Sebuah Lompatan Besar: 6 Elemen Memaksimalkan Potensi SDM

lompatan besar
toko buku kuliah

Sebuah Lompatan Besar: Motivasi Hari Ini – Stanley Setia Atmadja adalah pendiri dan CEO Adira Finance, perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor asal Indonesia. A Giant Leap Organization (perusahaan dengan lompatan besar) mampu mengembangkan potensi sumber daya manusianya yang memungkinkan mereka bertransformasi dari orang biasa menjadi orang luar biasa.

Sumber daya manusia biasa bisa diberdayakan untuk mencapai hasil yang optimal dan menjadi salah satu sumber kekuatan perusahaan dengan cara membangun lingkungan kerja yang kondusif, melalui pengimplementasian budaya perusahaan yang mendukung, dan menerapkan fokus pada kerja tim.

6 Elemen Memaksimalkan Potensi SDM

Terdapat enam elemen utama yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia, yaitu: 1) Leader-Driven Enterprise; 2) Managing by Values; 3) The Power of Team Synergy; 4) People-Focused Execution; 5) Winning Spirit; dan 6) Human Empathy.

1. Leader-Driven Enterprise

Perusahaan dengan lompatan besar menghasilkan pemimpin-pemimpin, hal ini tentu saja kontras dengan sebuah kepercayaan primitif bahwa pemimpin di sebuah organisasi hanyalah satu orang (ie: kepala suku di pedalaman).

Salah satu tujuan perusahaan yaitu mendidik semua orang yang ada di setiap level dalam organisasi untuk mempunyai kemampuan memimpin, sehingga para pemimpin yang bekerja bersama secara harmonis dan teratur seperti para anggota orkestra yang menghasilkan simfoni. Kumpulan kepemimpinan yang kokoh mampu menerapkan visi, misi, dan nilai perusahaan.

 

2. Managing by Values

Serangkaian nilai perusahaan yang kuat yang ditunjukkan oleh perilaku orang-orang di dalam organisasi, tidak hanya pada level intelektual, tapi juga level emosional dan spiritual.

Perusahaan yang mampu bertahan sangat membutuhkan strategi yang luas, sistem yang terorganisir dengan baik, dan para staf yang terampil untuk menjalankan bisnis. Budaya perusahaan yang kuat perlu dibangun untuk menjadi pondasi bangunan elemen-elemen ini, sebagai pemersatu antar elemen secara bersama-sama. “A lasting company is a values-based company

 

3. The Power of Team Synergy

Perusahaan dengan lompatan besar tidak menciptakan super man tetapi menciptakan super team. Intisari penciptaan super team yaitu menumbuhkan sinergi tim.

Sekumpulan orang bisa dikatakan tim ketika mereka mampu menumbuhkan sinergi, sehingga output yang dihasilkannya lebih besar daripada kombinasi output dari masing-masing orang ketika mereka bekerja sendiri.

Efektivitas tim ditentukan oleh kemampuan tim dalam menciptakan sinergi antar orang yang ada di dalamnya. Sinergi diciptakan melalui tujuan yang berfokus pada hasil, chemistry tim, kolaborasi yang sinkron, pemberdayaan tim, dan

 

4. People-Focused Execution

Tidak hanya strategi yang penting di dalam perusahaan dengan lompatan besar, tetapi juga eksekusi strategi sebagai inti dari proses operasi dan implementasi bisnis perusahaan.

Hal ini sangat penting sehingga fokus eksekusi harus dikaitkan di dalam budaya perusahaan. Fokus pada eksekusi harus menjadi bagian penting dari nilai-nilai dasar, kebiasaan-kebiasaan, bagian-bagian perusahaan yang harus terus-menerus dikuatkan.

Para pemimpin di setiap level dalam organisasi, bukan hanya sebagian, perlu dilibatkan di dalam eksekusi strategi. Terdapat tiga aspek utama yang menentukan kesuksesan eksekusi yaitu: strategi—sebagai arah eksekusi; proses—sebagai kendaraan eksekusi; dan kepemimpinan—sebagai pengendara eksekusi.

 

5. Winning Spirit

Setiap orang di dalam perusahaan dengan lompatan besar perlu memiliki semangat untuk menang. Perusahaan perlu menciptakan kondisi sesuai yang diperlukan untuk menerapkan pola pikir “play to win” yang bisa diartikan dengan kemauan mencoba hal-hal baru, memberikan umpan balik yang jujur dan apa adanya, dan keterbukaan.

Perusahaan juga harus mampu mengaktualisasikan pola pikir itu di lapangan. Aktualisasi mindset ini bisa kita lihat dari empat attitutes: pertama dream big, think big; kedua good is not enough; ketiga sky is the limit; dan keeempat a healthy competitive environment.

 

6. Human Empathy

Perusahaan dengan lompatan besar sangat memperhatikan empati diantara para karyawannya dan berusaha mewujudkannya dengan memfasilitasi keseimbangan diantara mereka.

Hidup yang seimbang dibutuhkan karena setiap manusia mempunyai paling tidak empat aspek kehidupan yaitu keluarga, profesional, sosial, dan spiritual. Perusahaan perlu berperan untuk memfasilitasi aktualisasi dari setiap aspek secara proporsional dari masing-masing karyawan sehingga mereka bisa menemukan makna hidup pribadi.

Demikian artikel yang berjudul Sebuah Lompatan Besar : Sebuah Lompatan Besar: 6 Elemen Memaksimalkan Potensi SDM. Baca juga artikel kami yang lain :

1. Cara mempertahankan SDM yang unggul

2. Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan

3. Beli Buku Motivasi Terbaik

Sumber: Atmadja, Stanley Setia. 2010. Making the Giant Leap : How to Unleash the Extraordinary Human Potential.

(Dyah Puspo Mukti)

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang