fbpx
flash sale toko buku deepublish

8 Manfaat Membaca Buku Menurut Islam

manfaat membaca buku menurut islam
toko buku kuliah

8 Manfaat Membaca Buku Menurut Islam – Iqro’ itulah pesan yang disampaikan Rosulullah. Pastinya semua sudah tahu bahkan iqro’ itu sendiri memiliki pesan untuk membaca. Nah, membicarakan tentang membaca nih, pastinya akan banyak hal yang akan kamu temukan di sana. Kesadaran literasi di Indonesia masih terbilang rendah dibandingkan Negara-negara lain.

Meskipun dibandingkan Negara lain literasi Indonesia rendah, dari tahun ke tahunnya tingkat literasi di Indonesia terus merangkak naik. Yah, meskipun tidak seberapa pula naiknya. Kenapa bisa rendah kesadaran membacannya? Tentu saja alasan ini tidak bisa disama ratakan. Nah, mensoal tentang membaca, lantas manfaat membaca buku menurut islam apa sih?

Baca juga : Pengertian Membaca : Arti, Tujuan, Manfaat dan Komponen Membaca

Jadi pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang manfaat membaca buku menurut islam berdasarkan hadits dan Al Qur’an yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Semoga dengan ulasan ini pun semakin menyadarkan kita untuk lebih peka dan memiliki kesadaran membaca sendiri. Langsung saja, cek ulasan berikut.

Manfaat Membaca Buku Menurut Islam

1. Memberikan Manfaat Untuk Orang Lain

Manfaat membaca buku menurut islam tersirat dalam Hadis HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni, yang menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia. Setidaknya dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan manfaat dari buku tersebut, yang secara tidak langsung ilmu yang mencok di kepala, nantinya juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingna masyarakat.

Rasulullah SAW bersabda :

“Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

Kita tahu semakin banyak memberikan manfaat untuk oranglain, semakin banyak pula kepuasan batin yang akan didapatkan. Meski tidak selalu berbentuk uang, setidaknya saat kita bisa membantu orang lain, kamu akan dicukupkan segala sesuatunya, sesuai dengan takarannya masing-masing.

2. Menambah Ilmu

Manfaat membaca buku menurut islam jelas bahwa akan kamu dapatkan ilmu pengetahuan. Hal ini pun juga ada hadistnya loh. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Al-Baihaqi, Ibnu Abdil barr dan Ibnu Adi, dari Anas bin Malik yang menyampaikan bahwa menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap orang islam.

Namannya juga menuntut ilmu, pastinya modal dasar untuk belajar adalah membaca. Nah, menyinggung soal menuntut ilmu, tidak selamanya menuntut ilmu selalu dalam bentuk belajar di lembaga sekolah saja loh. Menuntut dalam hal ini sifatnya lebih luas. Bisa belajar secara non akademik pun juga termasuk. Bahkan jalan-jalan pun juga bisa dikatakan menuntut ilmu, jika niatnya ingin menuntut ilmu.

3. Meningkatkan Keimanan

Manfaat membaca buku menurut islam ternyata dapat meningkatkan keimanan kamu. Tentu saja, semakin orang berilmu, semakin tahu siapa dirinya dan siapa Tuhannya. Seperti yang disampaikan di dalam Hadist Bukhori dan Muslim yang berbunyi bahwa :

Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula.

Dari hadist riwayat di atas sudah tampak mencerminkan secara jelas bahwa membaca tidak hanya meningkatkan pengetahuan, tetapi juga bisa meningkatkan keimanan. Sayangnya era sekarang belajar pun tidak boleh berkiblat pada googlingiyah saja. Belajar yang baik adalah belajar langsung dari gurunya. Karena jika belajar berdasarkan googlingiyah, bisa salah membaca bacaan hoax. Alih-alih menjernihkan, justru menjerumuskan.

4. Mendapatkan Amal Jariyah

Manfaat membaca buku menurut islam jika ilmu tersebut disampaikan kepada banyak orang dan bermanfaat. maka sudah pasti akan mendapatkan Amal Jariyah. Ketika ilmu yang kamu bagikan ke orang lain tersebut kamu ajarkan, dan ilmu kamu diterapkan dan dipraktekan oleh oranglain. Maka, sepanjang orang tersebut masih terus menerapkannya dalam hal kebaikan, maka amal jariah (amal yang tidak terputus) yang akan kamu dapatkan.

Ketika orang pertama yang mengamalkan ilmu kamu mengajarkan ke orang kedua, maka selama orang kedua juga mengamalkan. Maka kamu pun juga akan mendapatkan amalan karena orang pertama dan orang kedua juga sudah memanfaatkan ilmu tersebut untuk manfaat orang lain.

Baca juga : Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan

Seperti Hadist Riwayat Muslim yang menyampaikan bahwa, apabila manusia telah meninggal dunia, maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: Shadaqoh jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan dia.

5. Menjelajah Dunia Tanpa Meninggalkan Rumah

Manfaat membaca buku menurut islam yang terakhir yang akan kamu rasakan adalah, kamu bisa berpetualang dan menjelah dunia tanpa meninggalkan rumah. Kok bisa? Tentu saja bisa. Dengan membaca, kamu bisa merasakan keelokan isi dunia ini. Kita mau kemana, tinggal membeli buku yang mengulas apa yang kamu inginkan.

Modalnya cukup membeli bukunya saja. Jika memang tidak mampu secara akomodasi, cukup bermodal ke toko buku, dan “iqro’” maka kita bisa terbang sampai ke Negeri Cina tanpa harus lelah hayati dan merintih menangisi kantong jebol.

manfaat membaca buku
Ilustrasi ketika membaca buku

6. Dimudahkan Jalannya Ke Surga

Dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan jalannya menuju Surga. Dimana membaca termasuk kedalam kategori menuntut ilmu.

Allah akan memberi petunjuk pada siapa yang dikehendaki, bisa saja melalui ilmu yang kita cari atau kita baca. Sebagai contoh, kita bisa mengetahui baik dan buruk melalui sebuah bacaan.

”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi).

7. Diangkat Derajatnya

Dalam sebuah ayat, Allah berfirman :

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11).

Dari ayat tersebut Allah akan mengangkat beberapa derajat orang-orang yang diberi pengetahuan. Dan kita bisa melihat di sekitar kita, orang-orang yang cerdas dan diberi pengetahuan biasanya memiliki pangkat dan kemuliaan. Entah dia menjadi pejabat, pengusaha atau orang-orang yang berpengaruh.

Nahh, jika sudah mengetahui demikian apakah kamu akan mulai rajin membaca? Pasti dong, agar kamu menjadi orang-orang yang memiliki pengetahuan.

Baca juga : 10 Manfaat Membaca Buku

8. Mendatangkan Kebahagiaan Dunia & Akhirat

Manfaat membaca selanjutnya adalah dapat mendatangkan kebahagiaan Dunia & Akhirat. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan membuka jalan-jalan pikiran.

Dari membaca kita juga dapat mengetahui konsep dan strategi di dunia ini. Dari situlah kita bisa memanfaatkannya sebagai jalan untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, tentu saja atas ijin Allah swt.

”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Nah itulah beberapa manfaat membaca buku menurut islam. Semoga ulasan tersebut mampu mendorong kita lebih peka dan sadar pentingya membaca.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Manfaat Membaca Buku Menurut Islam, baca juga artikel yang lain ya :

1. 5 Cara Menulis Buku Diary Agar Menarik
2. Cara Menjadi Dosen: Syarat, Tugas dan Gaji Dosen
3. 5 Tips Membaca Buku Materi Kuliah Agar Tidak Mengantuk

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang