VOUCHER DISKON DEEPUBLISH

Pemanfaatan Lahan Sempit Jadi Kolam Produktif

budidaya ikan lele dengan sistem bioflok
toko buku kuliah

Pemanfaatan Lahan Sempit Jadi Kolam Produktif – Lahan Ideal adalah Lahan produktif untuk membangun kolam dan memelihara ikan di dalamnya. Namun, tidak semua lahan yang tersedia ideal untuk membangun kolam ikan. Banyak lahan-lahan milik masyarakat tidak memenuhi persyaratan dari aspek teknis maupun aspek sosial ekonomi.

Lahan yang demikian disebut Lahan kritis. Misalnya saja, lahan-lahan yang terlalu curam atau terlalu datar akan sulit dialiri air secara normal. Namun, dengan perkembangan teknologi, lahan-lahan kritis seperti itu bisa diubah menjadi kolam produktif.

Dengan demikian, keinginan yang besar untuk membangun kolam tetap dapat dilakukan tanpa kekhawatiran akan terjadi kegagalan dalam mengoptimalkan kolam yang telah dibangun. Pada akhirnya, produksi ikan yang diperoleh pun sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga : Buku Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok: Teknik Pembesaran Ikan Lele Sistem BioflokKelola Mina Pembudidaya

Tidak semua jenis ikan bisa dipelihara di lahan-lahan kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan penentuan ikan yang bisa dipelihara di lahan tersebut. Beberapa jenis ikan yang bisa dipelihara di lahan kritis diantaranya lele, nila, dan gurami. Selain itu jenis kegiatan pemeliharaan juga harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada.

Dengan mengubah lahan kritis menjadi kolam ikan yang benefit, berarti lahan yang sebelumnya tidak dapat dimanfaatkan ternyata mampu menjadi sumber pendapatan tambahan bagi keluarga.

(Herlambang Rahmadani)

Sumber : Susanto, Heru. Mengubah Lahan Kritis Menjadi Kolam Produktif

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang