5 Keteladanan Andrea Hirata : Novel Pengubah Wajah Belitung

keteladanan-andrea-hirata
toko buku kuliah

5 Keteladanan Andrea Hirata – Siapa sih yang tidak kenal sosok Andrea Hirata? Pastinya semua orang tahu siapa dia. Berkat karya luar biasa dan dampak dari novelnya inilah, akhirnya banyak orang yang mengaguminya. Keteladanan Andrea Hirata banyak dijadikan pembelajaran, khususnya calon penulis yang ingin menjadi besar seperti dirinya loh. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu salah satu penggemar beratnya?

Sudah tidak asing lagi jika sampai keteladanan Andrea Hirata menjadi panutan. Tentu saja hal ini tidak lahir begitu saja. Memang ada alasan kenapa banyak orang yang mengidolakan sosok dan panutan mereka. Anda dapat melihat Biografi Andrea Hirata dalam artikel berikut ini. Nah, berikut beberapa keteladanan Andrea Hirata.

5 Keteladanan Andrea Hirata

1. Mendapat Penghargaan Internasional

Keteladan Andrea Hierata yang perlu di contoh adalah prestasinya menerbitkan novel, hingga dirinya mendapatkan penghargaan Khatulistiwa Literary Award 2007. Tidak sekedar itu saja, ternyata juga pernah mendapatkan penghargaan dari Jermen, yaitu Germany Buch Awards 2013. Dari dua penghargaan ini saja menurut saya pribadi sudah terbaik.

Ternyata Andrea Hirata tidak ingin berpuas diri mendapatkan penghargaan tersebut. Lelaki yang pernah berganti nama sebanyak tujuh kali tersebut juga pernah mendapatkan penghargaan Pamadina Arward 2009 dan penghargaan dadri luar lagi, yaitu New York Book Festival, 2013, best general fiction category dan juga mendapatkan penghargaan university of warwick 2015.

2. Novelnya Di Terjemahkan ke Dalam 40 bahasa

Keteladanan Andrea Hirata untuk saat ini salah satu penulis yang mampu menerbitkan buku hingga ke manca Negara. Tidak tanggung-tanggu, novel lascar pelangi sudah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa loh. Coba bayangkan, tersebar hingga dunia loh, setidaknya ada sekitar 120 negara yang menerbitkan bukunya.

Tentu saja ini berita yang patut di acungi jempol. Setidaknya ada sastrawan dari Indonesia yang Go Internasional. Meskipun Andrea Hirata tidak bisa disamakan dengan penulis manca seperti Dan Brown atau seperti JK Rowling, setidaknya Indonesia juga bisa bersaing dengan genre, gayanya masing-masing pastinya.

Pantas saja jika akhirnya keteladanan Andrea Hirata banyak yang mengelu-elukan. Karena mampu menembus pasar internasional. Di terbitkan seIndonesia dan best seller aja sudah “wow”, ini ditambah diterbitkan ke 120 negara, “wow” kan berlipat-lipat. Semoga akan lahir Andrea Hirata baru berikutnya untuk Indonesia.

3. Dampak Karyanya Mampu Mempengaruhi Hingga ke Ranah Pariwisata di Belitung

Keteladan Andrea Hirata yang patut diapresiasi adalah dampak dari penjualan dan kepopuleran novel trilogy Laskar Pelangi. Berkat novel Trilogi yang sempet meledak kala itu, ternyata memberikan dampak positif untuk setting yang diceritakan dalam novel loh. Yap, lokasi tempat tersebut adalah Belitung, di sana ada setting SD Muhammadiyah dan pantai yang elok banget deh.

Berkat kesuksesan Novel Andrea Hirata, banyak loh wisatawan yang mendatangi dan berkunjung ke sana. Sampai-sampai tempat tersebut kini menjadi destinasi wisata favorit. Karena setting lascar pelanggi yang embel-embel diambil kisah nyata, karena memang Sumber Daya Alamnya juga aduhai, terutama pantainya.

Secara finansial, pastinya tidak hanya masyrakat Belitung yang menjajakan makanan di objek wisata. Tetapi pemerintah daerah pun pastinya juga akan mendapatkan pemasukan dari hasil wisata tersebut. Jadi, dapat disimpulkan, dampak yang ditimbulkan dari sebuah novel satu ini patut di apresiasi.

4. Memiliki Museum Andrea Hirata

Keteladanan andrea hirata yang tidak kalah keren dan bisa di contoh adalah, cara Andrea Hirata peduli terhadap literasi. Ia pun membuat sebuah museum yang bernama museum kata. Namannya aja museum kata, tentunya isinya seputar kata. Uniknya lagi, museum kata ini pertamakali loh di Indonesia.

Isi museum milik Andrea Hirata berisi macam literature dan genre loh. Di sana ada banyak macam, mulai dari literature film, arsitektur, seni, music dan masih banyak lagi. Nah buat kamu nih yang akan berlibur di Belitung, bisa mampir ke museum ini nih. Karena dari segi lokasinya masih tidak terlalu jauh dari setting yang pernah dituliskan di dalam novel.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Novel Pertama Andrea Hirata

5. Memberikan Pesan Moral

Keteladan andrea hirata dari segi isi novelnya, memiliki pesan moral yang positif. Karena di dalam novel ini menceritakan sebuah perjuangan seseorang dalam meraih cita-citanya yang diluar nalar. Siapa yang menyangka jika cita-cita anak kampung yang tidak punya uang, bermimpi ingin belajar ke luar negeri, dan akhirnya terwujud cita-cita tersebut.

Keterwujudan cita-cita itulah yang harus di bayar dengan keringat, darah dan perjuangan yang luar biasa. Jika semua perjuangan dan kegigihan di maknai dengan menye-menye, pastinya akan lebai menyedihkan. Berbeda yang diceritakan oleh Andrea Hirata dalam Trilogi Laskar Pelanggi, justru cerita yang disampaikan tampak kocak, menyenangkan dan seru pastinya.

Itulah beberapa poin keteladanan Andrea Hirata yang bisa kita ambil hikmah dan pelajarannya. Mungkin ada yang menganggap poin di atas biasa saja. Tetapi semua poin di atas bukanlah sesuatu yang bisa diciptakan dengan mudah loh.

Terimakasih sudah membaca “Keteladanan Andrea Hirata”, selanjutnya baca artikel yang lain :

1. 6 Pilihan Toko Buku Online Jogja Yang Bisa Kamu Coba
2. 6 Manfaat Membaca Buku Biografi
3. Contoh Buku Non Fiksi dan Ciri Utamanya

Pondok Djawara Deepublish
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang