu akan terbiasa untuk membaca buku, dan merasakan segudang manfaat membaca buku.

Mau cari buku? Kami dari Penerbit Deepublish telah menerbitkan ribuan buku-buku dengan berbagai macam kategori seperti buku kedokteran, buku manajemen, buku arsitektur, buku agama Islam, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa pilih yang sesuai dengan minatmu. Kelebihan dari kami adalah kamu akan langsung mendapatkan buku dari penerbit langsung, tidak perlu ke toko dan cukup di rumah tunggu bukunya datang. Lebih murah dan mudah bukan?

Untuk menutup artikel ini, jangan lupa share artikel ini jika kalian termasuk orang-orang yang gemar membaca yaa, terimakasih.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *