VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Langkah Mudah Menghilangkan Kebiasaan Buruk

menghilangkan kebiasaan buruk
toko buku kuliah

Semua orang pasti punya satu atau dua kebiasaan buruk, atau bahkan lebih. Namun jangan khawatir. Meski sudah menjadi kebiasaan, bukan berarti selamanya tak bisa diubah. Berikut adalah tips untuk menghilangkan kebiasaan buruk dalam 6 langkah:

1. Spesifik

Semakin spesifik hal yang ingin Anda capai, semakin baik. Jangan buat tujuan yang terlalu umum, seperti “tidak jorok” tapi buatlah yang lebih spesifik, misalkan “Menyapu kamar tidur setiap pagi, langsung mencuci piring setelah makan” dan lainnya. Ini akan membuat Anda lebih mudah memulai kebiasaan baru yang lebih baik untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang lama.

2. Mulai Dari yang Kecil

Tentu saja, Anda ingin segera menghilangkan kebiasaan buruk dan langsung merasa harus menetapkan tujuan yang besar. Namun terkadang, di tengah-tengah Anda akan merasa malas. Ketika tujuan yang ditetapkan terlalu besar, rasa malas akan semakin bertumpuk. Untuk itu, lebih baik tetapkan tujuan yang kecil, bertahap, namun dilakukan secara rutin dan dibiasakan terus-menerus.

3. Lakukan Setiap Hari

Suatu hal menjadi kebiasaan karena Anda melakukannya berulang-ulang, secara rutin, setiap hari, dan menjadi ‘biasa’ dengan hal tersebut. Hal yang sama juga harus Anda lakukan untuk menghilangkannya. Anda harus melakukan kebiasaan baik, atau menghindari kebiasaan buruk itu berulang-ulang, setiap hari, hingga nantinya menjadi terbiasa.

4. Tulis dan Beritahu Teman

Tulisan dan memberitahu teman tentang apa yang ingin Anda lakukan dapat menjadi pengingat yang baik ketika Anda malas melakukannya. Dengan begitu, Anda akan terus termonitor dan terkontrol oleh teman Anda. Ketika akan melakukan kebiasaan buruk lagi, akan ada orang yang mengingatkan Anda.

5. Teledor Sesekali, Tak Masalah

Tak ada orang yang sempurna, dan menghilangkan kebiasaan buruk tentu membutuhkan usaha keras. Sehingga ketika Anda bersikap teledor sesekali, maafkan diri Anda. Jangan terlalu ketat dan berpikir bahwa semuanya sudah berakhir. Tak masalah, Anda hanya harus mengulanginya lagi dan tetap berkomitmen pada apa yang ingin Anda lakukan atau Anda ubah.

6. Beri Hadiah

Beri hadiah untuk diri Anda sendiri jika mampu menghilangkan kebiasaan buruk. Ini untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai usaha keras Anda untuk melakukannya. Hadiah juga mengingatkan Anda betapa menyenangkannya bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan mengubahnya dengan kebiasaan baik.

 

Contoh dan 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk Yang Sering Dilakukan

Tidak ada kata terlambat untuk memulai cara menghilangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Membalikkan kebiasaan terburuk seperti berhenti merokok, tidak minum alkohol, makan terlalu banyak, dan banyak hal lain harus sesegera mungkin, untuk memulai hidup sehat dan lebih bahagia.

Terlalu Banyak Makan Cemilan

Mengapa Ini berbahaya:

Kehilangan rasa lapar alami tubuh dan sinyal kepuasan dapat menyebabkan makan berlebihan yang tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan kondisi serius lainnya. Terlebih makanan junk food, merupakan jenis makanan yang mengandung zat aditif berbahaya yang akan membanjiri tubuh.

Dengan tekad kuat, orang dapat memperbaiki kebiasaan makan yang buruk menjadi lebih sehat. Dengan memperhatikan sinyal lapar dan beralih ke makanan ringan yang sehat, yang dapat meningkatkan nutrisi, menurunkan berat badan, dan menghindari kemerosotan energi. Berat badan akan turun ke level sehat, dan akan menggantikan lemak jenuh yang tidak sehat, gula, karbohidrat olahan, dan sodium ekstra dengan makanan yang lebih bergizi.

Cara menghilangkan kebiasaan buruk ngemil dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Tunggu makan sampai tubuh benar-benar merasakan lapar (makanlah hanya pada saat jam makan).
  2. Berhenti makan sebelum kekenyangan, dengan begitu jumlah makanan yang masuk dan diolah perut akan menjadi lebih sedikit namun cukup.
  3. Makan untuk alasan yang tepat karena lapar bukan karena alasan stress, bosan, jenuh, marah, atau sedih.

Belanja Berlebihan dengan Berhutang

Dampak kebiasaan buruk terhadap keuangan, bisa mempengaruhi kesehatan yang berkontribusi meningkatkan stress, sakit kepala, depresi karena kebiasaan berhutang bahkan banyak kasus dimana keretakan rumah tangga bersumber utama dari sini. Memang sulit untuk keluar dari utang, akan dibutuhkan waktu, mengekang ego dan gaya hidup serta mengatasi stress karena hutang. Temukan cara mengatur keuangan untuk menekan pengeluaran dan fokus pada kesenangan sederhana. Cara menghilangkan kebiasaan buruk ini adalah sebagai berikut :

  1. Buat anggaran : Catat berapa banyak uang yang diperoleh setiap bulan? Berapa banyak menghabiskan uang untuk keperluan mendadak? Berapa banyak untuk bersenang-senang? Berapa banyak untuk kebutuhan primer sandang, pangan, papan? Temukan apa yang dibutuhkan, kemudian potong anggaran untuk hal-hal yang diinginkan namun tidak dibutuhkan.
  2. Mengubah prioritas uang : Berhenti berbelanja sebagai bentuk hiburan, dan pemenuhan hasrat nafsu sesaat. Kita harus mampu mengidentifikasi hal-hal penting yang akan diperlukan di masa depan dan memulai program tabungan untuk rencana masa depat tersebut saat ini juga.

Bagi mereka yang berhasil, hasilnya sangat menakjubkan. Anda akan merasa lebih memegang kendali dalam hidup Anda, dan Anda akan lebih aware kepada sosial, masyarakat, dan agama jika leher Anda sudah terbebas dari belitan rantai hutang (terlebih bunga berbunga).

Melewatkan Sarapan Pagi

Melewatkan sarapan memiliki konsekuensi yang serius bagi berat badan, tingkat energi, dan bahkan gula darah. Manfaat sarapan pagi dengan semangkuk bubur, nasi kuning, nasi goreng, nasi telur atau semangkuk oats, akan membantu metbolisme tubuh. Melewatkan bahan bakar sebelum beraktivitas akan memberikan kesempatan untuk makan berlebihan di siang hari, dan ini buruk.

Merokok

Kebiasaan buruk yang menjadi pangkal, sumber utama dampak kesehatan bagi orang diseluruh dunia adalah rokok. Memasukkan bahan-bahan kimia pada tubuh dengan sebatang rokok, dapat menghancurkan paru-paru, jantung, ginjal, hati, dan otak. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk yang berbahaya ini?

  1. Dapatkan dukungan: Mintalah teman, pasangan, keluarga, figur hidup, konselor, atau orang-orang terdekat untuk selalu terus menerus memotivasi anda untuk berhenti merokok.
  2. Waktu yang tepat: Rencanakan untuk berhenti merokok selama periode/saat-saat tenang, tidak selama liburan atau saat berada di bawah tekanan dan stress.

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mulai menghilangkan kebiasaan buruk. Memang tak akan mudah pada awalnya dan tak bisa secara instan. Namun jika dilakukan dengan rutin dan penuh tekad, Anda pasti berhasil menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Baca Juga:

 

Referensi:

http://www.merdeka.com/sehat/hilangkan-kebiasaan-buruk-dalam-6-langkah.html

http://blogging.co.id/cara-menghilangkan-kebiasaan-buruk

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang