VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

8 Manfaat Administrasi Pendidikan Yang Perlu Diketahui

manfaat administrasi pendidikan
toko buku kuliah

8 Manfaat Administrasi Pendidikan Yang Perlu Diketahui – Manfaat administrasi pendidikan tentu saja sangat penting. Tanpa adannya administrasi, bisa dijamin akan terjadi kesemrawutan arsip dan pelaporan. Apalagi jika ini menyangkut dunia pendidikan.

Maka sudah seharusnya administrasi pendidikan itu harus ditulis dan ditata sedemikian rupa. Mengingat pemerintah mewajibkan lembaga pendidikan untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkannya.

Salah satu manfaat administrasi pendidikan yang tersusun rapi dan lengkap, pastinya akan memudahkan ketika hendak dilakukan akreditasi sekolah. Dimana akreditasi ini sangat bergantung pada ketelitian dan kelengkapan administrasi pendidikan itu sendiri.

Baca dulu : Pengertian Administrasi Pendidikan dan Unsur-unsurnya

8 Manfaat Administrasi Pendidikan Yang Perlu Diketahui

Nah, pada kesempatan kali ini, akan ada beberapa manfaat administrasi pendidikan yang juga perlu kamu catat.

1. Planning

Manfaat administrasi pendidikan sangat membantu banyak cara penyusunan program kerja. Namannya juga membuat rencana, tentu saja pembuatan membutuhkan jangka waktu tertentu, tidak bisa dilakukan serba cepat dan instans. Apalagi jika konteksnya di ranah pendidikan.

Tanpa rencana, sulit rasanya mencapai sebuah tujuan. Tujuan yang diinginkan baru bisa tercapai jika dibuat sebuah perencanaan. Jadi tidak sekedar asal-asalan saja. Semuanya butuh strategi agar hasil maksimal.

2. PengelompokanManfaat Administrasi Pendidikan

Pengelompokan atau yang disebut dengan organizing adalah upaya. Dimana upaya inilah yang dimanfaatkan untuk mengelompokan data yang terarsipkan dan yang telah dilaksanakan. Setidaknya dari perolehan data yang ada, akan membantu dalam pemberian tindakan atau kegiatan selanjutnya.

3. Staffing

Staffing ini sebenarnya salah satu cara untuk mengelompokan tugas kerja. Misalnya guru Matematika menangani khusus pengarahan, kemudian guru maata pelajaran lain menangani pengarahan dan perkembangan. Prinsipnya staffing ini adalah pembagian tugas. Agar tepat sasaran dan efektif dalam mencapai tujuan.

Staffing yang paling menonjol yang bisa kita lihat di dunia pendidikan adalah pembagian kerja guru. Misalnya, ada bagian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bagian keuangan TU, Konseling, dan masih banyak lagi. Staffing ini efektif untuk menyelesaikan persoalan yang ada di lembaga pendidikan loh. Staffing ini pulalah bentuk dari pertanggungjawaban pihak sekolah dalam menjalankan pendidikan.

4. MotivatingManfaat Administrasi Pendidikan

Administrasi pendidikan tidak hanya fokus pada satu arah, yaitu pada guru saja. Tetapi juga memperhatikan peserta didik atau siswanya. Jadi penting sekali meningkatkan semangat siswa atau peserta didik dalam mengerjakan tugasnya belajar. Sedangkan untuk guru atau pendidiknya, selain fokus dalam pengajaran, juga harus fokus pada tata laksana administrasi pendidikan.

Tidak dapat dipungkiri jika dalam dunia pendidikan. Tujuan utama pendidikan itu sendiri tidak fokus pada hasil lulusan saja, tetapi juga berfokus pada administrasi yang baik atau tidak. Hal ini dapat dilihat dari adannya akreditasi sekolah. Ini menunjukan tidak hanya siswa sebagai goal, tetapi sistem dan administrasi sekolah juga menjadi sorotan. Jika ingin mendapatkan nilai akreditasi baik, pastinya harus disiplin mengadministrasikan, agar tidak terjadi kerumitan menyiapkan berkas-berkas saat ada akreditasi.

5. Controlling

Seperti yang di ulas sebelum-sebelumnya. Secara tidak langsung, manfaat administrasi pendidikan sebagai controlling. Terutama untuk mengontrol kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswanya. Pemantauan menjadi jurus jitu memastikan bahwa kedisiplinan sangat penting diajarkan untuk para peserta didiknya.

6. BudgetingManfaat Administrasi Pendidikan

Meskipun ini ranah pendidikan. Ternyata administrasi pendidikan juga dapat dimanfaatkan untuk membuat penganggaran. Tentu saja penganggaran biaya sekolah dan semacamnya. Intinya segala badgeting untuk keperluan pendidikan, wajib dicatat atau dibelanjakan untuk tercapainya tujuan administrasi pendidikan itu sendiri.

Misalnya membeli LCD, monitor, membeli meja kursi karena masih diperlukan untuk tahun ajaran baru. Tentu saja masih banyak penganggaran lainnya yang bapak ibu guru yang lebih tahu kebutuhan dalam pendidikan.

7. Memudahkan Dalam Pengajaran

Tahukah kamu jika administrasi pendidikan selain memiliki beberapa manfaat di atas, ternyata juga bermanfaat untuk pengajaran. Misalnya, peserta didik pun lebih mudah mengenali visi misi tujuan sekolah, tahu kurikulum yang akan dicapai oleh pihak sekolah, siswa mengetahui kalender sekolah selama setahun kedepan hingga anak-anak pun juga tahu jadwal belajar mengajar sekolah persemesternya juga loh.

Tentu saja pengetahuan mereka terhahadap program belajar selama setahun ke depan inilah yang dijadikan siswa bisa mempersiapkan diri dan bisa belajar secara mandiri, dan mengasah kembali belajar di sekolah. Jika semua siswa mampu melihat transparansi itu, menandakan bahwa administrasi pendidikan sudah bagus.

8. Bermanfaat Bagi KesiswaanManfaat Administrasi Pendidikan

Tidak dapat dipungkiri, ternyata administrasi pendidikan juga membantu dibidang kesiswaan. Setidaknya kesiswaan akan dimudahkan untuk menentukan penempatan siswa dalam kelasi, melatih kedisiplinan siswa, mengatur proses penerimaan siswa baru, mengetahui kehadiran dan tidaknya siswa, dan masih banyak lagi tentu saja.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat administrasi pendidikan yang belum disebutkan. Misalnya juga membantu bagian keuangan, bidang humas dan masih banyak lagi. Tidak mungkin dijabarkan satu-satu, karena terlalu banyak. Semoga dengan sekilas ulasan ini sudah bisa menjawab sedikit rasa penasaran dan peranannya.

Ingin Mendalami Administrasi Pendidikan? Dapatkan materinya melalui buku-buku berikut ini :

Buku Pokok–Pokok Administrasi PendidikanBuku Benang Merah Manajemen
Buku Pokok-Pokok Administrasi Pendidikan
Rp 42.500
Buku Manajemen dan Administrasi Pendidikan
Rp 64.500
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang