fbpx
flash sale toko buku deepublish

Macam-macam Jurusan Kuliah IPS dan Daftar Lengkapnya

daftar jurusan kuliah ips
toko buku kuliah

Mengenal Macam-macam Jurusan Kuliah IPS dan Listnya – Ada beragam macam jurusan kuliah ips yang bisa kamu pilih saat masuk perguruan tinggi. Kamu tidak hanya memilih tiga jurusan seperti saat Sekolah Menengah Atas yakni IPA, IPS, dan Bahasa.

Di bangku kuliah, kamu dapat memilih beragam jurusan yang sesuai dengan minatmu. Namun sebenarnya pembagian jurusan ketika SMA ini salah satu tujuannya untuk mempermudah kita dalam memilih macam jurusan ips, ipa, atau bahasa saat kuliah tiba. Bahkan jurusan SMA ini menjadi salah syarat ketika kita mau tes perguruan tinggi. 

Dari tiga jurusan umum yang ada di SMA, itu adalah syarat untuk memilih jurusan di kuliah. Pilihan jurusan di kuliah berdasarkan latar belakang jurusan sebelumnya. Misal, jika kamu berada di kelas IPA saat SMA, maka harapannya kamu akan melanjutkan kuliah di bidang SAINS atau eksakta. Yang mana sesuai dengan bidang yang kamu pelajari selama SMA.

Begitu pula dengan macam jurusan kuliah ips, pasti salah satu syaratnya pendaftaran harus berasal dari jurusan IPS. Lalu bagaimana jika saya dari jurusan IPA mau masuk jurusan IPS? 

Jawabannya tetap bisa. Hanya saja kamu akan mengerjakan tes dua jurusan sekaligus. Tes sering disebut dengan ujian IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran). Sehingga kamu tidak hanya mengerjakan soal tes dari mata pelajaran IPA saja, namun kamu juga akan mengerjakan tes soal IPS secara bersamaan. 

Mengenal Macam-macam Jurusan Kuliah

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang macam jurusan ips di bangku kuliah, mari kita petakan macam-macam jurusan kuliah dari tiga jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. 

Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Jurusan ini mengacu pada konsentrasi pendidikan berbasis Sainstek. Ilmu sains cenderung ke penelitian, percobaan dan ukuran yang pasti. Ilmu ini membutuhkan kemampuan dan ketepatan dalam menghitung.

Jika kamu suka dengan penjelasan di atas, kamu cocok masuk di jurusan IPA atau jika kamu ingin menjadi seorang dokter, perawat, ahli biologi, matematikawan kamu bisa memilih di jurusan ini. 

Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Sementara jika kamu lebih suka dengan kehidupan bermasyarakat, bersosialisasi, pandai berkomunikasi, kamu cocok masuk di jurusan IPS. Ilmu IPS mempelajari ilmu kesosialan, gejala alam dan perekonomian. Jika masuk IPS kamu bisa menjadi seorang duta besar, marketer, pengacara dan lain sebagainya. 

Jurusan Bahasa

Jurusan bahasa tentunya akan mempelajari bahasa asing, tidak hanya itu kamu akan mempelajari sastra dan kebudayaannya. Jika kamu minat di bidang ini dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik tak perlu ragu untuk memilih jurusan bahasa. Kamu bisa menjadi seorang tour guide, translator atau bekerja di perusahaan internasional.

Perlu dicatat bahwa semua ilmu sama pentingnya dan melengkapi satu sama lain, tidak ada ilmu yang lebih unggul daripada ilmu lain. Semua jurusan memiliki proporsi masing-masing. Semua jurusan merupakan jalan menuju masa depan kalian, apakah ingin terjun di ilmu sains, sosial atau bahasa. Tergantung minat dan cita-cita masing-masing.

Baca juga : 10+ Perlengkapan Kuliah Mahasiswa Baru Saat Pandemi

Macam-macam Jurusan Kuliah IPS

Nah jika kamu sudah paham perbedaan antara tiga jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Maka mari kita lanjutkan pembahasan macam jurusan kuliah ips. 

Ada banyak macam jurusan kuliah ips yang bisa kamu ambil. Masing-masing jurusan memiliki keunggulannya masing-masing. Maka tinggal bagaimana kamu menemukan jurusan yang sesuai dengan keinginan, passion, dan kemampuanmu. 

Supaya tidak mengawang-awang, berikut ini macam jurusan kuliah ips dari yang populer hingga awam.

1. Hubungan Internasional 

Jurusan Hubungan Internasional merupakan salah satu jurusan yang bergengsi dan banyak peminatnya. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas interaksi yang melintasi batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran PKN cocok untuk masuk kuliah jurusan Hubungan Internasional ini. kampus terbaik untuk jurusan Hubungan Internasional adalah di Universitas Indonesia.

2. Finance (Keuangan)

Jurusan keuangan adalah jurusan kuliah untuk anak IPS yang banyak diminati baik diluar maupun di dalam negeri. Di jurusan ini kamu akan mempelajari keuangan namun dengan pendekatan terhadap bidang-bidang terkait seperti ekonomi, akuntansi, perpajakan, statistika, mitigasi risiko, dan sebagainya. 

Jadi buat kamu yang mengira jika jurusan IPS tidak akan bertemu dengan ilmu hitung, sepertinya kamu salah besar. Di jurusan Finance (keuangan) justru kamu akan bertemu dengan berbagai ilmu matematika, statistika, dan bisnis. Beberapa posisi yang kerap diisi oleh lulusan jurusan keuangan adalah pegawai bank, penasihat keuangan, perencana keuangan, analis keuangan dan lain-lain. 

3. Jurusan Ekonomi 

Macam jurusan kuliah ips yang cukup populer adalah jurusan ekonomi. Hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan para lulusan ilmu ekonomi, baik di sektor swasta maupun pemerintahan.

Hal ini dikarenakan jurusan ekonomi mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di pasar kerja. Jadi tidak heran jurusan ekonomi selalu menjadi jurusan populer untuk lulusan IPS dan akan selalu menjadi jurusan yang dibutuhkan kapanpun.

Lulusan jurusan Ilmu Ekonomi nih biasanya jadi analis pasar, peneliti ekonomi, guru/dosen ekonomi atau konsultan kebijakan ekonomi yang kerja bareng sama para pengambil kebijakan (pemerintah), baik dalam skala nasional, maupun regional.

4. Ilmu Komunikasi 

Di jurusan ilmu komunikasi kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi dengan orang lain aja. Pelajaran-pelajaran seru seperti menulis berita, fotografi, public speaking, desain, membuat iklan dan film juga dipelajari dalam ilmu komunikasi baik secara teoritis dan praktik.

Prospek kerja jurusan ini biasanya menjadi Publik Relation Officer, Spesialis Hubungan Masyarakat, Layanan Sosial dan Komunitas. Buat kamu yang gemar dengan sosial media, cocok juga untuk mencoba belajar di jurusan komunikasi. 

5. Jurusan Manajemen Pariwisata‍

Indonesia sebagai negara yang mayoritas devisa dari pariwisata sudah selayaknya memperhatikan pendidikan pariwisata. Meskipun tidak sepopuler jurusan sebelumnya, jurusan manajemen pariwisata ini juga menarik untuk dipelajari. 

Jurusan Manajemen Pariwisata mempelajari konsep penawaran dan permintaan pariwisata beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bila ingin mengambil jurusan manajemen pariwisata kamu harus menyukai pelajaran Ekonomi dan Bahasa Inggris. Prospek kerja di bidang Manajemen Pariwisata adalah menjadi pemandu wisata, tour, atau agen perjalanan.

6. Jurusan Psikologi

Senang mempelajari karakter seseorang? Macam macam jurusan kuliah ips yang bisa kamu ambil adalah Psikologi. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pikiran, kebiasaan dan interaksi, termasuk segala aspek pengalaman manusia. Digambarkan sebagai “ilmu cabang”, Psikologi berkaitan ke riset dan perspektif dari ilmu sosial, ilmu alam, kesehatan dan humaniora, seperti filosofi. 

Lulusan psikologi pada umumnya dibutuhkan di bagian manajemen sumber daya manusia. Tetapi tidak hanya terbatas di situ, prospek kerja lulusan psikologi sangatlah luas.

7. Jurusan Antropologi

Antropologi adalah campuran dari humaniora, biologi alam dan ilmu sosial. Subjek ini menjadi populer di era penjajahan, ketika masyarakat berusaha untuk mempelajari dan memahami perbedaan antara budaya Eropa Barat dan Afrika.

Bidang ini secara tradisional dibagi menjadi empat sub-kategori: Antropologi Budaya, Arkeologi, Antropologi Linguistik dan Antropologi Biologis.

Lulusan antropologi pada umumnya dibutuhkan di bagian penelitian dan pengembangan, konsultan, wartawan, hingga kedinasan luar negeri. 

Baca juga : Syarat Lulus S1 Berapa SKS? Kuliah Hanya 5 Semester

Daftar Lengkap Jurusan IPS

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Jurusan Sosiologi
  • Jurusan Kriminologi
  • Jurusan Ilmu Komunikasi
  • Jurusan Ilmu Politik
  • Jurusan Ilmu Pemerintahan
  • Jurusan Hubungan Internasional
  • Jurusan Manajemen dan Kebijakan Publik
  • Jurusan Ilmu Administrasi Negara
  • Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Jurusan Geografi

2. Fakultas Ilmu Budaya

  • Jurusan Antropologi
  • Jurusan Ilmu Sejarah
  • Jurusan Arkeologi
  • Jurusan Pariwisata
  • Jurusan Ilmu Perpustakaan

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Jurusan Akuntansi
  • Jurusan Ilmu Ekonomi
  • Jurusan Manajemen
  • Jurusan Ekonomi Pembangunan
  • Jurusan Ekonomi Islam
  • Jurusan Kewirausahaan
  • Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Jurusan Pendidikan Akuntansi
  • Jurusan Pendidikan Koperasi

4. Fakultas Bahasa dan Seni

  • Jurusan Seni Rupa
  • Jurusan Desain Interior
  • Jurusan Desain Komunikasi Visual
  • Jurusan Desain Produk
  • Jurusan Kria
  • Jurusan Musik
  • Jurusan Bahasa & Sastra

5. Fakultas Ilmu Pendidikan

  • Jurusan Teknologi Pendidikan
  • Jurusan Pendidikan Luar Sekolah
  • Jurusan Bimbingan dan Konseling
  • Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

6. Fakultas Ilmu Keolahragaan

  • Jurusan Pendidikan Guru Olahraga
  • Jurusan Pendidikan Jasmani
  • Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Butuh buku pegangan kuliah? Dapatkan buku-buku pendidikan terbaik dan terlengkap hanya di Toko Buku Kuliah Deepublish.

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang