VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Apa Itu Komunikasi? Ketahui Makna Komunikasi Berikut

makna komunikasi
toko buku kuliah

Apa itu Komunikasi? Makna Komunikasi – Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari Komunikator ke Komunikan melalui saluran atau media dengan harapan mendapatkan umpan balik.

Kemampuan komunikasi ini adalah salah satu bentuk dari kecerdasan emosi (EQ, Emotional Quotient), banyak para psikolog percaya bahwa EQ memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam kehidupan kita dibandingkan dengan kecerdasan otak (IQ, Intelligent Quotient).

Menurut pendapat Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence menyatakan bahwa Intelligent Quotient (IQ) hanya menyumbangkan sekitar 20% sementara Emotional Intelligence (EQ) memberi kontribUsi sebesar 80% bagi kesuksesan kita.

Makna Komunikasi

Makna Komunikasi

Makna dari sebuah komunikasi adalah respon yang Anda dapat, jika respon yang diterima positif maka Anda berhasil melakukan komunikasi sesuai tujuan Anda, tapi jika respon yang diterima negatif berarti ada kesalahan dalam penyampaian informasi yang bisa berupa keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat kepada seseorang, jika gagal maka Anda harus menggunakan cara yang lain dalam mengkomunikasikannya.

Disinilah empati dan fleksibilitas amat menentukan kesuksesan komunikasi. Semakin anda memahami intensi dari tiap orang, semakin mudah Anda mengenali cara yang paling tepat untuk mengkomunikasikan pesan atau informasi tersebut kepadanya.

Ada lima elemen dasar yang dikemukakan oleh Harold Lasswell dalam proses komunikasi, elemen tersebut diistilahkan dengan “Who Says What in Which Channel to Whom with What Effect”. Kelima elemen dasar tersebut adalah Who (sumber atau komunikator), Says What (pesan), in Which Channel (Saluran), to Whom (Penerima), with What Effect (Efek atau dampak). Lima elemen dasar dari komunikasi yang dikemukakan oleh Harold Laswell di atas akan bisa membantu para komunikator dalam menjalankan tugas mulianya.

Berhasil tidaknya suatu komunikasi tergantung dari kelima elemen dasar tersebut. Bagaimana komunikator bisa mempengaruhi komunikannya, sehingga bisa bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator, bahkan bisa merubah sikap dan perilaku dari komunikan tersebut.

Untuk itulah sangat perlu diperhatikan karakter komunikator, isi pesan, saluran yang bagaimana yang akan bisa merubah sikap dan perilaku komunikan, serta perubahan yang bagaimana yang diharapkan dari proses komunikasi tersebut.

Dalam mendapatkan makna komunikasi yang terjadi dalam proses komunikasi salah satunya perlu mengetahui karakteristik dari teman bicara Anda, yaitu antara lain bagaimana dan siapa dia, latar belakangnya dari tingkat pendidikan, keluarga, suku, agama dan bahkan aliran politik dan partainya, dimana dia bekerja, jabatan dan posisinya, dan masih banyak lagi yang perlu diketahui dari informasi pribadi teman bicara Anda.

Karakterisitik ini diperlukan untuk lebih mendekatkan dan memudahkan Anda sebagai awal dari pertemuan, membuka pembicaraan, dan agar Anda tidak salah dalam mengambil topik pembicaraan atau memainkan guyonan dan humor ketika proses komunikasi, sehingga respon yang Anda dapat pun dapat sesuai dengan tujuan Anda saat melakukan proses komunikasi.

Penulis : vitannisa

Editor : Haswin Fatkurohman
– See more at: http://www.deepublish.co.id/penerbit/artikel-cerdas/94/Makna-Komunikasi#sthash.RG52jm7t.dpuf

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang