VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

7 Manfaat Lulus Kuliah Tepat Waktu untuk Masa Depan

manfaat-lulus-kuliah-tepat-waktu
toko buku kuliah

Kamu sedang malas kuliah? Maka wajib mengetahui apa saja manfaat lulus kuliah tepat waktu supaya semangat kembali menggelora. Sebab kuliah sendiri berbeda dengan masa SD, SMP, maupun SMA yang masa lulusnya sudah bisa ditebak. Bahkan sebelum ada penerapan UN (Ujian Nasional), semua siswa dijamin lulus tidak peduli berapa nilai Ebtanasnya. 

Sedangkan di jenjang perguruan tinggi, mahasiswa sendiri yang akan menentukan kapan dirinya lulus. Jika ingin cepat maka akan serius kuliah terutama dalam menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir. Semakin disiplin semakin cepat untuk menjadi Sarana, bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa lulus lebih cepat dari rata-rata mahasiswa lainnya. 

Manfaat Lulus Kuliah Tepat Waktu 

Supaya bisa lulus kuliah lebih cepat tentu perjuangannya lebih berat, maka minimal kamu harus bisa lulus kuliah tepat waktu. Jika berhasil dilakukan maka manfaat berikut siap untuk kamu nikmati: 

1. Lulus di Usia Muda

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan adalah bisa lulus atau mendapat gelar Sarjana di usia muda. Sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal yang disukai dan menorehkan prestasi. Lulus di usia yang masih terbilang muda akan memberi banyak tiket menuju banyak jalan tol. 

Maksudnya, kamu akan mendapatkan tiket untuk mendapatkan banyak kemudahan. Misalnya kesempatan untuk diterima bekerja. Sudah bukan rahasia umum faktor usia menentukan persentase besar kecilnya untuk lolos seleksi. Baik itu CPNS, yang saat ini maksimal di usia 35 dan beberapa instansi justru meminta maksimal usia 28 tahun. 

Hal serupa juga terjadi di perusahaan swasta, dimana saat menginjak usia di atas 27 atau bahkan di atas 30 tahun. Kesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan lebih kecil. Jadi, kamu yang lulus di usia muda dijamin kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan lebih luas. 

Tak hanya itu, manfaat lulus kuliah tepat waktu dan masih terbilang muda adalah bisa santai dalam menorehkan prestasi. Bisa rehat dulu sebelum berkarir maupun melanjutkan studi pasca sarjana

2. Bisa Melakukan Start Lebih Awal di Dunia Kerja

Lulus tepat waktu sekali lagi memberi kesempatan kepada kamu untuk lulus di usia muda. Sehingga bisa memulai karir lebih dini dan mendapatkan lebih banyak pengalaman. Usia yang masih muda membantu kamu diterima di lebih banyak perusahaan, apalagi untuk jurusan yang memang prospek kerjanya bagus. 

Kesempatan untuk meniti karir sejak masih muda juga memberi peluang untuk bisa menempati posisi prestisius di usia yang masih muda juga. Misalnya saja kamu sudah berpengalaman selama 2 tahun di perusahaan A, maka kamu bisa dipromosikan untuk naik jabatan. 

Tidak tertutup kemungkinan kamu bisa menjadi manajer di usia 30 tahunan atau bahkan lebih muda lagi. Sebab perusahaan biasanya akan memberi kesempatan lebih besar kepada karyawan muda. Bisa karena dianggap lebih tinggi produktivitasnya atau karena semangatnya masih sangat tinggi. 

Alasan lain, adalah karena masa mengabdi pegawai di usia muda jauh lebih lama dibanding pegawai di usia lebih matang. Hal ini akan mendorong perusahaan memberikan promosi menarik, apalagi jika kamu cenderung berprestasi di empat kerja.

Baca juga: Personal Branding: Penjelasan Arti dan Manfaat

3. Lebih Mudah Lolos Seleksi Beasiswa 

Manfaat lulus kuliah tepat waktu berikutnya adalah memperbesar peluang meraih beasiswa untuk program pasca sarjana. Kenapa? Sebab kebanyakan program beasiswa di dalam maupun luar negeri adalah untuk mahasiswa yang bisa lulus tepat waktu atau lebih cepat. 

Jadi, ketika kamu lulus tepat waktu maka menunjukan kamu sebagai mahasiswa yang disiplin dan berprestasi. Penyedia beasiswa dijamin tidak akan berpikir dua kali untuk membiayai pendidikan kamu di jenjang Magister maupun Doktor. Jadi, usahakan serius saat kuliah supaya bisa kuliah S2 sampai S3 secara gratis.

Baca juga: 10 Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa Baru

4. Lebih Menikmati Hidup 

Lulus tepat waktu membuat kamu bebas dari tugas kuliah di usia yang masih sangat muda, rata-rata 21 tahun atau bisa juga di bawahnya. Umur tersebut tentu membantu kamu merancang masa depan dengan lebih baik karena kesempatan masih sangat panjang. 

Setidaknya kamu punya waktu 7 tahun untuk menemukan perusahaan terbaik dengan posisi terbaik juga, sehingga tidak asal diterima bekerja karena tidak dikejar usia yang semakin menua. Jadi, manfaat lulus kuliah tepat waktu dijamin sangat terasa. 

Selain itu, di usia muda tersebut kamu bisa menikmati hobi pasca lulus. Punya hobi traveling? Kondisi badan kamu masih sangat mendukung, kamu dijamin masih kuat traveling ke banyak tempat dalam sekali waktu. Punya hobi melukis? Maka kamu bisa menekuninya dan mengikuti banyak kursus tanpa buru-buru harus mencari kerja.

Baca juga: 10 Universitas yang Bisa Kuliah Sambil Kerja di Jakarta

5. Membanggakan Orangtua 

Orangtua pada dasarnya tentu menghendaki anak-anaknya lulus tepat waktu, supaya mereka bisa segera mandiri dan segera sukses. Ketika anak-anak sudah sukses maka besar kemungkinan umur orangtua masih muda dan masih sehat. Sekalipun tidak harus diberi uang bulanan, setidaknya bisa melihat anak-anaknya sukses. 

Sehingga tidak harus melihat anak-anaknya sukses di akhirat, dan kamu pun bisa sesekali memanjakan orangtua karena sudah berpenghasilan sendiri. Selain itu, melihat anak-anaknya lulus tepat waktu dijamin bangga sekaligus lega. Bangga anaknya sudah jadi Sarjana, dan lega karena tidak dikejar biaya kuliah yang tinggi.

6. Solusi Menghemat Biaya Pendidikan 

Jika bisa memilih lulus tepat waktu maka tidak perlu ditunda atau sengaja diperlambat. Sebab salah satu manfaat lulus kuliah tepat waktu adalah membantu menghemat biaya pendidikan. Sebab jika kuliah lebih lama maka setiap semesternya akan ada biaya lagi, totalnya akan lebih tinggi dibanding lulus tepat waktu. 

Kalau kamu kuliah dengan beasiswa maka ada tuntutan untuk lulus tepat waktu. Jika lulus lebih lama, maka biaya kuliah akan ditanggung sendiri. Kalau kamu ada dana tidak masalah, bagaimana jika sebaliknya? Pusing, bukan? Jadi, kejar kesempatan lulus tepat waktu.

Baca juga : Kerja atau Kuliah?

7. Minim Tekanan 

Kalau kamu telat lulus dijamin banyak tekanan. Tekanan ini datang dari pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan orang sekitar. Misalnya “kapan lulus?”, setiap lebaran kamu sudah berjuang untuk bisa mudik dijamin takut jika pertanyaan itu muncul. 

Daripada hidup penuh tekanan dan selalu ditanya kapan lulus baik oleh keluarga sendiri maupun orang lain. Maka lebih baik mengejar kelulusan secepatnya, sebab dijamin hati tenang dan pikiran pun tentram. 

Bagaimana agar Bisa Lulus Tepat Waktu? 

Setelah tahu banyak sekali manfaat lulus kuliah tepat waktu dari uraian di atas, maka kamu perlu menjadikannya target utama. Membantu mencapainya beberapa tips berikut bisa dicoba: 

  • Paham apa saja kewajiban sebagai mahasiswa dan menjalankannya sepenuh hati, misalnya belajar giat dan tekun mengikuti kelas. 
  • Mengatur waktu dengan baik, sebab sebagai mahasiswa kadang kamu dihadapkan pada banyak kesibukan namun jangan sampai kuliah terbengkalai. 
  • Memasuki semester akhir fokus dengan skripsi, usahakan ditekuni dan rajin bimbingan dengan dosen agar segera menjalani sidang dan segera lulus. 

Sebagai mahasiswa memang tugas utama adalah belajar, maka meminimalkan waktu selain untuk belajar. Jika kamu memilih aktif berorganisasi maka kelola waktu sebaik mungkin. Mmeasuki semester akhir bisa memeprtimbangkan melepas semua organsiasi tersebut, supaya fokus ke skripsi. Hal ini penting agar manfaat lulus kuliah tepat waktu bisa dirasakan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang