Logo Baru April

6 Manfaat Ekonomi Kreatif Bagi Bisnis

manfaat ekonomi kreatif
toko buku kuliah
Bagikan

Ekonomi kreatif harus terus dikembangkan untuk kemajuan bangsa dan negara. Ada 6 manfaat utama ekonomi kreatif bagi bisnis jadi berkembang dan juga kedepan juga akan banyak membantu masyarakat dan juga negara supaya menjadi negara yang maju.

Nah, sebelum memahami manfaat yang diperoleh bisnis apabila ekonomi kreatif semakin berkembang, kenali dan pahami dahulu pengertian atau definisi dasar dari ekonomi kreatif itu sendiri.

Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli

Banyak sekali tafsiran atau definisi mengenai ekonomi kreatif yang diutarakan oleh para ahli yang memang menekuni bidangnya. Apa saja? Berikut beberapa definisinya.

1. John Howkins

Menurut John Howkins, ekonomi kreatif adalah jenis gelombang ekonomi baru yang memiliki ciri-ciri utama bisnis dan aktivitas ekonomi selalu berbasis ide, gagasan, dan kreativitas. Hal ini John dapatkan dari pengamatannya yang terjadi di Amerika Serikat.

2. Roberta Comunian dan Abigail Gilmore

Menurutnya, ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi yang utama.

Dari kedua penjelasan diatas, dapat disimpulkan pengertian ekonomi kreatif adalah sebuah konsep atau gagasan ekonomi baru yang memiliki ciri utama selalu mengandalkan ide, kreativitas dan gagasan sebagai kegiatan dan faktor utama produksi.

Untuk memahami penjelasan mengenai pengertian dan contoh ekonomi kreatif, bisa baca pada artikel Pengertian dan Subsektor Ekonomi Kreatif

Manfaat Ekonomi Kreatif Bagi Bisnis

Setelah memahami pengertian, lanjut ke bagian pembahasan manfaat yang diperoleh oleh bisnis dan juga masyarakat itu sendiri apa saja sih.

1. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Ekonomi kreatif ini berbasis kreativitas dan ide yang baru sehingga sangat berpeluang besar untuk selalu cepat dalam masalah inovasi produk. Nah, inovasi produk itu sendiri membutuhkan sumber daya manusia untuk bisa diciptakan. Semakin banyak inovasi maka dibutuhkan juga banyak pekerja sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru bagi masyarakat.

Bagi masyarakat hal ini sangat menguntungkan sebab mereka bisa mendapatkan pekerjaan, gaji yang layak dan juga terus berkembang.

2. Mengurangi Pengangguran

Banyak terjadi di Indonesia, lulusan sarjana banyak yang nganggur. Apalagi yang hanya lulusan SMP ataupun SMA pasti persentasenya sangat besar. Namun, dengan memperhatikan poin pertama tadi, peluang kerja akan terbuka disemua lini. Alhasil, orang-orang yang baru lulus bisa tertampung dengan lapangan kerja yang banyak ini.

3. Kualitas Produk Meningkat

Ada sisi positif dan ada juga sisi negatif. Bagi bisnis, perubahan yang cepat menjadi tantangan tersendiri dalam melayani kebutuhan konsumen. Kebutuhan ini sangatlah cepat berubah dan siapa yang bisa mengikuti perubahan maka dia yang akan jadi pemenang.

Proses produksi yang efisien menjadi salah satu hal untuk menekan pengeluaran (biaya produksi). Nah, disinilah inovasi sangat dibutuhkan bagi bisnis dan bersaing tidak hanya harga yang murah tetapi juga kualitas produk yang baik disertai marketing yang kreatif juga.

4. Persaingan Pasar Menjadi Sehat

Dampak positif lainnya adalah persaingan dalam pasar menjadi sehat sebab tidak ada yang paling baik tetapi siapa yang paling bisa tau kebutuhan dan keinginan konsumen yang paling bisa menang. Barrier to entry bagi perusahaan baru juga tidak sebarat produk-produk yang non kreatif yang memerlukan biaya yang sangat besar untuk bersaing dengan kapitalis (serba monopoli).

5. Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

Para pebisnis yang melakukan kegiatan ekonomi kreatif secara terus menerus berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Sebab, banyak terjadi transaksi dan juga nilai tambah di dalam setiap proses kegiatan ekonomi. Mata rantai kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik mulai dari hulu sampai hilir.

6. Membangun Citra Baik Bangsa

Manfaat ekonomi kreatif yang terakhir yaitu dapat membantu membangun citra dan identitas bangsa yang positif. Dengan citra yang baik, banyak investor yang tidak takut untuk masuk Indonesia dan berinvestasi kepada bisnis-bisnis kreatif yang ada di Indonesia. Dengan begitu, akselerasi perusahaan kreatif bisa semakin cepat besar juga dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang besar juga.

Nah, itu merupakan penjelasan mengenai 6 manfaat ekonomi kreatif yang akan dirasakan oleh pebisnis, masyarakat bahkan berdampak baik pada negara Indonesia itu sendiri. (Penulis/Yusuf Abdhul)

Daftar Open Reseller

Baca juga artikel terkait ekonomi lainnya

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :