Logo Baru April

Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi

menyusun teks eksplanasi
toko buku kuliah
Bagikan

Sebelumnya, kita sudah bahas tentang pengertian dan struktur teks eksplanasi. Kali ini, kita membahas khusus tentang langkah-langkah menulis teks eksplanasi yang baik dan benar.

Oleh karenanya, apabila belum membaca artikel sebelumnya, silakan baca dahulu pada artikel pengertian teks eksplanasi.

Setelah membaca artikel diatas, lanjut pada langkah-langkah menulis teks eksplanasi. Berikut ini terdapat 5 langkah untuk menulisnya. 

1. Observasi peristiwa yang terjadi di sekitar.

Peristiwa atau kejadian yang terjadi di lingkungan kita dan kehidupan sehari-hari sangatlah banyak, beragam dan unik di setiap wilayahnya. Oleh karenanya, peristiwa ini dapat disajikan bahan untuk menyusun teks eksplanasi yang baik dan mudah dipahami.

Untuk memudahkan memahami, contohnya seperti bahasan tentang udara yang setiap hari kita rasakan, penyebab udara pada pagi hari terasa dingin sedangkan semakin siang udara semakin panas. 

Atau mungkin kenapa waktu pagi hari ada embun pagi sedangkan kalau sore tidak ada embun. Begitupun banyak peristiwa yang terjadi saat kita mau mengobservasi tersebut.

2. Mengamati suatu peristiwa

Setelah mendata dan melakukan observasi peristiwa di lingkungan sekitar, tentukan satu saja peristiwa yang akan kamu amati lebih mendalam dan mendetail. Tujuannya apa? Supaya ada batasan masalah yang kita amati. 

Promo Skripsian

Apabila tidak ada batasan, teks yang kita bahas dan tulis nanti akan melebar kemana-mana. Berdasarkan pengamatan yang kita lakukan akan muncul ide penulisan teks eksplanasi.

3. Mencatat urutan peristiwa

Langkah selanjutnya, saat melakukan pengamatan, hal yang wajib kita lakukan adalah mencatat hal yang sedang diamati bahkan semua hal catat saja ya. Semakin detail maka semakin baik.

Kedua, pastikan catatan hal yang kamu amati ini sudah urut. Urutan terjadinya suatu peristiwa penting diketahui dan dicatat untuk membuktikan kevalidan sebuah kejadian yang terjadi.

4. Kerangka teks eksplanasi

Daftar Reseller

Setelah mendapatkan data, urutan kejadian dan fakta dengan peristiwa yang diamati, susunlah semuanya menjadi sebuah kerangka karangan teks eksplanasi. Tentukanlah hal-hal yang akan dijelaskan.

Kerangka karangan yang disusun harus berdasarkan struktur teks eksplanasi. Teks ini merupakan jenis teks eksplanasi yang dibentuk oleh struktur atau bagian-bagian tertentu. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, kalian bisa baca disini tentang kerangka teks eksplanasi.

Struktur tersebut diawali dengan pernyataan umum, deretan peristiwa, interpretasi/ulasan.

A. Pernyataan Umum

Pernyataan umum berisi penjelasan awal dalam teks eksplanasi. Biasanya berisi tentang latar belakang, keadaan umum atau tema yang disampaikan sesuai dengan sesuai yang ingin dijelaskan dan dibahas dalam teks..

Tulisan teks bagian ini bisa terkait dengan sains, teknologi, fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

B. Deretan Peristiwa

Deretan yang berurutan dan berisi peristiwa/kejadian, baik itu disusun secara kronologis atau pun secara kausalitas. Selain itu, deretan penjelasan dapat diartikan juga sebagai penggambaran rangkaian kejadian.

Deretan peristiwa juga bisa sebagai perincian atas kejadian yang relevan dengan identifikasi fenomena. Bagian ini dapat disusun dengan pola kausalitas ataupun kronologis.

Daftar Open Reseller

C. Interpretasi atau Ulasan

Berupa penafsiran, pemikiran, atau penyimpulan atas rangkaian kejadian yang dijelaskan sebelumnya.

Bisa juga interpretasi itu berarti komentar atau penilaian tentang konsekuensi atas kejadian yang dipaparkan sebelumnya.Nah, dalam interpretasi dan ulasan, kalian bisa memasukkan baik berupa opini maupun sumber referensi yang bisa mendukung bahasan yang diangkat.

Semakin baik ulasan dan deretan yang dibangun, teks eksplanasi akan mudah dipahami dan pastinya akan mudah untuk diterapkan ulang apabila bisa diterapkan dan diajarkan ulang.

5. Menyusun teks eksplanasi

Kerangka karangan dalam teks eksplanasi yang dibuat tujuannya untuk mempermudah penyusunan teks. Berdasarkan kerangka karangan, tulislah teks eksplanasi dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Nah, mudah bukan untuk menulis sebuah teks eksplanasi. Tugas kalian selanjutnya adalah mempraktikkannya. Apabila butuh contoh, kalian bisa banget untuk melihat contoh teks eksplanasi dahulu.

Apabila sudah silakan tulis dan lakukan penilaian apakah sudah memenuhi syarat dan struktur yang ada atau belum. Apabila sudah, berarti teks eksplanasimu sudah bagus.

Ebook Panduan Jadi Reseller

Semoga pembahasan diatas dapat dipahami dengan mudah ya. Baca juga pembahasan tentang teks-teks lainnya sebagai berikut.

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul

Yusuf Abdhul Azis adalah seorang penulis dan sedang belajar digital marketing.

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

Baca Juga :