Keuntungan Mengikuti PPG untuk Lulusan Sarjana Pendidikan dan Non Pendidikan

keuntungan mengikuti ppg
toko buku kuliah
Bagikan

Keuntungan Mengikuti PPG untuk Lulusan Sarjana Pendidikan dan Non Pendidikan – Kita semua sepakat bahwa pendidikan adalah akar dari peradaban. Kita pun setuju bahwa pendidikan adalah pintu gerbang perubahan.

Melalui pendidikan, segala perubahan menuju perbaikan menjadi sesuatu yang mungkin. Namun wajah pendidikan di Indonesia masih muram dengan beragam permasalahan yang tak kunjung terselesaikan.

Masalah dunia pendidikan layaknya gunung es. Yang tampak sekarang adalah sekelumit masalah. Ketika melongok ke bagian yang lebih dalam, banyak masalah yang masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah). Salah satu yang tampak dan selama ini menjadi masalah yang umum diketahui adalah tenaga pendidik terutama guru. Mulai dari masalah rendah kualitas guru hingga rendanya honor yang mereka terima. Apalagi guru yang masih berstatus honorer.

Sekian masalah yang dialami guru ini berdampak terhadap kondisi pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan Indonesia seolah tidak beranjak kemana-mana. Masih banyak celah yang perlu diperbaiki.

Melansir kompas.com, Program for International Student Assessment atau disingkat PISA melakukan studi pada tahun 2015. Hasilnya, kualitas pendidikan Indonesia berada di nomer 69 dari total 76 negara. Studi yang lain dari Trends in International Mathematics and Science Study, siswa Indonesia masih berada di peringkat 36 dari 49 negara dalam melakukan prosedur ilmiah.

Rendahnya kualitas pendidikan Indonesia ini salah satunya disebabkan oleh permasalahan tenaga pendidik. Ibaratnya, bagaimana mungkin mencita-citakan generasi yang cerdas bila para pendidiknya masih dilingkup beragam masalah?

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Pendidikan Profesi Guru. Melalui program ini, pemerintah berupaya untuk menghasilkan tenaga pendidik (guru) yang profesional, unggul, dan dapat menghadapi tantangan zaman. Tau nggak kalau program ini bisa diikuti oleh lulusan jurusan pendidikan dan non pendidikan? Iya, kamu yang lulusan jurusan non pendidikan juga bisa daftar program ini.

Sebenarnya apa itu PPG? Apa keuntungan mengikuti PPG? Simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian PPG

PPG adalah program yang digagas pemerintah untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru) profesional yag mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mahasiswa yang memiliki impian menjadi tenaga pendidik profesional bisa mengikuti program ini.

Lulusan S1 jurusan pendidikan dan non pendidikan sama-sama punya kesempatan untuk mendaftarkan diri. Melalui program ini, kamu akan belajar kompetensi guru sesuai standar nasional pendidikan.

Tujuan program ini adalah penghasilan guru profesional yakni yang menunjukkan kemampuan dan melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Tolok ukur kemampuannya dapat dilihat dari penguasaan kompetensi akademik dan kompetensi substansi sesuai dengan bidang keilmuannya.

Selama mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan materi berupa teori dan praktikum. Selain itu kamu akan menjalankan praktik secara langsung di lapangan. Kamu akan belajar mengajar di sekolah.

PPG ini diharapkan menjadi solusi atas permasalahan pendidikan selama ini seperti:

  1. Kekurangan jumlah guru terutama di daerah-daerah terluar, terdepan, dan tertinggal
  2. Distribusi tidak seimbang 
  3. Kualifikasi di bawah standar
  4. Guru-guru tidak kompeten
  5. Ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu

Nah, setelah menuntaskan pendidikan profesi guru, akan mendapatkan sertifikat yan menunjukkan keahlian pendidikan yang dipelajari selama ini contohnya pendidikan profesional untuk pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan lainnya.

PPG ini terdiri dari dua bentuk yakni PPG Bersubsidi dan PPG Swadana. Jika kamu mengambil PPG Bersubsidi maka biaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah. Sementara itu, jika kamu mengambil PPG Swadana maka biaya pendidikan tanggung kamu sendiri. Pembiayaannya secara mandiri oleh peserta yang mengikuti PPG.

Lantas bidang studi apa saja yang dibuka dalam PPG? Jadi bidang studi yang dibuka biasanya meliputi Pendidikan Guru SD, Bimbingan dan Konseling, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, Sejarah, Akuntansi dan Keuangan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Otomotif, Perhotelan, Jasa Pariwisata dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari seputar PPG dari lamar resminya langsung yakni http://ppg.ristekdikti.go.id.

Baca juga : Rekomendasi Buku Pendidikan

Keuntungan Mengikuti PPG

Melansir amongguru.com, terdapat manfaat mengikuti PPG. Manfaat ini bisa juga berarti keuntungan yang akan kamu dapatkan. Apa saja keuntungannya?

  1. Meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar
  2. Menambah pengalaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah
  3. Mendapatkan Sertifikat Pendidik sebagai guru profesional
  4. Jaminan masa depan karena mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk tingkatkan kesejahteraan hidup
  5. Menempuh pendidikan bidang studi dengan dibiayai pemerintah apabila mengambil PPG Bersubsidi
  6. Mengasah kemampuan dalam mengajar melalui praktek secara langsung

Selain keuntungan-keuntungan di atas, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti:

1. Menambah jejaring sosial 

Melalui program ini kamu bisa berkenalan dengan teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang. 

2. Mendapatkan ilmu baru

Di sini kamu juga bisa mempelajari ilmu baru. Kamu mendalami materi, menyusun perangkat-perangkat pembelajaran, praktikum, dan melakukan praktik secara langsung di lapangan.

3. Meningkatkan kemampuan mengoperasikan komputer

Keuntungan ini sangat dirasakan untuk peserta yang sudah berprofesi guru dan berusia lanjut. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer masih sangat lemah sehingga peserta bisa meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan komputer.

4. Studi banding ke sekolah-sekolah

Salah satu kegiatan wajib peserta PPG adalah mengikuti kegiatan terjun ke lapangan atau PPL. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai studi banding karena peserta bisa studi banding ke sekolah-sekolah. Bisa menemukan hal-hal baru di sekolah yang menjadi tempat PPL.

5. Bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk rehat dari aktivitas mengajar

Terakhir, untuk peserta yang sudah bekerja sebagai tenaga pendidik dan mengikuti PPG. Program ini dapat digunakan untuk rehat dari aktivitas mengajar selama ini. Mencari ruang baru untuk kembali mengisi energi dan pikiran sebelum akhirnya kembali lagi mengajar.

Baca juga : Pengertian Pendidikan Nasional Disertai Fungsi dan Tujuannya

Pondok Djawara Deepublish

Syarat dan Ketentuan PPG

Kamu tertarik ikut PPG setelah lulus nanti? Perhatikan persyaratannya di bawah ini.

  1. Pendaftar merupakan lulusan S1/D4 dari Program Studi terakreditasi minimal B
  2. IPK minimal 3.00
  3. Ketika mendaftar, berusia maksimal 34 tahun
  4. Program studi S1/D4 masih linier dengan bidang studi Program PPG
  5. Pendaftar terdara dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI)
  6. Bebas dari penggunana NAPZA dengan melampirkan suraat keterang dari BNN atau lembaga yang berwenang
  7. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, rumah sakit, atau puskesmas
  8. Berkelakuan baik dengan dibuktikan Surat Keterangan dari Kepolisian
  9. Membayar biaya seleksi.

Baca juga : Pengertian Penguatan Pendidikan Karakter, Pahami Beberapa Landasan Poin Berikut!

Alur seleksi umumnya meliputi tahapan seperti berikut ini.

  1. Pendaftaran daring
  2. Seleksi administrasi
  3. Pengumuman hasil seleksi administrasi
  4. Seleksi akademik, bakat, minat, kepribadian, dan panggilan jiwa
  5. Pengumuman hasil seleksi akademik, bakat, minat, kepribadian, dan panggilan jiwa
  6. Registrasi daring
  7. Lapor diri
  8. Orientasi awal studi
  9. Proses pembelajaran

Program ini memberikan keuntungan untuk kamu yang ingin mencapai impian sebagai guru. Pastikan syarat dan ketentuan PPG kamu lengkapi sebelum mendaftar nantinya. Ikuti terus perkembangan informasi program ini melalui resmi agar tidak ketinggalan informasi pembukaan dan penutupannya.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Keuntungan Mengikuti PPG. Apakah Anda membutuhkan buku-buku pendidikan? Dapatkan buku pendidikan berkualitas hanya di Penerbit Deepublish.

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang