VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

5 Manfaat Membaca Buku Motivasi Penambah Semangat Hidup

manfaat membaca buku motivasi
toko buku kuliah

Membaca buku motivasi memang memiliki manfaat yang sangat banyak, salah satunya adalah sebagai penyemangat hidup dan memberi wawasan baru yang belum diketahui.

Menjalani hidup memang tidak mudah. Karena tidak mudahnya jalan hidup inilah, banyak diantara kita yang akhirnya melakukan bunuh diri, atau membuat keputusan instan dengan cara-cara yang kurang baik. Misalnya pesugihan, mencuri hingga korupsi uang orang. Kenapa bisa terjadi hal demikian? Saya kira salah satunya karena di sebabkan minimnya kurang membaca buku motivasi penambah semangat hidup.

Indonesia sebagai Negara berkembang. Dari segi tingkat literasi membaca pun masih sangat rendah. Kebalikannya dari Negara-negara maju. Memang dibandingkan Negara maju dan berkembang jauh berbeda. Rerata, sebagian besar Negara berkembang cenderung memiliki masalah hidup lebih banyak dibandingkan masyarakat di Negara maju. Salah satu penyebabnya karena kesadaran membaca buku motivasi penambah semangat hidup lebih besar.

Sebenarnya tidak selalu membaca buku motivasi saja sih. Buku lain seperti novel, dan buku pendidikan pun tidak menjadi masalah. Karena pada dasarnya apa yang kita baca akan menstimulus otak untuk berfikir aktif, kreatif dan inovatif. Setidaknya dengan gaya berfikir seperti inilah yang akan mempengaruhi taraf dan kualitas hidup seseorang.

5 Manfaat Membaca Buku Motivasi Penambah Semangat Hidup

Nah, melihat beberapa ulasan di atas. sebenarnya menekankan betapa pentingnya membaca buku motivasi penambah semangat hidup. Jadi, pada artikel kali ini akan saya ulas beberapa manfaat membaca buku motivasi. Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

1. Menambah Wawasan

Manfaat pertama membaca Buku Motivasi Penambah semangat hidup adalah menambah wawasan. Manusia itu memiliki kemampuan berfikir yang luar biasa sekali. Jika dimanfaatkan untuk membaca dan aktif berfikir, otak manusia bisa menghasilkan wawasan yang luar biasa bermanfaat. Pastinya bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain.

Eit tunggu dulu! Jangan anggap memiliki wawasan luas itu biasa-biasa saja! Wawasan yang luas akan mempengaruhi pribadi, karakter, sikap dan cara berfikir kamu loh. Mereka yang memiliki wawasan luas cenderung akan lebih luwes dan terbuka dengan pendapat orang lain. Karena keterbukaan pikiran inilah yang akhirnya kamu bisa menjadi pribadi yang menyenangkan untuk orang lain. Bisa juga menambah relasi. Tentunya, relasi yang banyak semakin menambah peluang menguntungkan buat kamu loh.

2. Mengubah Circle Pertemanan Lebih Positif

Membicarakan relasi, ini berkaitan pula dengan yang namannya circle. Nah, kamu mungkin pernah memiliki teman lama (teman masa kecil) secara akademik sangat jelek. Tetapi setelah dewasa, teman kecil kamu justru jadi orang sukses atau minimal lebih baik daripada kamu. Pernah menemukan kasus seperti itu? Nah kemonceran karir seperti itu bisa karena circle yang baik.

Jadi, jika kamu ingin seperti itu. Maka mulai sekarang untuk lebih memperbaiki circle pertemananan kamu. Karena circle ini sangat mempengaruhi nasib hidup kita. Jika lingkungan kamu adalah orang-orang hebat, secara tidak langsung kamu pun terdorong untuk seperti mereka. Intinya, kamu ingin menjadi orang yang positif lebih baik lagi.

Sebaliknya, jika circlemu adalah orang-orang yang urakan, suka bercanda, suka leha-leha, hedon, dan suka mabuk-mabukan, maka kamu pun tidak jauh berbeda dengan mereka. Dalam psikologi pun membenarkan bahwa lingkungan mempengarhi sikap dan perilaku kita loh. Jadi, mulai sekarang bisa nih memilih circle yang membaca Membaca Buku motivasi penambah semangat hidup.

3. Berfikiran Inspirasi

Manfaat membaca buku motivasi yang ketiga adalah memiliki banyak inspirasi. Ternyata memiliki inspirasi itu juga bukan hal yang mudah loh. Inspirasi dibutuhkan tidak hanya saat kamu ingin membuat skripsi, membuat laporan, menulis tugas essai dari dosen atau tugas tulis menulis. Inspirasi juga sangat membantu kamu untuk menata masa depan kamu.

Loh kok menata masa depan kok butuh inspirasi? Wo iya, terutama buat kamu yang masih belum tahu akan menjadi apa. Maka butuh yang namannya inspirasi. Bahkan buat kamu yang sudah memiliki masa depan atau cita-cita pun juga membutuhkan keterampilan satu ini loh. Sebagai contoh nih, saya dulu ingin menjadi seorang penulis. Tetapi binggung mengawali dan membangun cita-cita saya dengan cara gimana.

Nah, salah satu yang saya butuhkan waktu itu adalah mencari inspirasi. Kemudian inspirasi yang saya temukan akhirnya menjadi cara untuk mewujudkan.

Inspirasi saya cuma bermodal produktif dan disiplin menulis. Ada tidaknya tulisan, saya harus menulis. Entah kelak akan menjadi penulis terkenal atau tidak, yang penting saya menulis. Itulah inspirasi saya, yang melandasi saya terus menulis.

Salah satunya menulis menjadi kontributor di portal web ini. Jadi intinya adalah, jangan sepelekan inspirasi sederhana. Justru hal-hal sederhana itu jika di didisiplinkan, dan ditekuni apapun akan melahirkan sesuatu yang hebat. Seperti kata Gus Dur yang menarik dan semakin membuat saya mantab, “Orang akan jenius jika berada di tempatnya”.

4. Selalu Ingin Belajar dan Belajar Lagi

Manfaat membaca buku motivasi penambah semangat hidup yang keempat menyambung di paragraph sebelumnya, terkait pernyataan Gus Dur. Kalimat ‘orang akan jenius jika berada di tempatnya’ ini sangat pas dan cocok sekali. Saya pun merasakannya.

Sedikit cerita pengalaman, yang semoga bisa ada manfaatnya. Saya bukan tipe orang yang pintar secara akademik. Namun saya masuk di zona orang-orang yang memang genius di tempat mereka (yaitu di zona akademik) alhasil, saya pun MERASA orang terbodoh kala itu. Saya merasa tidak memiliki potensi dan mental saya anjlok karena hal itu.

Pernah saya berusaha untuk menyamai mereka dengan membaca buku motivasi penambah semangat hidup, dan hasilnya sama saja. Saya tidak bisa jenius seperti mereka. Pada akhirnya saya keluar dari zona tersebut, dan memutuskan hidup dengan caraku sendiri dan kemampuanku sendiri. Benar!, saya pun merasa lebih baik di duniaku saat ini. Saya jauh bisa lebih berkembang dan berprestasi dibidang saya. Ya meskipun masih belum bisa dikatakan ke level jenius juga. Tetapi, pesan dan kata Gus Dur di atas cocoklah dengan saya.

Dari sinilah saya pun semakin semangat belajar dan terus belajar dari banyak aspek. Tidak hanya dari aspek pandangan sosial pada umumnya, tetapi juga dari sisi literasi. Misal, saya mulai menikmati membaca buku motivasi penambah semangat hidup. Setidaknya dengan cara seperti inilah saya pun merasakan beberapa manfaat yang saya tuliskan di sini.

5. Stabil Menjaga Mood Dalam Menjalankan Aktivitas

Kelebihan membaca buku motivasi penambah semangat hidup secara konsisten akan membantu kita memiliki seni untuk menjaga mood. Menjaga mood agar tetap produktif pun juga hal yang sederhana dan mudah. Ada beberapa orang yang benar-benar angkat tangan karena moodnya tidak bisa di disiplinkan. Dampaknya, pekerjan menjadi berantakan.

Tidak hanya pekerjaan menjadi berantakan, tetapi dapat mempengaruhi emosi kamu dalam menyikapi kontrol diri. Nah, setidaknya dengan membaca buku motivasi penambah semangat hidup secara konsisten akan membantu menjadi lebih terkontrol dan tertata. Ketika mood bisa dikontrol, pastinya hasil pekerjaan dan aktivitas kamu pun tidak terganggu dan tetap berjalan lancar.

Baca juga : 5 Rekomendasi Buku Motivasi Yang Menginspirasi

Nah, itulah manfaat buku motivasi penambah semangat hidup. Semoga dengan ulasan di atas kamu pun akan lebih matang dan lebih bersemangat lagi menjalani hidup. Satu catatan yang lebih penting saat ingin merasakan dari hasil membaca buku motivasi, yaitu memakan waktu yang lama. Tidak hanya membaca selama beberapa bulan. Tetapi baru bisa dirasakan jika membaca selama beberapa tahun.

Jadi, buat kamu yang baru membaca selama beberapa bulan, jangan harap langsung bisa merasakan seleruhan poin manfaat di atas. Karena poin di atas baru bisa kamu rasakan karena investasi waktu yang cukup lama. Semoga ulasan manfaat membaca buku motivasi penambah semangat hidup ini bermanfaat.

Kontributor : Irukawa Elisa

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang