fbpx

6 Keistimewaan Seorang Perawat Yang Perlu Diketahui

keistimewaan-seorang-perawat
toko buku kuliah

6 Keistimewaan Seorang Perawat – Apakah kamu bekerja sebagai seorang perawat? Jika iya, harusnya kamu bangga. Karena fakta keistimewaan seorang perawat menjadi daya tarik bagi banyak orang. penasaran bukan, apa saja sih keistimewaan tersebut? berikut ulasannya.

6 Keistimewaan Seorang Perawat Yang Perlu Diketahui

1. Profesi Bermanfaat

Keistimewaan seorang perawat yang pertama adalah, memiliki profesi yang bermanfaat. tentu saja bermanfaat bagi pasien yang sedang sakit. Tanpa kehadiran perawatn, pasien tidak bisa berbuat apa-apa. Tanpa perawat pula, sulit rasanya pasien bisa mengontrol atau mengurus dirinya sendiri. Terutama bagi pasien yang sakit parah dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Belum lagi pasien yang tidak memiliki wali. Padahal tengah mengalami sakit parah. Ingin makan, tetapi tidak bisa mengurus dirinya sendiri. Maka, berkat kerja perawat, mereka pun bisa makan. Segala sesuatunya seperti infus dan semacamnya pun juga sudah di urus. Itu sebabnya, profesi perawat sebenarnya sangat luar biasa.

2. Memiliki Kecerdasan Komunikasi yang baik

Tahukah kamu jika fakta yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain. Ternyata perawat memiliki kecerdasan komunikasi yang baik. Kenapa demikian? Secara akademis, seorang perawat wajib mejalani pendidikan 3 – 4 tahun. Ditambah 1 tahun untuk mendpatkan profesi Ns (perawat). Lamannya pendidikan tentu saja mereka mendapatkan bekal menjadi perawat yang baik dan bagaimana kode etik perawat kepada pasien.

Sehingga dari segi kecerdasan komunikasi perawat ke pasien sudah tidak diragukan lagi. Mereka memiliki trik dan cara yang tepat bagaimana berhadapan dengan pasien yang sedang sakit. Karena seorang perawat dituntut untuk bisa memahami kondisi pasien secara keseluruhan dengan ilmu yang sudah didapatkan.

Ilmu ini pulalah yang akan membukakan kepekaan perawat selama berikap kepada pasien. Setidaknya perawat menjadi lebih peka dan mampu membaca apa yang dirasakan dan yang diinginkan pasien. Meskipun tidak semua perawat bisa. Setidaknya mereka tahu sikap dan tindakan yang harus diberikan kepada pasien sakit.

3. Memiliki Daya Fisik Tinggi

Keistimewaan seorang perawat ternyata memiliki daya tahan fisik yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jam kerja seorang perawat yang sibuk. Padahal keseibukan yang berlebihan jika tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik, mereka mudah sekali jatuh sakit. Realitas di lapangan? Mereka tidak demikian.

Mereka bekerja berjam-jam mengontrol puluhan bahkan ratusan pasien dalam waktu lama, mereka memiliki daya tahan tubuh yang baik. Belum lagi mobilitas perawat kepada pasien yang cukup tinggi juga. Bisa dibilang, soerang perawat hanya memiliki jam istirahat ataupun sekedar makan saja nomor dua, nomor satu menologn pasien terlebih dahulu. Bukankah ini profesi yang luar biasa? Tidak semua orang mampu melakukannya.

Baca juga : 10 Rekomendasi Buku Keperawatan Untuk Mahasiswa

4. Memiliki Kesabaran Tinggi

Pernah melihat perawat marah-marah? Pasti tidak pernah bukan. Sekalipun ada, jumlahnya hanya sedikit sekali. hal ini menunjukan bahwa seorang perawat itu memiliki kesabaran yang tinggi. Sekedar kamu tahu bahwa kerja seorang perawat itu berhadapan berbagai karakter dan temperamental pasien yang berbeda-beda.

Ada pasien yang mudah marah, suka ngomelin perawatnya, padahal perawatnya tidak melakukan kesalahan. Atau perawat yang kena imbas dari pasien atas ketidakterimaan pasien dengan fakta dirinya mendapatkan ujian sakit. Secara tidak langsung, perawat salah satu tameng pertama yang akan kena omel dan semprot pasien.

Tetapi sikap yang ditunjukan perawat tetap tersenyum dan sabar. Tetap menjalankan tugas mereka ditengah semprotan dan omelan dari banyak pasien. Itu sebabnya, profesi perawat memang keren dan istimewa.

5. Panggilan Hati

Profesi yang muliah seperti halnya guru adalah menjadi seorang perawat. Perawat yang mampu menghadapi seleksi alam adalah mereka yang memiliki passion dibidangnya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya mahasiswa yang mengambil profesi perawat, tetapi yang berhasil dan mampu berhatahan menjadi perawat sampai detik ini tidak sebesar antusiasme mereka di awal.

Hanya sebagian kecil dari mahasiswa perawat saja yang konsisten dan menekuni passionnya. Itu menunjukan bahwa menjadi seorang perawat itu tidak sekedar menjadi profesi. Tetapi Karena panggilan hati. Seleksi alamlah yang kan mengeliminasi perawat yang setengah hati dan yang sepenuh hati. Nah, kamu termasuk yang mana nih?

Baca juga : Tips Menjadi Perawat Yang Baik dan Profesional

6. Selalu Belajar

Keistimewaan seorang perawat adalah memiliki kesempatan belajar banyak. Meskipun bukan seorang dokter, setidaknya perawat jadi tahu ilmu dokter dari lewat komunikasi dengan para dokter. Keberadaan perawat pun juga membawa perubahan bagi pasien ataupun keluarga pasien. Mereka yang tidak memiliki harapan sembuh, bisa memiliki harapan untuk sembuh berkat motivasi dan optimism dari perawat.

Perawat pun juga belajar banyal hal dari para pasien. Dari segi relasi, tentu saja perawat bisa bertemu dan menjalin relasi dengan banyak teman di rumah sakit. Tidak jarang pula dari segi jodoh, banyak perawat yang berjodoh dengan para dokter loh. Padahal profesi dokter dan mendapatkan pasangan hidup seorang dokter adalah impian bagi sebagian anak muda loh. Dan Kamu sudah mendapatkan peluang lebih besar dibandingkan mereka.

Itulah keistimewaan seorang perawat. Barangkali dari keistimewaan tersebut, kamu langsung ingin menjadi seorang perawat.

Produk Terkait dengan Perawat

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dapatkan informasi terbaru dari kami seputar promo spesial dan event yang akan datang

© 2020 Toko Buku Deepublish – Gudang Buku Kuliah