Logo Baru April

Format dan Contoh Laporan KKN Individu

Laporan KKN Individu
toko buku kuliah
Bagikan

Siapa nih yang sedang menjalankan program KKN (Kuliah kerja Nyata) dari kampus di desa atau kampung yang dipilih? Nah, kali ini kita bahas mengenai format dan contoh laporan KKN individu yang bisa kamu contoh ya.

Sebelumnya, Kita sudah bahas tuntas mengenai program atau Proker Individu dan kelompok yang bisa digunakan mahasiswa untuk KKN. Apa saja? Apabila ingin tau contohnya, silakan baca pada Proker KKN.

Jika sudah membaca dan juga sudah mendaftar proker apa saja yang akan digunakan dalam KKN, saatnya untuk membuat laporan KKN Individu.

Apa itu Laporan KKN?

Laporan KKN merupakan laporan yang dibuat sebagai barang bukti dan pertanggungjawaban dari mahasiswa yang melakukan program tersebut di tempat KKN kepada pihak kampus. Artinya, akan ada kayak LPJ (Laporan pertangungjawaban) sehingga bisa tahu apakah program memiliki dampak ataupun tidak serta apakah sudah dilaksakan dengan baik ataupun belum.

Biasanya ada 2 jenis laporan KKN, yaitu laporan individu dan laporan kelompok. Laporan KKN Individu biasanya dibuat secara pribadi oleh masing-masing mahasiswa sesuai program yang dilaksanakan sedangkan laporan KKN kelompok biasanya dikerjakan oleh TIM atau ketua unit yang isinya terkait program-program kelompok besar.

Format Laporan KKN Individu

Sebelum lanjut ke format laporan KKN Individu maupun kelompok, Aku ingatkan bahwa setiap kampus memiliki format yang berbeda-beda, tetapi pada intinya susunan dan isinya hampir sama.

  1. HALAMAN JUDUL
  2. KATA PENGANTAR
  3. DAFTAR ISI
  4. DAFTAR LAMPIRAN
  5. BAB I PENDAHULUAN
    • Latar Belakang
    • Tujuan Penyelenggaraan KKN
    • Rencana Kegiatan KKN
    • Deskripsi Tempat Pelaksanaan KKN
    • Waktu Pelaksanaan KKN
  6. BAB II PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KKN
  7. Penutup dan Kesimpulan

Apa penjelasan masing-masing? Nah, untuk pembahasan langsung pada poin pendahuluan ya. Sebab, pada poin 1 sampai 4 bisa dibuat sendiri dan pastinya sudah banyak contohnya.

BAB I Pendahuluan

Pada bab pendahuluan ini menerangkan secara umum menganai mengapa kamu dan kelompokmu memilih kampung dan desa tersebut untuk pelaksanaan KKN. Ulas ini berdasarkan sudut pandang dan bidang masing-masing mahasiswa sesuai jurusan ya.

  1. Latar belakang, berisi tentang latar belakang pemilihan desa sampai latar belakang yang melandasi program-program KKN secara individu kenapa dipilih. Intinya disini adalah mencari sebuah masalah yang bisa diatasi dengan program kerja KKN.
  2. Tujuan Pelaksanaan KKN, jelaskan secara singkat dan jelas tujuan KKN kelompokmu.
  3. Rencana Kegiatan KKN, berisi rencana proker KKN yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa secara pribadi atau individu selama KKN nanti. Ingat, rencana.
  4. Deskripsi Lokasi KKN, jelaskan secara singkat padat dan jelas mengenai lokasi yang dilakukan untuk KKN.
  5. Waktu pelaksanaan KKN, waktu tanggal berapa sampai berapa.

BAB II PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KKN

Apabila sudah menjelaskan secara umum di pendahuluan, kita langsung bahas pada pelaksanaan program KKN yang menjadi pokok dalam laporan KKN individu.

Daftar Open Reseller

Khusus pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan dengan tabel ataupun per subbab yang menjelaskan masing-masing proker yang telah berjalan ya. Ingat, masing-masing program kerja KKN individu. Apa saja yang harus diulas?

  1. Judul kegiatan (Proker)
  2. Tujuan
  3. Sasaran
  4. Lokasi
  5. Waktu Pelakanaa
  6. Hasil
  7. Hambatan
  8. Cara Mengatasi Hambatan
  9. Bukti Foto/Dokumentasi Lain

Nah, jelaskan masing-masing program kerja sesuai dengan format diatas.

Contoh Laporan KKN Individu

Untuk contoh tidak bisa Aku berikan satu per satu dalam artikel ini. Kamu bisa unduh pada halaman berikut ini dari beberapa kampus.

Silakan Copy linknya dan paste di browsermu

  • https://kkn.upgris.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/1.FORMAT-DAN-CONTOH-LAPORAN-INDIVIDU-KKN.pdf
  • https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_2261141006125018.pdf
  • http://repository.ubaya.ac.id/39668/1/Elita_Karya%20Tulis%20Faham%20Hipertensi.pdf

Semoga bermanfaat ya informasi mengenai KKN ini. Semoga KKN yang dijalankan memberikan dampak positif bagi wilayah yang dijadikan tempat KKN.

Artikel Terkait

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :